Doa Pembuka Rezeki

Adakah doa pembuka rezeki yang bisa kita amalkan untuk mempermudah rezeki kita? InsyaAllah ada.

Ada beberapa do’a dan dzikir dari hadits shahih dan hasan yang bisa kita amalkan untuk membuka pintu rezeki, atau disebut sebagai shalawat oleh sebagian pihak. Di antaranya adalah:

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูƒู’ุซูุฑู’ ู…ูŽุงู„ููŠุŒ ูˆูŽูˆูŽู„ูŽุฏููŠุŒ ูˆูŽุจูŽุงุฑููƒู’ ู„ููŠ ูููŠู…ูŽุง ุฃุนู’ุทูŽูŠู’ุชูŽู†ููŠ ูˆูŽุฃุทูู„ู’ ุญูŽูŠูŽุงุชููŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุทูŽุงุนูŽุชููƒูŽุŒ ูˆูŽุฃุญู’ุณูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ููŠ ูˆูŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠ

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa aโ€™thoitanii wa athil hayaatii โ€˜ala thoโ€™atik wa ahsin โ€˜amalii wagh-fir lii

Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku. (Disusun berdasarkan HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480)

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูƒู’ููู†ูู‰ ุจูุญูŽู„ุงูŽู„ููƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุญูŽุฑูŽุงู…ููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽุบู’ู†ูู†ูู‰ ุจูููŽุถู’ู„ููƒูŽ ุนูŽู…ู‘ูŽู†ู’ ุณููˆูŽุงูƒูŽ

Allahumak-finii bi halaalika โ€˜an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika โ€˜amman siwaak.

โ€œYa Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.โ€ (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Sering kita mendengar bahwa rezeki masing-masing orang telah diatur Allah Ta’ala. Namun, hal ini malah membuat beberapa orang salah kaprah dan tak berusaha untuk mencari rezeki. Kenyataannya selain bertawakal, Anda juga harus berikhtiar untuk mendapatkannya.

Para ulama dalam tafsirnya menjelaskan bahwa rezeki merupakan hal-hal yang bermanfaat bagi umat manusia. Dengan kata lain, rezeki tak hanya terbatas pada harta, sebab segala hal yang Allah Ta’ala anugerahkan dapat menjadi rezeki bagi Anda.

Allah Ta’ala tentu memberikan kemudahan melalui kunci-kunci pembuka rezeki. Setidaknya ada sepuluh kunci pembuka rezeki yang telah disarikan dari Al-Qurโ€™an dan As-Sunnah, antara lain:

  1. Iman

Bisa dikatakan iman merupakan salah satu kunci fundamental untuk memperoleh rezeki yang dianugerahkan Allah Ta’ala. Surah Al-Aโ€™raf ayat 96 pun menyebutkan, penduduk suatu negeri yang beriman dan bertakwa akan dilimpahi rezeki yang diberkahi dari langit dan bumi.

  1. Takwa

Dalam surah Ath-Thalaq ayat 2-3, takwa akan memberikan berbagai dampak positif dalam terbukanya rezeki. Disebutkan bahwa siapa pun yang bertakwa kepada Allah Ta’ala akan dikaruniai rezeki dari jalan-jalan yang tak pernah mereka sangka.

  1. Istighfar

Memohon ampunan kepada Allah Ta’ala sesungguhnya bukan perkara kecil. Secara tak langsung, Anda sedang meminta kemudahan terbukanya rezeki. Hal tersebut diungkapkan Hasan Al-Bashri yang mengatakan bahwa surah Nuh ayat 10-12 akan menjawab pertanyaan seseorang akan rezeki.

  1. Syukur

Jangan abaikan kekuatan bersyukur. Kunci pembuka rezeki ini mempunyai kedahsyatan yang telah dibuktikan banyak orang. Berdasarkan surah Ibrahim ayat 7, seseorang yang mau bersyukur pasti akan ditambahkan nikmatnya oleh Allah Ta’ala.

  1. Infak

Infak menyimpan konsep luar biasa yang tak boleh Anda abaikan. Sebagaimana hadis Nabi, tak ada orang yang jatuh miskin gara-gara rajin berinfak. Surah Sabaโ€™ ayat 39 pun menyebutkan bahwa hal-hal yang Anda infakkan akan diganti Allah Ta’ala, sebab Dia adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki.

  1. Nikah 

Pernikahan merupakan bentuk sunah yang akan membukakan rezeki orang-orang yang siap melaksanakannya. Dalam surah An-Nur ayat 32 dijelaskan bahwa menikah, bagi hamba yang miskin, akan mendapatkan kecukupan rezeki dari-Nya. Tentu dengan catatan mereka siap berumahtangga.

  1. Tawakal 

Seperti yang disinggung, tawakal tak semestinya diartikan sebagai pasrah tanpa ikhtiar. Dalam hal ini, kepasrahan baru Anda lakukan setelah mengerahkan totalitas dalam berusaha. Dengan tawakal yang tepat, Allah Ta’ala akan memberikan rezeki yang mencukupi semua kebutuhan.

  1. Silaturahmi 

Bukan hanya bertujuan menjaga dan memperbaiki hubungan kekeluargaan, silaturahmi juga menjadi salah satu kunci pembuka rezeki. Berdasarkan riwayat Bukhari, seseorang yang ingin dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umurnya harus mampu menyambung tali kekerabatan dengan baik.

  1. Umrah dan haji

Umrah dan haji adalah kunci pembuka rezeki berikutnya yang memiliki dampak dahsyat. Dalam riwayat Tirmidzi disebutkan, kedua ibadah tersebut mempunyai keutamaan yang sebaiknya Anda perhatikan, sebab umrah dan haji mampu menafikan kefakiran maupun dosa.

  1. Berbuat baik kepada duafa

Meski sederhana, perbuatan ini rupanya jarang mendapatkan sorotan. Padahal, dalam sebuah riwayat Bukhari disebutkan bahwa orang-orang lemah (duafa) di sekitar merupakan kunci dari rezeki dan pertolongan dari Allah Ta’ala. Untuk itu, jangan sesekali abaikan keberadaan mereka.

Diharapkan dengan mengetahui sepuluh kunci pembuka rezeki di atas, Anda akan lebih bijak dalam mencari rezeki yang bukan hanya diberkahi, tetapi juga diridhai Allah Ta’ala.

Halaman Cukup Sering Dilihat

Kami memiliki berbagai konten yang cukup sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 45, Ad-Dukhan, Ali ‘Imran 97, Al-Ma’idah 8, Tentang Al-Quran, Ali ‘Imran 139. Juga Al-Jin, Al-Isra 25, Al-Baqarah 43, At-Thalaq, Al-Qamar 49, Al-Hadid 20.

  1. Al-Baqarah 45
  2. Ad-Dukhan
  3. Ali ‘Imran 97
  4. Al-Ma’idah 8
  5. Tentang Al-Quran
  6. Ali ‘Imran 139
  7. Al-Jin
  8. Al-Isra 25
  9. Al-Baqarah 43
  10. At-Thalaq
  11. Al-Qamar 49
  12. Al-Hadid 20

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: