Keutamaan Membaca Al Quran

Al quran merupakan kalam Allah Subhanallahu Ta’ala. Dimana al quran diturunkan kepada nabi dan rasul pilihan terakhir, yakni Nabi Muhammad SAW sebagai wahyu dan menyempurnakan kitab kitab sebelum al quran. Kitab suci al quran sendiri merupakan satu satunya bagi Tuhan Semesta Alam untuk berbicara kepada seluruh hamba Nya mengenai kekuasaan dan kebesaran Nya. 

Al quran sendiri dijadikan sebagai pedoman hidup bagi semua umat manusia di permukaan bumi. Bukan hanya untuk umat Islam semata, tapi nyatanya al quran ini juga dijadikan sebagai panutan bagi penganut agama lain. Al quran kerap kali dijadikan sebagai sumber penguatan ilmu pengetahuan, penemuan wawasan baru, hingga media untuk memecahkan sebuah masalah. Sehingga sangat tidak jarang banyak ilmuwan yang memutuskan untuk masuk Islam setelah mempelajari al quran.

Keutamaan Membaca Al Quran 

Sebagaimana diketahui, bahwa al quran adalah wahyu yang diturunkan Allah kepada Rasul pilihan melalui malaikat Jibril. Dimana wahyu ini diturunkan secara berangsur angsur sesuai dengan kejadian yang telah berlaku pada masa itu. Al quran dan isinya Allah turunkan sebagai bentuk jawaban atas pertanyaan Nabi Muhammad SAW dan umat manusia terhadap semua persoalan kehidupan. 

Isi dari al quran pun mencakup seluruh aspek kehidupan. Mulai dari ibadah, cara bertuhan, cara hidup bermasyarakat, ilmu pengetahuan, hingga ilmu jual beli untuk melangsungkan kehidupan. Maka, sangat tidak heran disebutkan sebagai pedoman hidup bagi setiap umat di belahan bumi ini. 

Jika berbicara mengenai keutamaan membaca al quran, sangatlah banyak dan tak terhingga. Akan tetapi, berikut ini akan dijelaskan sejumlah manfaat dan kelebihan yang akan anda rasakan apabila membaca al quran setiap hari. Silakan simak penjelasan di bawah ini:

1. Kebiasaan Yang Baik

Sebagai umat islam, kita dianjurkan untuk selalu melakukan hal baik. Nah,salah satu kebiasaan paling baik dan membuahkan pahala yang bisa kita terapkan setiap hari adalah membaca al quran. Tentu saja sebuah kebaikan apabila bibir kita senantiasa kita basahi dengan ayat ayat suci al quran. Dengan begitu, hidup akan semakin makmur dan semakin berkah.  

2. Meningkatkan Daya Ingat

Ada banyak cara yang bisa dilakukan manusia untuk meningkatkan daya ingat pada otak. Satu dari sekian banyaknya adalah dengan membaca al quran setiap hari. Percaya atau tidak, hal ini jelas sangat terbukti. 

Membaca al quran secara rutin akan membuat daya ingat meningkat. Dimana kinerja otak semakin berfungsi dengan baik dan mengembalikan memori jangka panjang. Oleh sebab itu, al quran sangat baik dibaca setiap hari guna menghindari kelupaan sejak dini.  

3. Meningkatkan Kecerdasan

Apabila anda ingin memiliki anak yang cerdas, pintar dan mudah dalam memahami ilmu pengetahuan. Maka, silakan membaca al quran pada masa kehamilan. Tidak hanya itu, ajarkan si kecil membaca al quran dan terapkan kebiasaan itu sejak dini. Insya Allah dengan izin Allah, buah hati anda akan tumbuh menjadi seorang yang pintar dimasa mendatang.   

4. Menjadikan Mata Lebih Sehat

Salah satu cara untuk menjaga mata agar tetap sehat adalah dengan membaca. Nah, keutamaan membaca al quran yang satu ini memang tidak diragukan lagi. Tapi, sebaiknya anda tidak membaca dalam keadaan gelap, terlalu dekat atau pun sambil berbaring. Karena kondisi ini justru berdampak buruk terhadap kesehatan mata anda.  

5. Lebih Mudah Dalam Menghafal

Membaca secara berulang ulang akan membantu seseorang untuk mengingat lebih mudah dan cepat. Nah, bagi anda yang ingin cepat bisa menghafal al quran, silahkan membacanya secara rutin setiap hari. Selain itu, lakukan pula muraja’ah terhadap hafalan al quran anda. Perlakuan ini akan membantu anda menghafal cepat dan tepat. Jika perlu, minta bantulah kepada seseorang untuk menyimak sejauh mana sudah hafalan anda.   

6. Menjadi Hamba Yang Baik

Kelebihan membaca al quran selanjutnya adalah menjadikan para pembacanya lebih dekat dengan Sang Pencipta. Tidak hanya itu, rutin membaca al quran juga akan memelihara kita sebagai hamba baik dan dipandang oleh Allah SWT. Masih mau meninggalkan membaca al quran hari ini? 

Bahkan, Allah sendiri telah berfirman dalam salah satu surat di dalam al quran, yang bunyinya: sebaik baik manusia adalah yang mau membaca, mengajarkan, dan mendengarkan bacaan al quran. Dapat dikatakan, bahwa jika ingin menjadi orang baik maka perbanyaklah membaca al quran. 

7. Mendapatkan Pahala

Tidak dapat dipungkiri, bahwa setiap amal ibadah yang dilakukan oleh umat Islam akan mendapatkan balasan dari Allah berupa pahala. Termasuk membaca al quran, sangat banyak pahalanya dan menjadikan salah satu amalan yang perlu diperbanyak oleh kaum muslim dan muslimin. Bukan hanya pahala semata, namun sejumlah keberkahan hidup juga akan diperoleh apabila sering membaca al quran.  

8. Menjadi Hamba Yang Dicintai Allah

Siapa yang tidak ingin menjadi hamba kesayangan Allah SWT sebagai Sang Khalik dan pemilik alam semesta? Pasti semua orang menginginkannya, bukan? 

Tenang, ada banyak jalan yang bisa kita lakukan untuk menjadi salah satu hamba kesayangan Allah. Misalnya gemar dan mencintai membaca al quran. Dengan mencintai Qalamullah, maka kita pun akan menjadi manusia pilihan dan disayang oleh Allah.  

9. Memperkuat Iman dan Taqwa

Kelebihan dan keutamaan membaca al quran berikutnya adalah membantu memperkuat, memperkokoh keimanan serta ketaqwaan seorang hamba. Maka, sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah ialah dengan membaca al quran.   

10. Memudahkan Rezeki

Al quran adalah salah satu cara bagi setiap hamba untuk mendapatkan rezki dengan mudah, cepat dan halal serta baik. Membaca al quran setiap hari akan membantu kita memperoleh rezki lebih mudah. Maka, perbanyaklah membaca ayat suci al quran setiap harinya agar rezki menjadi lapang dan mudah.    

11. Menenangkan Hati dan Jiwa

Setiap kita tentu saja memiliki problema hidup yang berbeda beda. Oleh karena itu, kita akan memilih cara masing masing untuk membuat hati tetap tenang dalam kondisi apapun. Namun, membaca al quran adalah satu satunya cara paling ampuh untuk mengobati hati yang sedang terluka agar lebih tenang, relaks, damain dan tentram. 

Membaca al quran setiap hari akan menghindari hati dan jiwa jadi gelisah. Untuk itu, cobalah untuk memperbanyak membaca al quran agar hati tetap dalam kondisi damai.  

12. Memudahkan Urusan

Membaca al quran juga salah satu jalan untuk memudahkan segala urusan dan persoalan dalam hidup ini. Rutin membaca al quran akan membantu kita mendapatkan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi. Silakan jadikan al quran sebagai pedoman hidup agar hidup lebih baik dan berjalan sesuai target.  

13. Al Quran Sebagai Obat

Kandungan di dalam ak quran memang mencakup secara keseluruhan aspek kehidupan. Terdapat sejumlah ayat ayat di dalam al quran yang dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit pada manusia. Oleh karena itu, terapkan kebiasaan membaca al quran agar tubuh tetap sehat dan terhindar penyakit.  

14. Memperoleh Kemuliaan Untuk Seluruh Keluarga

Keutamaan membaca al quran lain adalah memperoleh kemuliaan untuk seluruh anggota keluarga. Apabila anda ingin semua anggota keluarga selamat dari kekejaman dunia dan mendapatkan kemuliaan dunia akhirat. Maka, silakan terapkan kebiasaan membaca al quran setiap hari.  

15. Layaknya Bersedekah

Anda tidak punya apa apa untuk diinfakkan kepada umat islam lain? Jangan khawatir, karena dengan membaca al quran sama halnya seperti bersedekah. Dikatakan, bahwa membaca al quran setiap hari akan mendapatkan pahala layaknya bersedekah. 

Setelah mengetahui sejumlah manfaat dan keutamaan membaca al quran di atas, semoga kita semua bisa istiqamah dalam membaca al quran setiap harinya.