Surat As-Saffat Ayat 74

إِلَّا عِبَادَ ٱللَّهِ ٱلْمُخْلَصِينَ

Arab-Latin: Illā 'ibādallāhil-mukhlaṣīn

Artinya: Tetapi hamba-hamba Allah yang bersihkan (dari dosa tidak akan diazab).

« As-Saffat 73As-Saffat 75 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Berkaitan Surat As-Saffat Ayat 74

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 74 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan hikmah penting dari ayat ini. Ditemukan kumpulan penjabaran dari kalangan ulama tafsir mengenai kandungan surat As-Saffat ayat 74, di antaranya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kecuali hamba-hamba Allah yang Allah selamatkan dan Allah khususkan dengan rahmatNya karena keikhlasan mereka kepadanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

74. Kecuali orang-orang yang Allah pilih untuk beriman kepada-Nya, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selamat dari azab yang merupakan akhir dari hidup orang-orang kafir yang mendustakan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

74. إِلَّا عِبَادَ اللهِ الْمُخْلَصِينَ (Tetapi hamba-hamba Allah yang bersihkan (dari dosa tidak akan diazab))
Yakni kecuali orang yang dipilih Allah dengan taufik-Nya untuk beriman dan mengesakan-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

74. Kecuali orang-orang yang ikhlas dalam beribadah dan menaati Allah.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{kecuali hamba-hamba Allah yang terpilih


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

74. Oleh karena tidak semua orang yang diberi peringatan itu sesat, bahkan di antara mereka ada yang beriman dan mengikhlaskan ketaatan kepada Allah, maka mereka dikecualikan oleh Allah dari kebinasaan, seraya berfirman, “Kecuali hamba-hamba Allah yang diberi keikhlasan,” maksudnya, orang-orang yang disucikan oleh Allah dan diistimewakan dengan rahmatNya karena ketulusan mereka. Maka kesudahan mereka adalah menjadi terpuji.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 71-74
Allah SWT memberitahukan tentang umat-umat terdahulu, bahwa kebanyakan dari mereka tersesat karena menjadikan tuhan-tuhan lain bersama Allah. Dan Allah SWT menyebutkan bahwa Dia telah mengutus kepada mereka para pemberi peringatan, yang memperingatkan mereka tentang azab dan pembalasan Allah terhadap orang yang ingkar kepadaNya dan menyembah kepada selainNya, dan bahwa mereka terus menentang dan mendustakan para rasul mereka. Maka Allah membinasakan dan menghancurkan orang-orang yang mendustakan para rasul itu, dan menyelamatkan, menolong, dan memenangkan orang-orang mukminOleh karena itu Allah SWT berfirman: (Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu (73) tetapi hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa-dosa tidak akan diazab) (­74)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 74: Allah mengecualikan adzab bagi hamba-hamba Allah yang ikhlas yang mereka Allah berikan kemudahan dalam beramal shalih dan kemudian ikhlas atas amalan tersebut; Mereka berhasil dari kecelakaan dan dari api nereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Oleh karena semua yang diberi peringatan itu tidak seluruhnya sesat, bahkan di antara mereka ada yang beriman dan berbuat ikhlas, maka Allah kecualikan mereka dari azab.

Mereka ini adalah orang-orang mukmin, Allah bersihkan mereka dan mengistimewakan dengan rahmat-Nya karena keikhlasan mereka sehingga akhir kesudahan mereka adalah kebahagiaan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 74

Mereka dibinasakan oleh Allah, kecuali hamba-hamba Allah yang di-sucikan dari dosa. Mereka diselamatkan dari siksa dengan rahmat Allah karena mengikuti ajakan para rasul dan meminta ampunan atas kesa-lahan mereka. 75. Bukti penghancuran para pendurhaka dan penyelamatan hamba-hamba Allah yang saleh tampak pada kisah nabi nuh dan kaumnya. Dan sungguh, nuh telah berdoa kepada kami perihal kaumnya yang membangkang, maka sungguh kamilah sebaik-baik yang memperkenankan doa.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penafsiran dari beragam ulama terkait kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 74 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita bersama. Dukung syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Banyak Dikaji

Tersedia ratusan konten yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: At-Takwir, At-Taubah 105, Al-Alaq 1-5, At-Tahrim 8, Al-Baqarah 148, Al-Hujurat 10-12. Ada juga At-Taubah 122, Al-Insyirah 8, Al-Isra 26-27, Al-Mu’minun, Al-Insyiqaq, Ath-Thalaq 2-3.

  1. At-Takwir
  2. At-Taubah 105
  3. Al-Alaq 1-5
  4. At-Tahrim 8
  5. Al-Baqarah 148
  6. Al-Hujurat 10-12
  7. At-Taubah 122
  8. Al-Insyirah 8
  9. Al-Isra 26-27
  10. Al-Mu’minun
  11. Al-Insyiqaq
  12. Ath-Thalaq 2-3

Pencarian: quran surat al-hujarat ayat 12, ayat rahman, surat al kahfi ayat 31, arti ayat ali imran 159, arti quran surat al maidah ayat 32

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.