Surat Yasin Ayat 59

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱمْتَٰزُوا۟ ٱلْيَوْمَ أَيُّهَا ٱلْمُجْرِمُونَ

Arab-Latin: Wamtāzul-yauma ayyuhal-mujrimụn

Artinya: Dan (dikatakan kepada orang-orang kafir): "Berpisahlah kamu (dari orang-orang mukmin) pada hari ini, hai orang-orang yang berbuat jahat.

« Yasin 58Yasin 60 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Tentang Surat Yasin Ayat 59

Paragraf di atas merupakan Surat Yasin Ayat 59 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai tafsir penting dari ayat ini. Didapatkan berbagai penjabaran dari berbagai ulama tafsir berkaitan isi surat Yasin ayat 59, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Di hari itu dikatakan kepada orang-orang kafir “menyingkirlah kalian dari orang-orang mukimin dan pisahkanlah diri kalian dari mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

59. Setelah pembahasan pahala bagi orang-orang beriman, kemudian datanglah pembahasan siksaan bagi orang-orang kafir. Pada hari itu akan dikatakan kepada mereka: “Menyingkirlah kalian dari orang-orang beriman.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

59. Pada hari itu dikatakan kepada kaum musyrikin, Berpisahlah kalian dari orang-orang yang beriman, karena orang-orang yang beriman tidak layak bersama kalian, karena balasan kalian dengan balasan mereka berbeda, sifat kalian dengan sifat mereka juga berbeda.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

59. وَامْتٰزُوا۟ الْيَوْمَ أَيُّهَا الْمُجْرِمُونَ (Dan (dikatakan kepada orang-orang kafir): “Berpisahlah kamu (dari orang-orang mukmin) pada hari ini, hai orang-orang yang berbuat jahat)
Dan ketika itu dikatakan kepada orang-orang yang berdosa: “berpisahlah kalian dari orang-orang yang shalih; yakni di akhirat. Atau yang dimaksud adalah: orang-orang berdosa berpisah satu sama lain; orang-orang Yahudi menjadi satu golongan, orang-orang Nasrani menjadi satu golongan, orang-orang Majusi menjadi satu golongan, orang-orang shabi’in menjadi satu golongan, dan para penyembah berhala menjadi satu golongan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

59. Maknanya, Wahai orang-orang kafir yang melakukan kejahatan, berpisahlah dari hamba-hambaKu yang mukmin. Ini dikatakan kepada mereka saat berdiri untuk memohon dan saat penduduk surga diperintahkan untuk masuk surga sebagaimana disebutkan oleh Qurthubi


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

“Berpisahlah} berpisahlah dari orang-orang mukmin {pada hari ini, wahai orang-orang yang durhaka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

59. setelah Allah menjelaskan balasan untuk orang-orang yang bertakwa, Allah lalu menjelaskan balasan untuk orang-orang yang berdosa, “dan” sesungguhnya nanti pada Hari Kiamat akan dikatakan kepada mereka, “berpisahlah kamu pada hari ini, hai orang-orang yang berbuat jahat,” maksudnya, berpisahlah kalian dari orang-orang yang beriman dan mereka menjadi kelompok tersendiri untuk dicela dan dihinakan di hadapan segenap manusia yang menyaksikan sebelum Allah memasukkan mereka ke neraka. Dikatakan kepada mereka:


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 59-62
Allah SW Tberfirman seraya memberitahukan apa yang dialami orang-orang kafir di hari kiamat, yaitu Dia memerintahkan kepada mereka untuk berpisah dari tempat orang-orang mukmin. Sebagaimana firmanNya SWT: ((Ingatlah) suatu hari (ketika itu) Kami mengumpulkan mereka semuanya kemudian Kami berkata kepada orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan), "Tetaplah kamu dan sekutu-sekutumu di tempatmu itu” Lalu Kami pisahkan mereka) (Surah Yunus. 28), (Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan (14)) (Surah Ar-Rum) dan (pada hari itu mereka terpisah-pisah) (Surah Ar-Rum: 43) yaitu menjadi dua golongan yang terpisah ((Kepada malaikat diperintahkan), "Kumpulkanlah orang-orang yang zalim beserta teman sejawat mereka dan sembahan-sembahan yang selalu mereka sembah (22) selain Allah; maka tunjukkanlah kepada mereka jalan ke neraka (23)) (Surah Ash-Shaffa)
Firman Allah SWT: (Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu, hai Bani Adam, supaya kamu tidak menyembah setan? Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu (60)) Ini merupakan kecaman dari Allah SWT kepada orang-orang kafir dari kalangan anak cucu nabi Adam yang menaati setan, padahal setan itu adalah musuh mereka yang jelas, dan mereka durhaka terhadap Tuhan Yang Maha Penyayang, padahal Dialah Dzat yang Menciptakan dan Memberi rezeki mereka. Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (dan hendaklah kamu menyembah-Ku. Inilah jalan yang lurus (61)) yaitu, Aku memerintahkan kepada kalian di dunia untuk menentang setan. Aku memerintahkan kalian untuk menyembahKu, karena inilah jalan yang lurus. Tetapi kalian menempuh jalan lain, dan kalian mengikuti apa yang diperintahkan setan. Oleh karena itu Allah berfirman: (Sesungguhnya setan itu telah menyesatkan sebagian besar di antaramu) Dikatakan bahwa kata “jibillan” (dengan dikasrah huruf jimnya dan ditasydid huruf lamnya) Dikatakan juga “jubulan” (dengan didhammah jimnya dan ditakhfif huruf lamnya) dan di antara mereka ada yang menjadikan sukun huruf ba’nya, maka yang dimaksud adalah 'sebagian besar dari manusia. Pendapat ini dikatakan Mujahid danSufyan bin Uyaynah.
Firman Allah SWT: (Maka apakah kamu tidak memikirkan?) yaitu apakah kalian tidak berakal sehingga menentang Tuhan kalian yang telah memerintahkan kalian untuk menyembahNya tidak ada sekutu bagiNya, lalu kalian menyimpang dan mengikuti setan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 59: Adapun orang-orang yang mendustakan, maka balasan bagi mereka pada hari kiamat akan dikatakan kepada mereka: Kalian berbeda (dengan ahli surga) dan kalian sangat jauh dibandingkan dengan orang-orang yang beriman. Kemudian mereka dimasukkan ke dalam neraka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan balasan untuk orang-orang yang bertakwa, Dia menyebutkan balasan-Nya kepada orang-orang yang berdosa.

Maka mereka berpisah dari orang-orang mukmin agar Dia menegur mereka dengan keras di hadapan semua manusia sebelum mereka masuk ke dalam neraka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 59

Usai memaparkan keadaan orang mukmin beserta kenikmatan yang mereka peroleh di surga, Allah dalam ayat ini beralih menjelaskan kondisi orang kafir di akhirat. Dan dikatakan kepada orang kafir, 'berpisahlah kamu pada hari ini dari orang mukmin, wahai orang-orang yang berdosa! masuklah kamu ke neraka, berpisah dari orang mukmin yang akan menuju surga (lihat pula: surah a'-''ff't/37: 22'23)60. Dikatakan juga kepada orang kafir itu, 'bukankah aku dahulu telah memerintahkan kepadamu, wahai anak cucu adam, agar kamu sekali-kali tidak menyembah setan' aku bahkan telah mengutus para rasul untuk menyampaikan risalah kepadamu. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagi kamu karena sejak dahulu telah menyesatkan manusia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penafsiran dari banyak pakar tafsir berkaitan isi dan arti surat Yasin ayat 59 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi kita. Sokong syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Sering Dicari

Kaji banyak topik yang sering dicari, seperti surat/ayat: Seribu Dinar, Al-A’la, Adh-Dhuha, Al-Falaq, Al-Isra 32, Do’a Setelah Adzan. Ada juga Yusuf 28, Al-Qadr, Al-Hujurat 13, Al-Fatihah, An-Naba, Al-Kafirun.

  1. Seribu Dinar
  2. Al-A’la
  3. Adh-Dhuha
  4. Al-Falaq
  5. Al-Isra 32
  6. Do’a Setelah Adzan
  7. Yusuf 28
  8. Al-Qadr
  9. Al-Hujurat 13
  10. Al-Fatihah
  11. An-Naba
  12. Al-Kafirun

Pencarian: al lail artinya, al-mu’min, surah an am, al anfal, surat alfatihah dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: