Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Waqi’ah Ayat 57

نَحْنُ خَلَقْنَاكُمْ فَلَوْلَا تُصَدِّقُونَ

Arab-Latin: Naḥnu khalaqnākum falau lā tuṣaddiqụn

Terjemah Arti: Kami telah menciptakan kamu, maka mengapa kamu tidak membenarkan?

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

57. Kami menciptakan kalian (wahai manusia) dan sebelumnya kalian bukan sesuatu; maka mengapa kalian tidak membenarkan kebangkitan kembali?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

57. Kami Yang telah berkuasa menciptakan kalian wahai manusia, lalu kenapa kalian tidak mempercayai dan mengimani hari kebangkitan dan hari dimana kalian akan dikembalikan seperti sedia kala?

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Ketahuilah wahai manusia bahwa Allahlah yang menciptakan kalian dan tidak yang lainnya, lalu mengapa kalian tidak membenarkan hari kebangkitan ?Apakah ada selain Allah yang menciptakan kalian yang tanpa permisalan, kemudian lemah dalam mengembalikan (membangkitkan) kalian ?

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan dalil ‘aqli (akal) yang menunjukkan adanya kebangkitan.

Padahal yang mampu menciptakan pasti mampu mengulangi penciptaan kembali.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah menjelaskan azab bagi orang yang mengingkari hari kebangkitan, pada ayat-ayat ini Allah menguraikan tanda-tanda kekuasaan-Nya yang terkait kiamat tersebut. Wahai manusia, kami yang mahakuasa telah menciptakan kamu, maka saat kamu mengetahui hal itu, mengapa kamu tidak membenarkan adanya penciptaan dan kebangkitan'58-59. Maka adakah kamu perhatikan, wahai manusia yang ingkar, tentang benih manusia yang kamu pancarkan' kamukah yang menciptakannya untuk kemudian menjadi manusia utuh, atau kami yang menciptakannya'.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Waqi’ah Ayat 58 Arab-Latin, Surat Al-Waqi’ah Ayat 59 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Waqi’ah Ayat 60, Terjemahan Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 61, Isi Kandungan Surat Al-Waqi’ah Ayat 62, Makna Surat Al-Waqi’ah Ayat 63

Category: Surat Al-Waqi'ah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!