Surat As-Saffat Ayat 1

وَٱلصَّٰٓفَّٰتِ صَفًّا

Arab-Latin: Waṣ-ṣāffāti ṣaffā

Terjemah Arti: Demi (rombongan) yang ber shaf-shaf dengan sebenar-benarnya],

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat As-Saffat Ayat 1

Terdokumentasi beragam penjelasan dari berbagai pakar tafsir mengenai isi surat As-Saffat ayat 1, di antaranya sebagaimana tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-4. Allah bersumpah dengan malaikat-maliakatNya yang beribadah dengan berbaris-baris sangat rapi, Allah bersumpah juga dengan malaikat-malaikat yang menggiring awan dengan perintah Allah, Allah bersumpah juga dengan malaikat-malaikat yang melantunkan dzkir kepada Allah dan firmanNya. Bahwa sesungguhnya sesembahan kalian (wahai manusia) adalah esa, tidak ada sekutu bagiNya, maka ikhlaskanlah ibadah dan ketaatan hanya kepadaNya. Allah swt bersumpah dengan makhlukNya yang Dia kehendaki. Adapun makhluk, dia hanya boleh bersumpah dengan nama Allah saja, karena sumpah dengan nama selain Allah adalah syirik.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

1. Allah bersumpah dengan para malaikat yang berbaris rapi dalam beribadah kepada-Nya.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

1-3. Allah bersumpah menggunakan para malaikat yang sedang berbaris dengan rapi dan penuh ketaatan dan kesiapan untuk menerima perintah dari Allah. Dalam hadits disebutkan: “Tidakkah kalian berbaris sebagaimana para malaikat berbaris di hadapan Tuhan mereka?”
Maka kamipun bertanya: “Wahai Rasullah, bagaimana para Malaikat berbaris di hadapan Tuhan mereka?”
Beliau bersabda: “Mereka menyempurnakan barisan-barisan pertama terlebih dahulu dan saling merapikan dan meluruskan barisan.”

(Shahih Muslim, bab perintah untuk tenang dalam shalat, no. 430).


Dan Allah juga bersumpah dengan para malaikat yang sedang menggiring awan dan sebagainya menuju tempat yang Allah tentukan dan kehendaki.

Dan Allah bersumpah yang ketiga kalinya menggunakan para malaikat yang senantiasa membaca ayat-ayat Allah bagi para rasul-Nya, dan yang senantiasa bertasbih, bertahmid, dan bertakbir kepada-Nya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

1. وَالصّٰٓفّٰتِ صَفًّا (Demi (rombongan) yang ber shaf-shaf dengan sebenar-benarnya)
Mereka adalah para malaikat yang berbaris di langit seperti barisan manusia yang mendirikan shalat di dunia.
Pendapat lain mengatakan bahwa para malaikat itu meluruskan sayap mereka di angkasa layaknya burung-burung, mereka berdiri di sana sampai Allah memerintahkan mereka dengan apa yang Dia kehendaki.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Keutamaan: An-Nasa’I mengatakan dari Abdullah bin Umar RA berkata bahwa Rasulullah SAW dulu memerintahkan kami untuk meringankan shalat dan memperkuat iman kami dengan membaca Ash-Shaffat

1-2. Aku bersumpah demi para malaikat yang berbaris-baris di langit untuk beribadah dan menunggu perintah Tuhannya. Lalu malaikat yang mengendalikan awan, yaitu mengendarainya


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-4 ini sumpah dari Allah dengan malaikat-malaikatNya yang mulia dalam kondisi ibadah mereka dan pengaturan yang mereka jalankan berdasarkan izin Rabbnya, dalam menegaskan uluhiyah dan rububiyahNya, seraya berfirman, “demi rombongan yang bershaf-shaf dengan sebenar-benarnya,” maksudnya, berbaris dalam mengabdi kepada Rabbnya. Mereka adalah para malaikat.
“dan demi rombongan yang melarang dengan sebenar-benarnya,” mereka adalah para malaikat yang menahan awan dan lain-lain berdasarkan perintah Allah.
“dan demi rombongan yang membacakan pelajaran,” mereka adalah para malaikat yang membacakan firman Allah oleh karena mereka selalu tunduk kepada Rabbnya dan beribadahlah di dalam pengabdian kepadaNya dan mereka tidak pernah mendurhakaiNya sekejap matapun, maka Allah bersumpah dengan mereka menegaskan uluhiyahNya, seraya berfirman “sesungguhnya sesembahanmu benar-benar Esa,” Dia tidak mempunyai sekutu di dalam status sebagai tuhan yang berhak disembah, maka dari itu ikhlaskanlah rasa cinta, takut dan harapan, serta segala bentuk ibadah kepadaNya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat As-Saffat ayat 1: 1-4. Allah bersumpah dala permulaan surat ini dengan bersumpah dengan para malaikat, Allah berkata : Aku bersumpah dengan para malaikat yang bershaf-shaf dalam beribadah dan ketika taat atas Tuhan mereka dalam barisan-barisan yang besar sebagaimana barisan-barisan orang yang shalat. Aku bersumpah dengan malaikat yang menggiring awan agar turun hujan sebagaiamana yang diperintahkan kepada mereka. Aku bersumpah dengan malaikat yang menjadikan dan membacakan Al Qur’an yang terus menerus dengan tanpa mereka-reka. Bahwasanya Tuhanmu wahai manusia, adalah Tuhan yang satu tidak ada sekutu bagi-Nya, maka ikhlaskanlah olehmu dalam peribadatan dan tinggalkanlah sesembahan-sesembahan ini yang berbentuk maupun tidak memiliki bentuk yang engkau sembah selain Allah. Allah bersumpah sekehendak-Nya atas makhluk-Nya, adapun untuk makhluk, maka tidak dibenarkan bersumpah dengan sesuatupun selain Allah, karena sumpah kepada selain Allah adalah kesyirikan, yaitu sebagian dari syirik yang kecil dimana tidak mengeluarkan dari islam, akan tetapi yang bersumpah dalam bahaya yang besar.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ayat ini merupakan sumpah dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala dengan para malaikat yang mulia yang beribadah dan mengurus beberapa urusan dengan izin Tuhannya, di mana isi sumpahnya adalah untuk menunjukkan keberhakan Allah Subhaanahu wa Ta'aala untuk diibadahi dan menunjukkan rububiyyah(kepengaturan)-Nya terhadap alam semesta.

Yang dimaksud dengan rombongan yang bershaf-shaf ialah para malaikat yang berbaris dalam beribadah, atau makhluk lain seperti burung-burung.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat As-Saffat Ayat 1

Bila pada akhir surah y's'n Allah menjelaskan keesaan dan kekuasaan-Nya pada hari kiamat, pada permulaan surah ini Allah menegaskan bukti kekuasaan-Nya di alam raya. Demi rombongan malaikat yang berbaris bersaf-saf dengan rapi dalam melaksanakan tugas dan perintah Allah;2. Demi rombongan malaikat yang mencegah dengan sungguh-sungguh pelaku tindakan menyimpang, dalam rangka menegakkan aturan dan keseimbangan alam;.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian variasi penafsiran dari kalangan mufassirin terhadap kandungan surat As-Saffat ayat 1, semoga berfaidah untuk kita. Dukung usaha kami dengan memberikan hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: As-Saffat Ayat 2 Arab-Latin, As-Saffat Ayat 3 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti As-Saffat Ayat 4, Terjemahan Tafsir As-Saffat Ayat 5, Isi Kandungan As-Saffat Ayat 6, Makna As-Saffat Ayat 7

Terkait: « | »

Kategori: 037. As-Saffat

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates