Doa Pembuka Rezeki

Adakah doa pembuka rezeki yang bisa kita amalkan untuk mempermudah rezeki kita? InsyaAllah ada.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Ada beberapa do’a dan dzikir dari hadits shahih dan hasan yang bisa kita amalkan untuk membuka pintu rezeki, atau disebut sebagai shalawat oleh sebagian pihak. Di antaranya adalah:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii

Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku. (Disusun berdasarkan HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Sering kita mendengar bahwa rezeki masing-masing orang telah diatur Allah Ta’ala. Namun, hal ini malah membuat beberapa orang salah kaprah dan tak berusaha untuk mencari rezeki. Kenyataannya selain bertawakal, Anda juga harus berikhtiar untuk mendapatkannya.

Para ulama dalam tafsirnya menjelaskan bahwa rezeki merupakan hal-hal yang bermanfaat bagi umat manusia. Dengan kata lain, rezeki tak hanya terbatas pada harta, sebab segala hal yang Allah Ta’ala anugerahkan dapat menjadi rezeki bagi Anda.

Allah Ta’ala tentu memberikan kemudahan melalui kunci-kunci pembuka rezeki. Setidaknya ada sepuluh kunci pembuka rezeki yang telah disarikan dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, antara lain:

  1. Iman

Bisa dikatakan iman merupakan salah satu kunci fundamental untuk memperoleh rezeki yang dianugerahkan Allah Ta’ala. Surah Al-A’raf ayat 96 pun menyebutkan, penduduk suatu negeri yang beriman dan bertakwa akan dilimpahi rezeki yang diberkahi dari langit dan bumi.

  1. Takwa

Dalam surah Ath-Thalaq ayat 2-3, takwa akan memberikan berbagai dampak positif dalam terbukanya rezeki. Disebutkan bahwa siapa pun yang bertakwa kepada Allah Ta’ala akan dikaruniai rezeki dari jalan-jalan yang tak pernah mereka sangka.

  1. Istighfar

Memohon ampunan kepada Allah Ta’ala sesungguhnya bukan perkara kecil. Secara tak langsung, Anda sedang meminta kemudahan terbukanya rezeki. Hal tersebut diungkapkan Hasan Al-Bashri yang mengatakan bahwa surah Nuh ayat 10-12 akan menjawab pertanyaan seseorang akan rezeki.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

  1. Syukur

Jangan abaikan kekuatan bersyukur. Kunci pembuka rezeki ini mempunyai kedahsyatan yang telah dibuktikan banyak orang. Berdasarkan surah Ibrahim ayat 7, seseorang yang mau bersyukur pasti akan ditambahkan nikmatnya oleh Allah Ta’ala.

  1. Infak

Infak menyimpan konsep luar biasa yang tak boleh Anda abaikan. Sebagaimana hadis Nabi, tak ada orang yang jatuh miskin gara-gara rajin berinfak. Surah Saba’ ayat 39 pun menyebutkan bahwa hal-hal yang Anda infakkan akan diganti Allah Ta’ala, sebab Dia adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki.

  1. Nikah 

Pernikahan merupakan bentuk sunah yang akan membukakan rezeki orang-orang yang siap melaksanakannya. Dalam surah An-Nur ayat 32 dijelaskan bahwa menikah, bagi hamba yang miskin, akan mendapatkan kecukupan rezeki dari-Nya. Tentu dengan catatan mereka siap berumahtangga.

  1. Tawakal 

Seperti yang disinggung, tawakal tak semestinya diartikan sebagai pasrah tanpa ikhtiar. Dalam hal ini, kepasrahan baru Anda lakukan setelah mengerahkan totalitas dalam berusaha. Dengan tawakal yang tepat, Allah Ta’ala akan memberikan rezeki yang mencukupi semua kebutuhan.

  1. Silaturahmi 

Bukan hanya bertujuan menjaga dan memperbaiki hubungan kekeluargaan, silaturahmi juga menjadi salah satu kunci pembuka rezeki. Berdasarkan riwayat Bukhari, seseorang yang ingin dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umurnya harus mampu menyambung tali kekerabatan dengan baik.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

  1. Umrah dan haji

Umrah dan haji adalah kunci pembuka rezeki berikutnya yang memiliki dampak dahsyat. Dalam riwayat Tirmidzi disebutkan, kedua ibadah tersebut mempunyai keutamaan yang sebaiknya Anda perhatikan, sebab umrah dan haji mampu menafikan kefakiran maupun dosa.

  1. Berbuat baik kepada duafa

Meski sederhana, perbuatan ini rupanya jarang mendapatkan sorotan. Padahal, dalam sebuah riwayat Bukhari disebutkan bahwa orang-orang lemah (duafa) di sekitar merupakan kunci dari rezeki dan pertolongan dari Allah Ta’ala. Untuk itu, jangan sesekali abaikan keberadaan mereka.

Diharapkan dengan mengetahui sepuluh kunci pembuka rezeki di atas, Anda akan lebih bijak dalam mencari rezeki yang bukan hanya diberkahi, tetapi juga diridhai Allah Ta’ala.

Terkait: « |

Kategori: Lain-lain

Artikel: Topik, Serial, Doa Dzikir, Lain-lain, Updates