Cara Menghafal Quran: Hal-hal Yang Harus Diperhatikan

Al – Quran merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah SWT sebagai pedoman hidup bagi umat muslim. Di dalamnya, terdapat banyak sekali kisah, perintah, larangan dan berbagai hal yang bermakna dan bermanfaat bagi umat manusia, sehingga sudah pasti, mengamalkan Al – Quran dapat memberikan manfaat dan keuntungan di kehidupan dan di akhirat kelak. Ada banyak sekali metode – metode yang bisa anda gunakan untuk menghafal Al – Quran dengan cepat, namun sebelum mengetahui metode menghafal Al – Quran ini, anda perlu tahu keutamaan dan fadillah dalam menghafal Al –Quran yaitu:

  • Mendapatkan Pertolongan Dari Allah

Sudah dijelaskan di Al – Quran Surat Muhammad Ayat 7, Jika kamu menolong (Agama) Allah, maka Allah akan menolongnya. Menghafal Al – Quran tentu saja merupakan salah satu cara dalam menolong dan memperjuangkan agama Allah yaitu Islam.

  • Menambah Kenikmatan Dalam Shalat

Seorang Hafidz penghafal Al – Quran akan menikmati shalat yang ia lakukan, baik ketika ia menjadi seorang imam atau ma’mum.

  • Gaya Hidup Menjadi Lebih Teratur dan Islami

Sebagai seorang Hafidz, berinteraksi dengan Al – Quran tentu saja merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Mereka akan memperbanyak shalat sunnah terutama tahajud untuk mengulangi bacaan dari ayat Al – Quran sambil menghafal Al – Quran, sehingga sudah pasti gaya hidupnya akan menjadi lebih islami.

Masih ada banyak fadillah dalam menghafal Al – Quran, yang jelas, anda pasti akan menemukan banyak sekali makna yang bisa didapatkan ketika menghafal Al – Quran. Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menghafal Al – Quran yaitu:

  • Menata Niat

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memperbaiki niat. Jangan sampai anda menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menghafal Al – Quran hanya untuk menyombongkan diri karena hafal Al – Quran, ingin dipuji dan untuk kebutuhan mendapatkan dunia. Jika niatnya salah tentu saja usaha menghafal Al – Quran ini akan menjadi sia – sia. Pastikan niat anda menghafal Al – Quran adalah untuk ibadah lillahitaala.

  • Jauhi Maksiat

Perlu anda ketahui, ilmu adalah cahaya, dan Allah tidak akan memberikan cahaya nya kepada orang – orang yang bermaksiat. Karena itulah, jika anda memang sudah memiliki niat untuk menghafal Al – Quran, maka pastikan untuk menjauhi Maksiat.

  • Membangun Lingkungan yang Kondusif

Ketika ingin menghafal Al – Quran, anda juga harus membangun lingkungan yang kondusif agar mampu mendukung proses hafalan anda. Anda bisa mengajak teman – teman yang sama – sama memiliki niat kuat untuk menghafal Al – Quran agar bisa saling membantu dan mengingatkan.

Yang jelas, dalam menghafal Al – Quran diperlukan keinginan dan niat yang kuat, selain itu, anda juga harus memahami cara mengafal Al – Quran yang tepat. Ada banyak metode dan cara belajar Al – Quran yang bisa anda coba, namun salah satu metode yang paling banyak di gunakan adalah metode 3T + 1M.

Cara Menghafal Al – Quran Dengan Metode 3T + 1M

  • Talqin dan Tasmi

Yang pertama adalah Talqin dan Tasmi, Talqin berarti seorang Ustadz akan membacakan ayat Al – Quran dan diikuti oleh Tasmi yang berarti seorang murid membaca Al – Quran untuk didengarkan oleh ustadz. Ketika murid melakukan Tasmi, Ustadz akan mendengarkan bacaan dari murid dan langsung mengkoreksi jika ada kesalahan.

Namun, ada alternative lain yaitu dengan menggunakan rekaman Al – Quran jika tidak ada Ustadz yang bisa membacakan Al – Quran kepada murid, meskipun memang tidak sebaik secara langsung.

  • Tafahhum

Tahapan ini memang tidak harus dilalui oleh semua orang seperti anak – anak. Namun bagi anda yang sudah remaja dan dewasa, maka memahami bacaan Al – Quran yang akan dihafal atau Tafahhum tentu saja harus dilakukan.

  • Tikrar

Tikrar berarti mengulang. Ketika menghafal Al – Quran, pengulangan bacaan hingga hafal tentu saja hal yang wajib untuk dilakukan. Ada cara yang paling mudah yaitu dengan membaca ayat pertama hingga 10 – 20 kali hingga hafal, lalu membaca ayat kedua 10 – 20 kali hingga hafal, lalu membaca ayat pertama dan kedua sebanyak 10 – 20 kali hingga hafal, setelah itu dilanjutkan dengan membaca ayat ketiga dan  baca ayat pertama, kedua dan ketiga sebanyak 10 – 20 kali hingga hafal dan seterusnya.

  • Muraja’ah

Setelah anda melakukan Tikrar dan hafal bacaan Al – Quran, maka ulangi kembali bacaan tersebut, cara ini disebut dengan Muraja’ah. Cara ini merupakan cara yang sangat penting karena Muraja’ah akan melekatkan hafalan ke dalam benak kuat menjadi lebih kuat

Menghafal Al – Quran memang mudah, namun tentu saja membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar, sehingga nikmati menghafal Al – Quran dan tanamkan pada diri anda bahwa anda ingin lebih khusyuk dalam beribadah. Ada beberapa tips yang bisa anda coba ketika menghafal Al – Quran yaitu:

  • Menggunakan 1 Mushaf

Ketika menghafal Al – Quran, maka sangat dianjurkan untuk menggunakan satu mushaf saja, hal ini karena akan sangat memudahkan dalam proses penghafalan.

  • Sering – Sering Mendengarkan Bacaan Qari

Ketika menghafal Al – Quran, maka sering – seringlah untuk mendengarkan bacaan ayat Al – Quran dari seorang qari, apalagi saat ini dengan berkembangnya teknologi, anda bisa mendengarkan bacaan Al – Quran dengan pemutar music atau secara streaming.

  • Gunakan Aplikasi Al – Quran

Saat ini, sudah ada banyak sekali aplikasi – aplikasi yang dapat membantu anda dalam menghafal Al – Quran, sehingga pastikan untuk menginstal aplikasi Al – Quran jika anda lupa membawa mushaf.

  • Baca dan Tambah Hafalan Pada Waktu Terbaik

Waktu terbaik dalam menghafal Al – Quran adalah ketika sepertiga malam terakhir dan setelah shubuh hingga terbit matahari, dan untuk muraja’ah, waktu yang terbaik adalah ketika shalat sunnah dan setelah shalat fardhu

Itulah beberapa hal dan cara yang harus anda perhatikan ketika menghafal Al – Quran. Setiap orang tentu saja memiliki kemampuan hafalan yang berbeda – beda. Bagi seorang pemula, sangat disarankan untuk menghafal Al – Quran ¼ Hingga ½ halaman perharinya, jika anda percaya diri dengan kemampuan hafalan anda, maka anda bisa menambahkannya.

Sebenarnya, masih ada banyak cara dan tips trik menghafal quran yang bisa anda coba, yang jelas, metode diatas merupakan metode yang paling sering digunakan, namun tentu saja jika anda memiliki niatan untuk berubah menjadi lebih baik dan ingin menghafal Al – Quran, maka anda juga bisa menggunakan metode anda sendiri yang bisa memudahkan anda dalam menghafal Al – Quran. Yang jelas, jangan pernah merasa bosan dan malas ketika menghafal Al – Quran. Tidak ada seseorang yang bisa menghafal Al – Quran hanya dalam waktu sehari atau dua hari, karena hal ini membutuhkan perjuangan yang keras, dan jangan lupa untuk berdoa dan meminta ridha Allah agar anda bisa menghafal Al – Quran lebih baik.