Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Ar-Rum Ayat 45

لِيَجْزِيَ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْكَافِرِينَ

Arab-Latin: Liyajziyallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti min faḍlih, innahụ lā yuḥibbul-kāfirīn

Terjemah Arti: Agar Allah memberi pahala kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh dari karunia-Nya. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang ingkar.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Allah hendak membalas orang-orang yang beriman kepadaNya dan kepada RasulNya serta beramal shalih dari karunia dan kebaikanNya. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir karena Dia memurkai dan memarahi mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

45. Allah akan membalas orang-orang yang beriman kepada-Nya dan mengerjakan amal saleh yang menjadikan Rabb mereka meridainya. Sesungguhnya Allah Yang Mahasuci tidak menyukai orang-orang kafir, bahkan memurkai mereka dengan kemurkaan yang besar serta akan menyiksa mereka pada hari Kiamat.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

45. لِيَجْزِىَ الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ (agar Allah memberi pahala kepada orang-orang yang beriman)
Yakni manusia terpisah-pisah agar Allah membalas orang-orang bariman sesuai dengan hak mereka.

مِن فَضْلِهِۦٓ ۚ (dari karunia-Nya)
Yakni lebih dari balasan mereka yang seharusnya berkali-kali lipat, tidak ada yang mampu menghitungnya kecuali Allah.

إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ الْكٰفِرِينَ (Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang ingkar)
Ketidaksukaan Allah pada orang-orang kafir adalah tanda kemurkaan Allah pada mereka, dan kemurkaan Allah akan berakhir dengan siksaan-Nya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45. Agar Allah membalas orang-orang yang beriman dan mengerjakan perintah Allah dengan pahala dari keutamaan dan kebaikanNya, sehingga pahala itu pasti ditambah. Sesungguhnya Allah menghukum orang-orang kafir dan membenci mereka, sehingga kemarahan itu mengharuskan suatu hukuman.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Sungguh Allah akan menyempurnakan bagi mereka yang bertauhid dan mengikuti para Rasul dengan karunia-Nya dan akan Allah penuhi dengan kemuliaan dan kebaikan, sungguh Allah tidak mencintai orang-orang yang kafir; Bahkan membenci dan memusuhi mereka.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Allah memasukkan mereka ke surga agar Allah memberi balasan pahala kepada orang-orang yang beriman dan diwujudkan dengan mengerjakan kebajikan dari sebab karunia-Nya, bukan semata-mata keimanan dan amal salehnya. Sungguh, kenikmatan surga bagi orang mukmin sebagai wujud rahmat-Nya dan azab neraka bagi orang-orang kafir sebagai benuk keadilan-Nya, karena sesungguhnya dia tidak menyukai orang-orang yang kafir. 46. Allah menunjukkan bukti-bukti kekuasaan dan keesaan-Nya, baik melalui ayat-ayat Al-Qur'an maupun ayat-ayat yang tersebar di alam raya dan fenomena-fenomena alam. Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya adalah bahwa dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira, sebab angin meniup awan yang tebal lalu hujan pun turun; dan agar kamu merasakan sebagian dari rahmat-Nya dengan tumbuhnya biji-bijian yang telah disemaikan dan menghijaunya tanam-tanaman serta berbuahnya tetumbuhan dan sebagainya; dan agar kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya melalui hukum alam yang telah ditetapkan; dan agar kamu dapat mencari sebagian dari karunia-Nya dengan berdagang, berlayar, mencari ilmu, dan lain-lain; dan agar kamu bersyukur atas karunia tersebut dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Ar-Rum Ayat 46 Arab-Latin, Surat Ar-Rum Ayat 47 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Ar-Rum Ayat 48, Terjemahan Tafsir Surat Ar-Rum Ayat 49, Isi Kandungan Surat Ar-Rum Ayat 50, Makna Surat Ar-Rum Ayat 51

Category: Surat Ar-Rum

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!