Surat Ar-Rum Ayat 55

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ يُقْسِمُ ٱلْمُجْرِمُونَ مَا لَبِثُوا۟ غَيْرَ سَاعَةٍ ۚ كَذَٰلِكَ كَانُوا۟ يُؤْفَكُونَ

Arab-Latin: Wa yauma taqụmus-sā'atu yuqsimul-mujrimụna mā labiṡụ gaira sā'ah, każālika kānụ yu`fakụn

Artinya: Dan pada hari terjadinya kiamat, bersumpahlah orang-orang yang berdosa; "mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat (saja)". Seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran).

« Ar-Rum 54Ar-Rum 56 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Mengenai Surat Ar-Rum Ayat 55

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 55 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan berharga dari ayat ini. Didapatkan sekumpulan penjelasan dari para ulama tafsir berkaitan isi surat Ar-Rum ayat 55, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Saat Hari Kiamat tiba, Allah membangkitkan makhluk-makhluk dari kubur mereka. Saat itu orang-orang musyrik bersumpah bahwa mereka tidak tinggal di bumi kecuali dalam waktu yang pendek. Mereka berdusta dalam sumpah mereka sebagaimana mereka juga telah berdusta di dunia dan mereka mengingkari kebenaran yang dibawa para rasul kepada mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

55. Allah mengabarkan keadaan orang-orang yang senantiasa melakukan dosa di hari kiamat, bahwa mereka bersumpah tidak hidup di dunia melainkan sebentar saja. Dengan sumpah dusta seperti itulah mereka dahulu bersumpah di dunia.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. Dan pada saat terjadinya hari Kiamat, para pendosa itu bersumpah bahwa mereka tidaklah tinggal di dalam kuburan mereka kecuali hanya sesaat saja. Sebagaimana mereka dipalingkan dari pengetahuan tentang berapa lama mereka tinggal di alam kubur, demikian pula mereka dipalingkan dari kebenaran saat di dunia.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

55. وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ (Dan pada hari terjadinya kiamat)
Terdapat pendapat mengatakan bahwa hari kiamat disebut dengan الساعة (waktu) sebab hari kiamat terjadi pada waktu yang paling akhir yang ada di dunia.

يُقْسِمُ الْمُجْرِمُونَ مَا لَبِثُوا۟ غَيْرَ سَاعَةٍ ۚ( bersumpahlah orang-orang yang berdosa; “mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat (saja)”)
Yakni mereka bersumpah bahwa mereka tidak tinggal di dunia atau di alam kubur lebih dari sesaat saja. Mereka menganggap masa tinggal mereka sangat cepat dan itulah yang tertanam dalam fikiran mereka sehingga mereka bersumpah atas hal itu.
Pendapat lain mengatakan bahwa mereka berdusta dalam pengakuan mereka tentang masa tinggal mereka, sebagaimana mereka telah banyak berdusta sebelumnya.

كَذٰلِكَ كَانُوا۟ يُؤْفَكُونَ (Seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran))
Yakni seperti perpalingan ini mereka dahulu berpaling dari kebenaran. Dan ini merupakan dalil bahwa sumpah mereka itu dusta.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

55-56

Jikalau sekiranya para ahli ilmu yang senantiasa mengamalkan ilmunya tidak mendapatkan kehormatan kecuali berkahnya yang akan selalu tetap, dan pengaruhnya akan selalu meluas sampai detik-detik hari kiamat maka itu sudah cukup, bahkan mereka adalah saksi-saksi Allah ta'ala untuk membatalkan segala ibadah-ibadah orang musyrik sebagaimana dijelaskan dalam surah an-Nahl :

{ ثُمَّ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ يُخْزِيهِمْ وَيَقُولُ أَيْنَ شُرَكَآءِىَ ٱلَّذِينَ كُنتُمْ تُشَٰٓقُّونَ فِيهِمْ ۚ قَالَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ إِنَّ ٱلْخِزْىَ ٱلْيَوْمَ وَٱلسُّوٓءَ عَلَى ٱلْكَٰفِرِينَ }
"Kemudian Allah menghinakan mereka di hari kiamat, dan berfirman: “Di manakah sekutu-sekutu-Ku itu (yang karena membelanya) kamu selalu memusuhi mereka (nabi-nabi dan orang-orang mukmin)?” Berkatalah orang-orang yang telah diberi ilmu: “Sesungguhnya kehinaan dan azab hari ini ditimpakan atas orang-orang yang kafir" [ An-Nahl : 27 ]

Mereka juga saksi-saksi atas orang-orang yang mengingkari hari kebangkitan sebagaimana dijelaskan dalam surah Ar-Rum :

{ وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ يُقْسِمُ ٱلْمُجْرِمُونَ مَا لَبِثُوا۟ غَيْرَ سَاعَةٍ ۚ كَذَٰلِكَ كَانُوا۟ يُؤْفَكُونَ }
"Dan pada hari terjadinya kiamat, bersumpahlah orang-orang yang berdosa; "mereka tidak berdiam (dalam kubur) melainkan sesaat (saja)". Seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran)." [ Ar-Rum : 55 ]

{ وَقَالَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ وَٱلْإِيمَٰنَ لَقَدْ لَبِثْتُمْ فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْبَعْثِ ۖ فَهَٰذَا يَوْمُ ٱلْبَعْثِ وَلَٰكِنَّكُمْ كُنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ }
"Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir): "Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit; maka inilah hari berbangkit itu akan tetapi kamu selalu tidak meyakini(nya)" [ Ar-Rum : 56 ]


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55. Pada hari terjadinya kiamat, orang-orang jahat itu bersumpah bahwa mereka tidak berdiam di dunia kecuali hanya dalam jangka waktu sebentar atau sesaat. Demikianlah mereka enggan mengetahui masa tinggal mereka. Di dunia, mereka menolak kebenaran, yaitu hari kebangkitan dan hal lain seperti membicarakan kebenaran dan kejujuran. Penolakan mereka terhadap kebenaran itu layaknya setan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada hari (ketika) terjadi kiamat} kiamat {orang-orang yang durhaka bersumpah} bersumpah {bahwa mereka tidak berdiam} tidak tinggal dalam kubur mereka {kecuali hanya sesaat} kecuali hanya sesaat {Begitulah mereka dipalingkan} mereka dipalingkan dari kebenaran


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55. Allah mengabarkan tentang hari kiamat dan cepatnya (masa) kedatangannya, dan sesungguhnya kiamat itu kalau sudah terjadi, maka bersumpahlah “orang-orang yang berdosa,” dengan nama Allah bahwasannya “mereka tidak berdiam,” di dunia “melainkan sesaat saja,” itu adalah suatu alasan dari mereka, barangkali udzur itu bisa berguna bagi mereka, dan perasaan sangat singkatnya masa tinggal di dunia.
Tatkala perkataan mereka adalah dusta, tidak ada benarnya, maka Allah berfirman, ”seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan,” maksudnya, saat berada di dunia mereka terus menerus berpaling dari kebenaran dan kenyataan dan selalu berbuat dusta. Di dunia mereka mendustakan kebenaran yang dibawa oleh para rasul, dan di akhirat mereka mengingkari perkara yang indrawi, yaitu berdiam cukup lama di dunia. Inilah karakter busuk mereka. Jadi, seorang itu akan dibangkitkan kembali sesuai dengan (kondisi) dia mati dahulu.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 55-57
Allah SWT memberitahukan tentang kebodohan orang-orang kafir di dunia dan akhirat. Di dunia mereka melakukan perbuatan yang mereka kerjakan berupa menyembah berhala-berhala. Sedangkan di akhirat mereka melakukan kebodohan yang besar juga. Di antaranya adalah sumpah mereka dengan nama Allah, bahwa mereka tidak tinggal di dunia melainkan hanya sebentar. Tujuan mereka dengan itu adalah agar hujjah tidak ditegakkan terhadap mereka, dan bahwa mereka tidak diberi masa tangguh untuk memberikan alasan kepada mereka. Allah SWT berfirman: (Seperti demikianlah mereka selalu dipalingkan (dari kebenaran) (55) Dan berkata orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan dan keimanan (kepada orang-orang yang kafir), "Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari kebangkitan) yaitu, maka orang-orang mukmin dari kalangan ulamanya itu menjawab mereka di akhirat, sebagaimana mereka menegakkan hujjah Allah atas mereka ketika di dunia. Maka para ulama berkata kepada mereka saat mereka bersumpah bahwa mereka hanya tinggal sesaat: (Sesungguhnya kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah) yaitu dalam kitab catatan amal perbuatan (sampai hari kebangkitan) yaitu, dari hari kalian diciptakan sampai kalian dibangkitkan (akan tetapi kamu tidak mengetahui)
Allah SWT berfirman: (Maka pada hari itu) yaitu hari kiamat (tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang zalim permintaan uzur mereka) yaitu alasan mereka untuk membela apa yang mereka kerjakan (dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi) yaitu, mereka tidak bisa kembali ke dunia, sebagaimana Allah SWT berfirman: (dan jika mereka mengemukakan alasan-alasan, maka tidaklah mereka termasuk orang-orang yang diterima alasannya) (Surah Fushshilat: 24)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 55: Pada hari kiamat yang akan segera mendatangi orang-orang musyrik dengan cepat datangnya kemudian mereka bersumpah tidaklah datang hari kiamat kepada mereka di dunia, tujuan mereka adalah agar mendapatkan udzur dan agar menjadikan udzur tersebut bermanfaat bagi mereka. Sungguh mereka telah berbohong akan hal itu, karena mereka masih dalam keadaan tetap tersesat dan mereka berdusta sebagaimana ketika di dunia.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni orang-orang kafir.

Ini adalah pengajuan uzur mereka dengan maksud agar permohonan maaf mereka diterima.

Maksudnya, sebagaimana mereka di dunia dipalingkan dari kebenaran dan malah berkata dusta, mereka mendustakan yang hak yang dibawa para rasul, sehingga di akhirat mereka juga dipalingkan dari perkataan yang hak (benar) tentang lama tinggal mereka di kubur, mereka mengingkari perkara yang dapat dirasakan, yaitu lamanya tingga di dunia, dan seorang hamba nanti akan dibangkitkan sesuai keadaan yang dia pegang sampai matinya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 55

Pada hari kebangkitan orang yang dahulu banyak berbuat dosa bersumpah dengan sungguh-sungguh, meski sejatinya hanya sumpah palsu. Dan pada hari ketika terjadinya kiamat, orang-orang yang berdosa bersumpah dengan penuh kesungguhan bahwa mereka berdiam dalam kubur hanya sesaat saja. Begitulah dahulu ketika di dunia mereka dipalingkan dari kebenaran karena kebiasaan mereka berbohong. 56. Dan orang-orang yang diberi ilmu dan keimanan berkata kepada orang kafir dalam rangka menanggapi sumpah mereka itu, 'sungguh, kamu telah berdiam dalam kubur menurut ketetapan Allah sampai hari kebangkitan. Maka inilah saatnya hari kebangkitan itu, tetapi dahulu kamu tidak pernah mau meyakini-Nya. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penafsiran dari banyak ahli tafsir mengenai kandungan dan arti surat Ar-Rum ayat 55 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita. Sokong dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dicari

Nikmati berbagai materi yang sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Mu’minun, Al-Hujurat 10-12, Al-Baqarah 148, At-Takwir, Al-Alaq 1-5, Al-Insyirah 8. Ada juga At-Taubah 122, At-Tahrim 8, Al-Insyiqaq, Ath-Thalaq 2-3, Al-Isra 26-27, At-Taubah 105.

  1. Al-Mu’minun
  2. Al-Hujurat 10-12
  3. Al-Baqarah 148
  4. At-Takwir
  5. Al-Alaq 1-5
  6. Al-Insyirah 8
  7. At-Taubah 122
  8. At-Tahrim 8
  9. Al-Insyiqaq
  10. Ath-Thalaq 2-3
  11. Al-Isra 26-27
  12. At-Taubah 105

Pencarian: al ashr ayat 1, qs al fath ayat 4, attaubah ayat 36, surat al baqarah ayat 39, al mu minun 12-14

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: