Surat As-Saffat Ayat 74

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِلَّا عِبَادَ ٱللَّهِ ٱلْمُخْلَصِينَ

Arab-Latin: Illā 'ibādallāhil-mukhlaṣīn

Artinya: Tetapi hamba-hamba Allah yang bersihkan (dari dosa tidak akan diazab).

« As-Saffat 73As-Saffat 75 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Berkaitan Dengan Surat As-Saffat Ayat 74

Paragraf di atas merupakan Surat As-Saffat Ayat 74 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai tafsir penting dari ayat ini. Terdokumentasikan pelbagai penjabaran dari kalangan ulama tafsir terhadap kandungan surat As-Saffat ayat 74, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kecuali hamba-hamba Allah yang Allah selamatkan dan Allah khususkan dengan rahmatNya karena keikhlasan mereka kepadanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

74. Kecuali orang-orang yang Allah pilih untuk beriman kepada-Nya, sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selamat dari azab yang merupakan akhir dari hidup orang-orang kafir yang mendustakan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

74. إِلَّا عِبَادَ اللهِ الْمُخْلَصِينَ (Tetapi hamba-hamba Allah yang bersihkan (dari dosa tidak akan diazab))
Yakni kecuali orang yang dipilih Allah dengan taufik-Nya untuk beriman dan mengesakan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

74. Kecuali orang-orang yang ikhlas dalam beribadah dan menaati Allah.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{kecuali hamba-hamba Allah yang terpilih


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

74. Oleh karena tidak semua orang yang diberi peringatan itu sesat, bahkan di antara mereka ada yang beriman dan mengikhlaskan ketaatan kepada Allah, maka mereka dikecualikan oleh Allah dari kebinasaan, seraya berfirman, “Kecuali hamba-hamba Allah yang diberi keikhlasan,” maksudnya, orang-orang yang disucikan oleh Allah dan diistimewakan dengan rahmatNya karena ketulusan mereka. Maka kesudahan mereka adalah menjadi terpuji.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 71-74
Allah SWT memberitahukan tentang umat-umat terdahulu, bahwa kebanyakan dari mereka tersesat karena menjadikan tuhan-tuhan lain bersama Allah. Dan Allah SWT menyebutkan bahwa Dia telah mengutus kepada mereka para pemberi peringatan, yang memperingatkan mereka tentang azab dan pembalasan Allah terhadap orang yang ingkar kepadaNya dan menyembah kepada selainNya, dan bahwa mereka terus menentang dan mendustakan para rasul mereka. Maka Allah membinasakan dan menghancurkan orang-orang yang mendustakan para rasul itu, dan menyelamatkan, menolong, dan memenangkan orang-orang mukminOleh karena itu Allah SWT berfirman: (Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang diberi peringatan itu (73) tetapi hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa-dosa tidak akan diazab) (­74)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 74: Allah mengecualikan adzab bagi hamba-hamba Allah yang ikhlas yang mereka Allah berikan kemudahan dalam beramal shalih dan kemudian ikhlas atas amalan tersebut; Mereka berhasil dari kecelakaan dan dari api nereka.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Oleh karena semua yang diberi peringatan itu tidak seluruhnya sesat, bahkan di antara mereka ada yang beriman dan berbuat ikhlas, maka Allah kecualikan mereka dari azab.

Mereka ini adalah orang-orang mukmin, Allah bersihkan mereka dan mengistimewakan dengan rahmat-Nya karena keikhlasan mereka sehingga akhir kesudahan mereka adalah kebahagiaan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 74

Mereka dibinasakan oleh Allah, kecuali hamba-hamba Allah yang di-sucikan dari dosa. Mereka diselamatkan dari siksa dengan rahmat Allah karena mengikuti ajakan para rasul dan meminta ampunan atas kesa-lahan mereka. 75. Bukti penghancuran para pendurhaka dan penyelamatan hamba-hamba Allah yang saleh tampak pada kisah nabi nuh dan kaumnya. Dan sungguh, nuh telah berdoa kepada kami perihal kaumnya yang membangkang, maka sungguh kamilah sebaik-baik yang memperkenankan doa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah berbagai penjabaran dari banyak ulama tafsir berkaitan kandungan dan arti surat As-Saffat ayat 74 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita semua. Dukung kemajuan kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Cukup Sering Dikunjungi

Terdapat banyak topik yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: At-Taubah 122, Al-Insyirah 8, At-Taubah 105, At-Takwir, Ath-Thalaq 2-3, Al-Mu’minun. Ada juga Al-Hujurat 10-12, Al-Insyiqaq, Al-Isra 26-27, Al-Baqarah 148, Al-Alaq 1-5, At-Tahrim 8.

  1. At-Taubah 122
  2. Al-Insyirah 8
  3. At-Taubah 105
  4. At-Takwir
  5. Ath-Thalaq 2-3
  6. Al-Mu’minun
  7. Al-Hujurat 10-12
  8. Al-Insyiqaq
  9. Al-Isra 26-27
  10. Al-Baqarah 148
  11. Al-Alaq 1-5
  12. At-Tahrim 8

Pencarian: quran surat al-hujarat ayat 12, ayat rahman, surat al kahfi ayat 31, arti ayat ali imran 159, arti quran surat al maidah ayat 32

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: