Quran Surat Al-Qamar Ayat 34

إِنَّآ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ حَاصِبًا إِلَّآ ءَالَ لُوطٍ ۖ نَّجَّيْنَٰهُم بِسَحَرٍ

Arab-Latin: Innā arsalnā 'alaihim ḥāṣiban illā āla lụṭ, najjaināhum bisaḥar

Terjemah Arti: Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu (yang menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Mereka Kami selamatkan sebelum fajar menyingsing,

Tafsir Quran Surat Al-Qamar Ayat 34

34-35. Sesungguhnya Kami mengirimkan kepada mereka angin yang kencang yang melempari mereka dengan batu kecuali keluarga Luth, Kami menyelamatkan mereka dari azab di akhir malam, sebagai nikmat Kami kepada mereka, sebagaimana Kami membalas Luth dan keluarganya dan memberi mereka nikmat, Kami juga menyelamatkan mereka dari azab Kami, Kami juga membalas siapa yang beriman kepada Kami dan bersyukur kepada Kami.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

34. Sesungguhnya Kami mengirimkan angin yang melemparkan batu-batu kepada mereka, kecuali kepada keluarga Nabi Lūṭ, mereka tidak terkena siksa dan Kami telah menyelamatkan mereka dari siksa itu, saat mereka pergi pada malam hari sebelum terjadinya siksa itu di ujung malam.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

34. إِنَّآ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ حَاصِبًا(Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu)
Yakni angin yang melempari mereka dengan bebatuan kecil.

إِلَّآ ءَالَ لُوطٍ ۖ نَّجَّيْنٰهُم بِسَحَرٍ(kecuali keluarga Luth. Mereka Kami selamatkan sebelum fajar menyingsing)
Yakni kecuali Nabi Luth dan pengikutnya.
Dan makna (السحر) yakni pada akhir malam.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

34. Kami mengirimkan untuk mereka angina kencang yang melmpari mereka bebatuan (Pada awalnya Al-Hasib adalah angina yang melampari orang di sekitarnya dengan kerikil, yaitu bebatuan kecil), Akan tetapi Kami menolong keluarga Luth kecuali istrinya di malam hari sebelum waktu fajar, yaitu sepereman terakhir dari waktu malam

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

34-35. Allah mengabarkan bahwa Dia mengutus angin yang dahsyat (yang membawa batu kerikil) kemudian melempari mereka dengan batu kerikil tersebut maka binasalah mereka; Kecuali keluarga Luth yakni Luth dan anak-anaknya. Mereka diselamatkan oleh Allah dengan dikeluarkan dari negeri tersebut menuju negei yang lain pada malam hari sebelum turunnya adzab yang berlangsung saat waktu subuh. Allah mengabarkan bahwa Dia menyelamatkan keluarga Luth dan siapa yang beriman kepadanya dengan diberikan nikmat dan kemuliaan bagi mereka. Dan yang semisal dengan ini, Allah berikan keselamatan bagi yang bersyukur atas nikmat Allah yang diberikan kepadanya, dan yang dia mentauhidkan dan beriman serta taat kepada Allah.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

33-40. “Kaum Luth pun telah mendustakan,” Luth ketika menyeru mereka untuk menyembah Allah semata, yang tidak ada sekutu bagiNya, ketika Luth melarang mereka melakukan kesyirikan dan kekejian yang belum pernah dilakukan seorang pun dari seluruh alam, mereka mendustakan Nabi Luth dan tetap berada dalam kesyirikan dan perbuatan keji hingga para malaikat yang datang menemui Luth dalam wujud tamu pun ketika berita itu terdengar oleh kaumnya, mereka segera mendatangi dan ingin melakukan kekejian terhadap mereka, semoga Allah melaknat dan memperburuk mereka, dan Nabi Luth pun menyembunyikan tamu-tamunya dari kaumnya. Kemudian Allah memerintahkan Jibril, kemudian Jibril mencolok mata mereka dengan sayapnya dan Luth juga mengancam mereka akan hantaman dan siksaan Allah.
“Maka mereka membantah ancaman-ancaman.” “Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang membawa batu-batu (yang menimpa mereka),” Allah membalik tanah mereka, yang atas dijadikan bawah dan mereka dihujani batu yang berasal dari neraka yang menyala-nyala yang diberi tanda dari sisi Rabbmu bagi orang-orang yang melampaui batas. Allah menyelamatkan Nabi Luth dan keluarganya dari siksaan besar sebagai balasan bagi mereka dan rasa syukur mereka terhadap Rabb mereka serta ibadah mereka kepada Allah semata, yang tidak ada sekutu bagiNya.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

34-35. Akibat keingkaran mereka, sesungguhnya kami kirimkan kepada mereka badai yang berembus amat kencang dan membawa batu-batu untuk kami timpakan kepada mereka, kecuali keluarga lut. Kami selamatkan mereka dari bencana itu sebelum fajar menyingsing. Kami lakukan itu semua sebagai nikmat dari kami. Demikianlah kami selalu memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. 34-35

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Lainnya: Al-Qamar Ayat 35 Arab-Latin, Al-Qamar Ayat 36 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Qamar Ayat 37, Terjemahan Tafsir Al-Qamar Ayat 38, Isi Kandungan Al-Qamar Ayat 39, Makna Al-Qamar Ayat 40

Terkait: « | »

Kategori: 054. Al-Qamar

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi