9 Keutamaan Al Quran Bagi Pembacanya Menurut Hadits Dan Ayat Al Quran

Bagi umat muslim, sejatinya sudah mengetahui bagaimana keutamaan Al Quran. Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Isi Al Quran terdiri dari 30 juz, 114 surah (dimulai dari Al Fatihah dan diakhiri An Naas) dan lebih dari 6000 ayat (ada beberapa perbedaan pendapat soal jumlah pasti ayat Al Quran).

Baik dari sisi Hadist maupun ayat-ayat yang ada di Al Quran, telah disebutkan berulang kali tentang keistimewaan dari Al Quran. Penghafal, pembaca bahkan yang mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran pun akan mendapatkan ganjaran pahala dan kebaikan dari Allah SWT. Selain sholat wajib dan sholat sunnah, membaca Al Quran adalah ibadah utama lainnya yang tak seharusnya umat muslim lalaikan setiap harinya. Berikut akan dipaparkan beberapa berkah membaca Al Quran menurut Hadist dan ayat-ayat Al Quran.    

Membaca Satu Huruf Al Quran Akan Dilipatgandakan 10 Kebaikan

Al Quran adalah kitab terakhir yang dirahmati oleh Allah. Dengan membacanya saja, bahkan tanpa memahami isinya, maka pembacanya akan mendapatkan ganjaran pahala. Seperti apa yang telah dijelaskan oleh Hadist Riwayat At-Tirmidzi, membaca Al Quran 1 huruf maka akan mendapatkan 1 kebaikan. Tidak berhenti sampai situ saja, 1 kebaikan huruf Al Quran tersebut akan dilipatgandakan oleh Allah menjadi 10 kebaikan. Diumpamakan di dalam hadist tersebut bahwa bacaan Alif Laam Miim. Ketiga huruf Al Quran tersebut bila dibaca maka akan memperoleh 30 kebaikan.

Syafaat Di Hari Kiamat Bagi Pembaca Al Quran

Al Quran nantinya kelak bisa menjadi syafaat di akhirat bagi pembacanya semasa di dunia. Atas ijin Allah, syafaat berupa pertolongan berupa dijauhkannya pembaca Al Quran tersebut dari siksa kubur dan api neraka. Hal ini telah dikatakan pada Hadist Riwayat Muslim tentang pemberian syafaat bagi para pembaca Al Quran.

Sebagai umat muslim, sudah sewajibnya bisa membaca Al Quran secara tartil sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Mengingat besarnya berkah yang akan diturunkan Allah bagi para pembaca dan pengamal ayat Al Quran. Biasakanlah membaca Al Quran setiap harinya, akan lebih baik jika dilakukan setelah sholat.     

Al Quran Sebagai Sumber Cahaya Kebaikan Dunia Dan Akhirat

Al Quran sebagai penerang bagi pembacanya sudah dijelaskan pada ayat Al Quran dalam Surah As-Syura ayat 52. Menyadur penjelasan dari Syaikh Muhammad Khalifah At Tamimi menerangkan beberapa isi dari Surah tersebut. Al Quran merupakan ruh yag ada di dalam hati. Ketidakpahaman atau kebodohan mengenai Al Quran haruslah dibasmi. Sedangkan kekufuran adalah kegelapan yang dapat ditumpas dengan cahaya ilmu dari Al Quran. Al Quran sebagai lampu petunjuk jalan yang lurus. 

Al Quran Sebagai Petunjuk Umat Manusia

Ada beberapa referensi baik dari Hadist maupun dari ayat Al Quran yang menerangkan bahwa keutamaan Al Quran merupakan petunjuk umat manusia. Setidaknya terdapat 6 ayat Al Quran, yang pertama Surah Al Baqarah ayait 1 dan 2. Isinya menerangkan bahwa Al Quran adalah kitab yang tidak menimbulkan keraguan dan petunjuk bagi orang yang bertakwa. Selanjutnya Surah Al Israa ayat 9 yang intinya menyebutkan bahwa Al Quran menunjukkan kabar yang lurus dan membawa kabar gembira berupa pahala bagi orang yang mengerjakan amal saleh lagi beriman.

Sementara pada Surah Shaad ayat 29 menganjurkan agar umat manusia merenungi dan memikirkan ayat-ayat Al Quran yang penuh keberkahan agar memperoleh pelajaran. Senada dengan apa yang tertulis pada Surah Muhammad Ayat 24 tentang hati yang telah tekunci karena enggan memikirkan ayat-ayat Al Quran. Sedangkan pada Surah An-Nisaa ayat 82 menjelaskan bahwa orang yang datang bukan dari sisi Allah, jika merenungi Al Quran akan menemui banyak perselisihan. Namun jangan khawatir, umat muslim yang mengikuti petunjuk Allah, maka mereka tidak akan celaka dan terhindar dari kesesatan. Hal ini telah tertulis pada Quran Surah Thaha ayat 123.       

Al Quran Adalah Pembawa Berkah Dan Penyembuh Penyakit

Al Quran sebagai pembawa berkah dan pemberi kesembuhan bagi pembaca kitabNya juga telah tertuang pada Hadist dan Al Quran. Sebagai contoh, Hadist Riwayat Muslim [2699] yang berisi bahwa bagi mereka yang berkumpul di rumah Allah sambil membaca dan mempelajari kitabNya, maka akan diberikan ketenangan. Selain itu, mereka akan dikelilingi oleh kasih sayang dan oleh Allah akan disebut nama-nama mereka di hadapan para malaikat..

Al Quran Menghadirkan Ketentraman Di Hati Pembaca Dan Pendengarnya

Anda sedang galau, gundah dan gulana karena menghadapi permasalahan dunia? Anda mungkin akan curhat ke orang lain, posting sesuatu yang tak bermanfaat di media sosial atau melakukan hal duniawi lainnya untuk meredam pikiran yang sedang kalut. Daripada begitu, lebih baik ambil air wudlu lalu buka dan bacalah Al Quran. Dengan membaca Al Quran, hati Anda akan menjadi lebih tenang dan medapat ganjarana berupa pahala di sisi Allah. Hal ini sesuai dengan Surah AR-Rad ayat 28 yang intinya bahwa dengan mengingat Allah, maka hati akan menjadi tenteram. Membaca Al Quran merupakan sarana atau amalan dalam mengingat Allah. Di dalam Al Quran berisi ayat-ayat penuh berkah yang dapat memberikan berkah bagi pembacanya.

Ingin Menjadi Sebaik-baiknya Orang? Pelajari Dan Ajarkan Al Quran

Banyak orang ingin menjadi manusia yang bermanfaat dan sebaik-baiknya. Bagi umat muslim, cara menjadi sebaik-baiknya orang, cukuplah dengan mempelajari dan mengajarkan Al Quran. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Hadist Riwayat Bukhari. Al Quran sebagai kalam Allah, memang sudah sepantasnya umat muslim mempelajari dengan sebaik-baiknya.

Selain menjadi orang yang sebaik-baiknya, hati dan pikiran Anda juga akan dijaga Allah. Anda akan dijauhkan dari hati yang kotor. Seperti yang telah diketahui, penyakit hati dapat menyebabkan berbagai efek pada tubuh dan pikiran manusia. Penyakit hati dapat membuat orang melakukan perbuatan yang buruk kepada sesama manusia. Bahkan bisa menyakiti tubuhnya sendiri. Jika memiliki hati yang bersih, maka kita akan menjadi insan manusia yang berperilaku baik dan terhindar dari hal-hal yang dapat menimbulkan dosa dan murka Allah.    

Anak Yang Mempelajari Al Quran Maka Orang Tuanya Kelak Di Akhirat Akan Dianugerahi Mahkota

Para orang tua hendaknya menanamkan kepada anak-anaknya sedari dini tentang keutamaan membaca Al Quran. Bisa dengan mengikutkan anak-anak ke program TPQ atau ke bimbingan belajar Al Quran. Bagi orang tua yang anaknya mau mempelajari bahkan menghafalkan Al Quran maka kelak di akhirat, baik orang tua dan anak tersebut, akan disematkan mahkota dan baju yang yang sinarnya melebihi cahaya matahari di dunia. Begitu mulianya kalam Allah ini sehingga akan sangat disayangkan jika kita menyia-nyiakan.

Ganjaran Pahala Bagi Yang Berusaha Membaca Al Quran Walaupun Terbata-Bata

Mempelajari Al Quran seperti mempelajari tajwid, cara melafalkan huruf hijaiyah dan sebagainya dapat membantu melancarkan bacaan Al Quran Anda. Berdasarkan HR Muslim, Bukhari At-Tirmidzi, Ibnu Madjah dan Abu Daud, orang yang membaca Al Quran, walaupun terbata-bata tetap mendapatkan pahala 2 kali. Sementara, bersyukurlah bagi yang telah lancar membaca Al Quran, karena mereka akan disandingkan bersama dengan malaikat yang mulia. Maha Besar Allah yang telah memberikan berkah dan keutamaan Al Quran bagi para pembaca dan pengamalnya.