Quran Surat Al-Waqi’ah Ayat 39

Dapatkan Amal Jariyah

ثُلَّةٌ مِّنَ ٱلْأَوَّلِينَ

Arab-Latin: ṡullatum minal-awwalīn

Terjemah Arti: (yaitu) segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

39-40. Mereka adalah jamaah besar dari orang-orang generasi awal dan jamaah dalam jumlah besar dari generasi yang datang kemudian.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

39. Mereka adalah sekelompok orang dari umat-umat para Nabi yang terdahulu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

39-40. وَثُلَّةٌ مِّنَ الْاٰخِرِينَ ثُلَّةٌ مِّنَ الْأَوَّلِينَ ((yaitu) segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian)
Yakni banyak dari umat-umat terdahulu, yaitu mulai dari nabi Adam sampai Nabi Muhammad, dan banyak dari umat terakhir yaitu umat Nabi Muhammad.
Pendapat lain mengatakan, yang dimaksud dengan golongan orang-orang terdahulu adalah orang-orang terdahulu dari umat Nabi Muhammad, sedangkan golongan selanjutnya adalah generasi akhir umat ini yang mengikuti mereka dalam iman.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

39-40. Kelompok besar dari umat-umat terdahulu sebelum nabi kita dan kelompk besar dari umat nabi Muhammad SAW

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

39-40. Golongan ini adalah golongan yang terpilih dari golongan kanan, yang terbanyak dari mereka adalah orang-orang terdahulu (dari umat-umat sebelum umat Muhammad ﷺ), dan banyak juga dari umat Muhammad ﷺ.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

39-40. “(Yaitu) segolongan besar dari orang-orang terdahulu, dan segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian,” maksudnya golongan kanan itu adalah sejumlah besar dari orang-orang terdahulu dan sejumlah besar dari orang-orang yang kemudian.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

39-40. Karunia dan kenikmatan itu diperuntukkan bagi kelompok kanan, yaitu segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu beriman dan menaati ajaran Allah, dan disiapkan pula bagi segolongan besar pula dari orang-orang yang kemudian dalam memeluk islam. 39-40

Lainnya: Al-Waqi’ah Ayat 40 Arab-Latin, Al-Waqi’ah Ayat 41 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Waqi’ah Ayat 42, Terjemahan Tafsir Al-Waqi’ah Ayat 43, Isi Kandungan Al-Waqi’ah Ayat 44, Makna Al-Waqi’ah Ayat 45

Terkait: « | »

Kategori: 056. Al-Waqi'ah

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi