Surat Al-Qamar Ayat 42

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

كَذَّبُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا كُلِّهَا فَأَخَذْنَٰهُمْ أَخْذَ عَزِيزٍ مُّقْتَدِرٍ

Arab-Latin: Każżabụ bi`āyātinā kullihā fa`akhażnāhum akhża 'azīzim muqtadir

Artinya: Mereka mendustakan mukjizat Kami semuanya, lalu Kami azab mereka sebagai azab dari Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa

« Al-Qamar 41Al-Qamar 43 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat Al-Qamar Ayat 42

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 42 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka kandungan penting dari ayat ini. Didapati beraneka penafsiran dari beragam ulama berkaitan makna surat Al-Qamar ayat 42, antara lain sebagaimana tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mereka mendustakan semua bukti-bukti Kami yang menunjukkan atas keesaan Kami dan kenabian nabi-nabi Kami, maka Kami mengazab mereka dengan azab sebagai hukuman dari yang Mahaperkasa yang tidak terkalahkan, lagi Mahakuasa atas apa yang Dia kehendaki.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

42. Mereka mendustakan bukti-bukti dan hujah-hujah yang datang kepada mereka dari sisi Kami, maka Kami siksa mereka kerena pendustaan mereka terhadap bukti-bukti itu sebagai balasan dari Yang Maha Perkasa yang tidak ada seorang pun yang mampu mengalahkan-Nya, Mahakuasa tidak ada sesuatu pun yang melemahkan-Nya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

42. كَذَّبُوا۟ بِـَٔايٰتِنَا كُلِّهَا (Mereka mendustakan mukjizat Kami semuanya)
Yang dimaksud adalah sembilan mukjizat yang telah disebutkan sebelumnya.

فَأَخَذْنٰهُمْ أَخْذَ عَزِيزٍ مُّقْتَدِرٍ(lalu Kami azab mereka sebagai azab dari Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa)
Yakni Kami mengazab mereka dengan azab yang penuh pembalasan dan kemampuan untuk membinasakan mereka, tidak ada yang dapat lolos darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

42. Namun mereka mendustakan mukjizat dan ayat-ayat Sembilan yang disampaikan semua oleh Musa. Lalu Kami timpakan kepada mereka azab dari Dzat yang Maha Kuat lagi Maha Kuasa atas segala sesuatu


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka mendustakan semua ayat-ayat Kami. Maka Kami mengazab mereka dengan azab Dzat Yang Maha perkasa} yang Maha Perkasa dalam membalas {lagi Maha kuasa} Maha Kuasa tidak ada apa pun yang bisa melemahkanNya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

41-42. “Dan sungguh telah datang kepada kaum Fir”un ,” yakni Fir’aun dan kaumnya, “ancamna-ancaman.” Allah mengutus Nabi Musa, kalimullah, kepada mereka dan dikuatkan dengan berbagai tanda-tanda kebesaran, penjelasan-penjelasan, dan berbagai mukjizat nyata. Nabi Musa menunjukkan berbagai pelajaran yang belum pernah ditunjukkan pada yang lain, namun mereka mendustakan seluruh tanda-tanda kebesaran Allah sehingga mereka disiksa dengan siksaan Dzat Yang Mahaperkasa lagi Mahakuasa, Allah menenggelamkan Fir’aun dan kaumnya di lautan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 41-46
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang Fir'aun dan kaumnya, bahwa sesungguhnya telah datang kepada mereka utusan Allah, yaitu nabi Musa dan saudara laki-lakinya, yaitu nabi Harun dengan membawa kabar gembira jika mereka beriman, dan peringatan jika mereka kafir. Allah menguatkan keduanya dengan mukjizat-mukjizat yang agung dan berbagai macam bukti yang membenarkan kerasulan keduanya. Tetapi mereka semua mendustakannya, maka Allah menghukum mereka dengan hukuman dari Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa, yaitu Allah SWT membinasakan mereka sehingga tidak ada seorangpun dari mereka yang tersisa dan tidak pula jejak-jejak mereka. Kemudian Allah SWT berfirman: (Apakah orang-orang kafirmu) wahai orang-orang musyrik dari kalangan orang-orang kafir Quraisy (lebih baik daripada mereka itu) yaitu daripada orang-orang yang telah disebutkan di antara orang-orang yang telah dibinasakan karena mereka mendustakan para rasul dan kafir kepada kitab-kitab Allah. Apakah kalian lebih baik daripada mereka? (atau apakah kamu telah mempunyai jaminan kebebasan (dari azab) dalam kitab-kitab yang dahulu?) yaitu, apakah kalian mempunyai kebebasan dari Allah bahwa kalian tidak akan mendapatkan azab dan pembalasan?
Kemudian Allah SWT memberitahukan tentang mereka (Atau apakah mereka mengatakan, "Kami adalah satu golongan yang bersatu yang pasti menang” (44) yaitu, mereka meyakini bahwa sebagian dari mereka dapat saling menolong satu sama lain, dan bahwa persatuan mereka dapat melindungi mereka dari orang yang hendak berbuat jahat terhadap mereka. Maka Allah SWT berfirman: (Golongan itu pasti akan dikalahkan dan mereka akan mundur ke belakang (45)) yaitu persatuan mereka akan tercerai-berai dan mereka dikalahkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 42: 42. كَذَّبُوا۟ بِـَٔايٰتِنَا كُلِّهَا (Mereka mendustakan mukjizat Kami semuanya)
Yang dimaksud adalah sembilan mukjizat yang telah disebutkan sebelumnya.

فَأَخَذْنٰهُمْ أَخْذَ عَزِيزٍ مُّقْتَدِرٍ(lalu Kami azab mereka sebagai azab dari Yang Maha Perkasa lagi Maha Kuasa)
Yakni Kami mengazab mereka dengan azab yang penuh pembalasan dan kemampuan untuk membinasakan mereka, tidak ada yang dapat lolos darinya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Maksudnya 9 buah mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Musa ‘alaihis salam.

Maksud dari disebutkannya kisah-kisah ini adalah untuk memperingatkan manusia dan orang-orang yang mendustakan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Oleh karena itulah, Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman, “Apakah orang-orang kafir di lingkunganmu (kaum musyrikin) lebih baik dari mereka.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 42

41-42. Dari kisah kaum nabi lut Allah beralih menyebut kisah fira'un dan kaumnya. Dan sungguh, peringatan kami telah datang kepada keluarga fira'un dan kaumnya agar mereka beriman kepada Allah yang esa. Namun, mereka mendustakan mukjizat-Mukjizat kami semuanya yang ditunjukkan oleh nabi musa, maka kami azab mereka dengan azab dari Allah yang mahaperkasa, lagi mahakuasa. 43. Allah kemudian mengalihkan arah komunikasi kepada kaum musyrik mekah. Wahai kaum musyrik, apakah orang-orang kafir di lingkunganmu yang lebih baik daripada mereka yang telah dikisahkan itu, ataukah kamu telah mempunyai jaminan kebebasan dari azab seperti yang tercantum dalam kitab-kitab terdahulu, sehingga kamu bersikeras untuk ingkar'


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penafsiran dari kalangan mufassir mengenai makna dan arti surat Al-Qamar ayat 42 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita bersama. Support usaha kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Banyak Dikunjungi

Baca ratusan materi yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 255, At-Talaq 3, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Luqman 12, An-Nahl 97, Ali ‘Imran 173. Termasuk At-Taubah 103, An-Nahl, Az-Zalzalah 7-8, Al-Baqarah 156, Al-Kautsar 2, Yusuf 87.

  1. Al-Baqarah 255
  2. At-Talaq 3
  3. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  4. Luqman 12
  5. An-Nahl 97
  6. Ali ‘Imran 173
  7. At-Taubah 103
  8. An-Nahl
  9. Az-Zalzalah 7-8
  10. Al-Baqarah 156
  11. Al-Kautsar 2
  12. Yusuf 87

Pencarian: al qari'ah artinya adalah, isi surat an nisa ayat 59, isi kandungan surah al hajj ayat 5, arti surat alkahfi, surat al baqoroh ayat 183

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: