Surat Yasin Ayat 83

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَسُبْحَٰنَ ٱلَّذِى بِيَدِهِۦ مَلَكُوتُ كُلِّ شَىْءٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Arab-Latin: Fa sub-ḥānallażī biyadihī malakụtu kulli syai`iw wa ilaihi turja'ụn

Artinya: Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

« Yasin 82As-Saffat 1 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Mengenai Surat Yasin Ayat 83

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 83 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir menarik dari ayat ini. Tersedia beberapa penjelasan dari kalangan mufassirin mengenai kandungan surat Yasin ayat 83, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Karena itu, maha suci dan maha tinggi Allah dari kesyirikan dan kelemahan, karena Dia adalah maha raja yang meguasai segala sesuatu, yang bertindak terhadap segala urusan makhlukNya tanpa penentang dan penghalang. Bukti-bukti kuasaNya dan kesempurnaan nikmatnya telah terlihat, dan hanya kepadaNya kalian akan pulang untuk menghadapi prehitungan amal dan pembalasan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

83. Maha Suci Allah dari kelemahan dan kesyirikan, Dia Maha Memiliki segalanya, Maha Mengatur seluruh makhluk dan urusan mereka tanpa ada yang membantu dan menyaingi-Nya. Telah jelas tanda-tanda kekuasaan-Nya, kebesaran hikmah-Nya, dan kesempurnaan nikmat-Nya. Seluruh makhluk akan kembali kepada-Nya pada hari kiamat untuk mendapat balasan pahala atas azab.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

83. Mahasuci Allah lagi Mahatinggi dari apa yang kaum musyrikin sandarkan kepada-Nya berupa kelemahan. Dia lah Tuhan Pemilik segala sesuatu. Dia lah yang mengatur semuanya sesuai dengan kehendak-Nya, di tangan-Nya kunci-kunci segala sesuatu, hanya kepada-Nya kalian dikembalikan pada hari Akhirat, lalu Dia membalas amal-amal kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. فَسُبْحٰنَ الَّذِى بِيَدِهِۦ مَلَكُوتُ كُلِّ شَىْءٍ (Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu)
Segala sesuatu berada dalam kekuasaan-Nya dan Dia berkuasa untuk mengaturnya sesuai apa yang Dia inginkan, dan di tangan-Nya kunci segala sesuatu.

وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ(dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan)
Dan itu pada kehidupan akhirat setelah kalian dibangkitkan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

83. Maha suci Allah dari sesuatu yang tak layak bagiNya dan dari perumpamaan yang mereka buat-buat. Dialah Dzat yang memiliki kekuasan penuh dan agung atas setiap sesuatu. Dan hanya kepadaNyalah kalian akan dikembalikan di akhirat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Maka Maha suci Dzat yang kekuasaan atas segala sesuatu ada padaNya dan hanya kepadaNya kalian dikembalikan}


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

83 “maka Mahasuci Allah yang di tanganNYa kekuasaan atas segala sesuatu,” ini adalah dalil keenam. Sebab sesungguhnya Allah adalah Maharaja lagi Maha Pemilik segala sesuatu, yang semua apa yang tinggal di dalam atas dan alam bawah adalah milikNya, hamba yang ditundukkan lagi dikendalikan, Dia berbuat apa saja terhadap mereka berdasarkan ketetapan-ketetapanNya yang bersifat syar’I serta yang bersifat jaza’I (balasan). Maka penghidupan kembali orang-orang yang sudah mati untuk memberlakukan hukum balasanNya terhadap mereka merupakan bagian dari kesempurnaan kemaharajaanNYa. Maka dari itu Allah berfirman, ”dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan,” tidak bisa diragukan dan tidak bisa pula dielakkan lagi karena sudah sangat banyak argument-argumen yang pasti (telak) dan dalil-dalil yang tegas yang membuktikan semua itu. Maka Mahasuci Allah yang telah menjadi petunjuk, penawar, dan cahaya di dalam firmanNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 81-83
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan dan mengingatkan atas kekuasaanNya yang agung dalam menciptakan langit yang berlapis tujuh dengan semua bintang yang ada padanya, baik yang tetap maupun beredar, dan bumi yang berlapis tujuh dengan gunung, padang pasir, laut, hutan dan apa saja yang ada di antaranya. dan memberi petunjuk melalui hal tersebut yang menunjukkan atas kekuasaanNya, bahwa Dzat yang Menciptakan segala sesuatu yang agung itu mampu menghidupkan kembali jasad-jasad.
Sebagaimana firman Allah SWT: (Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia) (Surah Ghafir: 57) dan di sini Allah SWT berfirman: (Dan tidakkah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu?) yaitu serupa dengan manusia, maka Dia mengembalikan mereka menjadi sebagaimana Dia memulai penciptaan mereka. Pendapat ini dikatakan Ibnu Jarir. Ayat ini sebagaimana firman Allah SWT: (Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan Dia tidak merasa payah karena menciptakannya, kuasa menghidupkan orang-orang mati? Ya (bahkan) sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu (33)) (Surah Al-Ahqaf) dan di sini Allah SWT berfirman: (Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui (81) Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya, "Jadilah!" Maka terjadilah ia (82)) yaitu sesungguhnya Dia hanya memerintahkan kepada sesuatu dengan sekali perintah, tidak perlu diulangi atau ditegaskan
Firman Allah SWT: (Maka Maha Suci (Allah) yang ditangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan (83)) yaitu menyucikan, dan membersihkan dari keburukan Dzat yang Maha Hidup, Dzat yang Maha terus menerus mengatur makhlukNya yang di tanganNyalah semua kekuasaan langit dan bumi, dan hanya kepadaNyalah semua utusan dikembalikan. MilikNyalah semua makhluk dan semua perkara, dan hanya kepadaNyalah semua hamba dikembalikan pada hari kebangkitan, lalu Dia membalas setiap orang sesuai dengan amal perbuatannya. Dia Maha Adil, Pemberi Nikmat dan Pemberi Karunia. Makna firman Allah SWT: (Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaan atas segala sesuatu) sebagaimana firman: (Katakanlah, "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu ?”) (Surah Al-Mu’minun: 88) dan (Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan) (Surah Al-Mulk: 1) Kala “al-mulk” dan “al-malakut” itu sama, sebagaimana kata “rahmah” dan “rahamut”, “rahbah” dan “rahabut”, serta “jabar” dan “jabarut”. Di antara ulama ada yang menduga bahwa “al-mulk” adalah alam jasad, sedangkan “al-malakut” adalah alam ruh. Pendapat yang benar adalah yang pertama, pendapat itulah yang dipegang oleh mayoritas mufasir dan lainnya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 83: Allah mensucikan diri-Nya yang bahwasanya Dia adalah Raja atas segala sesuatu, Maha Kuasa atas segala sesuatu dan segala sesuatu kembali dan dihisab atas amalan-amalan manusia dan dibalas di sisi-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ini adalah dalil keenam, yaitu bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala adalah Raja, Dia memiliki segala sesuatu, di mana semua makhluk yang tinggal di alam semesta baik di alam bagian atas maupun alam bagian bawah adalah milik-Nya, hamba-Nya yang ditundukkan oleh-Nya serta diatur-Nya dengan hukum qadari-Nya, hukum syar’i-Nya dan hukum jaza’i(pembalasan)-Nya. Oleh karena itu, penciptaan-Nya kembali orang-orang yang telah mati untuk diberlakukan hukum jaza’i-Nya termasuk kesempurnaan kekuasaan-Nya. Oleh karenanya di akhir ayat Dia berfirman, “Dan kepada-Nya kamu dikembalikan.” Maka Mahasuci Allah yang menjadikan dalam firman-Nya petunjuk, penawar dan cahaya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 83

Itulah Allah yang mahakuasa. Maka mahasuci Allah yang di tangan-Nya kekuasaan penuh atas segala sesuatu di alam ini. Dialah yang menciptakan, mengatur, serta memeliharanya, dan kepada-Nya juga kamu dikembalikan. Keyakinan akan kekuasaan Allah akan timbul dalam hati apabila manusia mau menggunakan akal sehatnya untuk memperhatikan alam semesta ini. []1. Bila pada akhir surah y's'n Allah menjelaskan keesaan dan kekuasaan-Nya pada hari kiamat, pada permulaan surah ini Allah menegaskan bukti kekuasaan-Nya di alam raya. Demi rombongan malaikat yang berbaris bersaf-saf dengan rapi dalam melaksanakan tugas dan perintah Allah;.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah aneka ragam penjelasan dari banyak mufassir terkait makna dan arti surat Yasin ayat 83 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita. Support syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Sering Dicari

Terdapat berbagai topik yang sering dicari, seperti surat/ayat: Ayat Kursi, Al-Waqi’ah, Do’a Sholat Dhuha, Ar-Rahman, Al-Kautsar, Asmaul Husna. Termasuk Al-Mulk, Shad 54, Al-Ikhlas, Al-Kahfi, Yasin, Al-Baqarah.

  1. Ayat Kursi
  2. Al-Waqi’ah
  3. Do’a Sholat Dhuha
  4. Ar-Rahman
  5. Al-Kautsar
  6. Asmaul Husna
  7. Al-Mulk
  8. Shad 54
  9. Al-Ikhlas
  10. Al-Kahfi
  11. Yasin
  12. Al-Baqarah

Pencarian: ad dukhan, surah al ma'un, alif lam mim arab, al syams, surat an nahl ayat 114

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: