Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Waqi’ah Ayat 56

هَٰذَا نُزُلُهُمْ يَوْمَ الدِّينِ

Arab-Latin: Hāżā nuzuluhum yaumad-dīn

Terjemah Arti: Itulah hidangan untuk mereka pada hari Pembalasan".

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

56. Apa yang mereka terima, yaitu azab ini, adalah apa yang disiapkan bagi mereka berupa makanan. Ini adalah celaan dan hinaan bagi mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

56. Makanan dan minuman itu semua adalah adalah balasan bagi mereka pada hari pembalasan. Adapun nuzul adalah hidangan untuk memuliakan tamu

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

51-56. Katakanlah wahai Nabi Allah kepada mereka orang-orang musyrik : Sesungguhnya kalian wahai orang-orang yang tersesat dari jalan tauhid dan hidyah, serta mengingkari hari kebangkitan, kalian akan diberikan makanan dari pohon zaqum, dan ia adalah pohon yang dilaknat, yang tidak enak dilihat dan dimakan. Kalian akan memakannya sampai memenuhi perut-perut kalian. Kemudian kalian akan minum air yang mendidih dengan sebab haus yang sangat yang kalian rasakan, akan tetapi minuman itu tidak menghilangkan dahaga; Kalian minum akan tetapi tidak menghilangkan haus, sebagaimana unta yang sangat haus yang tidak menumukan minuman air. Kemudian ketahuilah bahwa makanan dan minuman ini adalah sajian bagi kalian yang disiapkan di hari kiamat.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

54-56. Wahai orang yang sesat, sesudah memenuhi perut dengan buah zaqqum yang sangat tidak enak itu, kamu akan meminum air yang sangat panas dan membakar lidah. Meski demikian, karena dahaga yang sangat mencekik maka kamu minum air panas itu seperti unta yang sangat haus minum. Itulah beragam hidangan menyakitkan yang kami sediakan untuk mereka yang selalu ingkar dan berbuat maksiat, pada hari pembalasan'. 57. Setelah menjelaskan azab bagi orang yang mengingkari hari kebangkitan, pada ayat-ayat ini Allah menguraikan tanda-tanda kekuasaan-Nya yang terkait kiamat tersebut. Wahai manusia, kami yang mahakuasa telah menciptakan kamu, maka saat kamu mengetahui hal itu, mengapa kamu tidak membenarkan adanya penciptaan dan kebangkitan'.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Waqi’ah Ayat 57 Arab-Latin, Surat Al-Waqi’ah Ayat 58 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Waqi’ah Ayat 59, Terjemahan Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 60, Isi Kandungan Surat Al-Waqi’ah Ayat 61, Makna Surat Al-Waqi’ah Ayat 62

Category: Surat Al-Waqi'ah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al Waqiah 56 Suar Al Waqiah Ayat 56 Al Waqiah Ayat 56 Waqiah 56