Apa Itu Idgham? Gimana Cara Bacanya?

Al Quran ditulis dalam bahasa arab, dan huruf arab atau huruf hijaiyah. Pada bahasa arab itu dan juga pada susunan huruf arab itu, ada aturan khusus tertentu dalam membacanya, yang disebut sebagai hukum tajwid. Salah satu aturan baca pada hukum tajwid tersebut adalah hukum Idgham. Tajwīd atau (تجويد) itu makna secara harafiahnya ialah melakukan sesuatu dengan secara indah atau bagus dan juga membaguskan. Kata Tajwid dalam bahasa arab berasal dari kata Jawwada (جوّد-يجوّد-تجويدا).

Lalu di dalam ilmu Qiraah, atau ilmu membaca Quran secara indah dan benar, maka tajwid memiliki arti sebagai mengeluarkan suatu huruf dari tempatnya sesuai dengan sifat-sifat masing-masing yang ada. Dengan demikian maka ilmu tajwid merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai cara membunyikan ataupun cara mengucapkan huruf-huruf arab yang terdapat dalam kitab suci al Quran maupun di luar Quran juga. Beberapa hal dalam ilmu tajwid tersebut antara lain membahas mengenai makharijul huruf atau tempat keluar-masuk huruf, dan  shifatul huruf atau cara pengucapan huruf, serta ahkamul huruf atau hubungan antar huruf, dan juga ahkamul maddi wal qasr atau panjang dan pendek ucapan, serta ahkamul waqaf wal ibtida’ atau memulai dan menghentikan bacaan, dan juga ada al-Khat al-Utsmani.

Pengertian lainnya dari ilmu tajwid ialah suatu cara untuk menyampaikan dengan sebaik-baiknya dan juga secara sempurna setiap bacaan ayat Al Quran sehingga didengar dan tersampaikan dengan secara benar pelafalannya dan juga indah lantunannya. Para ulama memiliki pendapat bahwa hukum untuk mempelajari ilmu tajwid itu ialah fardhu kifayah namun untuk mengamalkan tajwid ketika pada saat membaca Al-Qur’an maka hal tersebut hukumnya ialaj fardhu air, yakni  wajib hukumnya baik kepada lelaki maupun kepada perempuan yang telah mukalaf ataupun dewasa.

Apa itu Idgham

Idgham (ﺇﺩﻏﺎﻡ) ialah salah satu hukum dalam ilmu tajwid yang berupa berpadu atau bercampurnya antara dua buah huruf atau memasukkannya satu huruf ke dalam huruf yang lainnya. Oleh karenanya maka bacaan idgham harus dilafazkan dengan secara meleburkan suatu huruf dengan huruf setelahnya.

Pengertian Idgham Menurut Bahasa

Dalam ilmu bahasa maka Idgham memiliki arti al-idkholu atau (الْاِدْخَالُ), yang artinya adalah memasukkan.

Pengertian Idgham Menurut Istilah

Sedangkan pengertian idgham menurut istilah ialah suatu pelafalan dari penggabungan dua buah huruf dan lalu memasukkan salah satu hurufnya pada huruf yang lainnya. Pada ilmu tajwid maka idgham terjadi ketika huruf sukun bertemu dengan huruf yang memiliki harokat sehingga menjadi satu huruf bertasyid. Tasyid ialah suatu tanda baca atau harakat yang memiliki bentuk mirip dengan huruf w atau seperti kepala dari huruf hijaiyah sin atau س . Tasyid merupakan satu-satunya simbol dalam ilmu Tajwid yang berfungsi untuk memberi penekanan terhadap konsonan dobel atau yang ganda, atau yang bisa juga disebut sebagai suatu tanda baca yang terjadi karena adanya suatu pertemuan atau pengulangan dari suatu huruf arab atau hurif hijaiyah yang sama. Suatu huruf arab hijaiyah yang bertasyid maka panjang bacaannya ialah 1 alif atau 2 harakat, atau bisa juga dibaca dengan cara yang lebih panjang lagi. Jadi, idgham akan terjadi apabila terdapat huruf nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf idgham yang makharijul hurufnya hampir mendekatinya, sehingga cara membacanya pun lalu menjadi dengan secara disatukan.

Jenis-jenis Idgham

Dalam ilmu tajwid untuk membaca hurif hijaiyah maka terdapat tiga jenis idgham, sebafai berikut.

Idgham Mutamathilain atau (ﺇﺩﻏﺎﻡ ﻣﺘﻤﺎﺛﻠﻴﻦ ) atau yang Serupa

Idgham Mutamathilain adalah pertemuan antara dua buah huruf yang sama sifatnya dan juga sama makhrajnya. Makraj adalah tempat keluarnya. Seperti misalnya huruf dal yang bertemu dengan huruf dal, dan sebagainya, maka hukum cara bacanya adalah adalah wajib untuk diidghamkan. Contohnya seperi pada kata berikut ini  ﻗَﺪ ﺩَﺨَﻠُﻮاْ. Jadi yang dimaksud sebagai Idgham Mutamathilain ialah jika ada huruf hiyaiyyah yang mati yang bertemu dengan huruf hijaiyyah yang sama di lain kalimat, seperti misalnya ta’ mati bertemu ta’ di lain kalimat, dan sebagainya. Namun tidak semua huruf hijaiyyah yang mati yang bertemu dengan huruf hijaiyyah yang sama, di lain kalimat disebut sebagai idgham mutamassilain. Ada 2 huruf yang tidak termasuk idgham mutamassilain sebagai berikut.

Huruf mad thobi’i

Contohnya seperti آمَنُوْا وَعَمِلُوْ ا

Waqof saktah

Contohnya seperti مَا أَغْنَى عَنِّي مَالِيَهْ   

 هَلَكَ

Idgham Mutaqaribain atau (ﺇﺩﻏﺎﻡ ﻣﺘﻘﺎﺭﺑﻴﻦ) atau yang Hampir Mirip atau Berdekatan

Idgham mutaqaribain adalah pertemuan antara dua buah huruf yang sifat dan juga makhrajnya hampir sama, atau berdekatan mahraj dan sifatnya, yakni seperti huruf ba’ yang bertemu dengan huruf mim, dan huruf qaf yang bertemu dengan huruf kaf dan huruf  tha’ yang bertemu dengan huruf dzal. Seperti contohnya ialah  ﻧَﺨْﻠُﻘڪُﻢْ. Memang huruf idgham mutaqaribain ini terdiri atas dua pasang huruf hijaiyah, yakni huruf qof mati yang bertemu dengan huruf kaf dan huruf hijaiyah lam mati yang bertemu dengan huruf ro’ secara langsung bertemu tanpa adanya selingan huruf lainnya di antara keduanya.

Idgham mutajanisain atau (ﺇﺩﻏﺎﻡ ﻣﺘﺠﺎﻧﺴﻴﻦ) atau yang Sejenis

Idgham mutajanisain merupakan pertemuan antara dua buah huruf yang sama makhrajnya namun tidak memiliki sifat yang sama, seperti huruf ta’ dengan huruf tha, dan huruf lam dengan huruf ra’ serta huruf dzal dengan huruf zha. Sebagai contohnya ialah  ﻗُﻞ ﺭَﺏﱢ

Berbagai Huruf Idgham dan Contohnya Dalam Bacaan Ayat Quran

Bacaan idgham yang terjadi ketika bertemunya huruf nun (ن) atau tanwin ( ً-ٍ-ٌ- ) dengan salah satu huruf idgham. Jumlah huruf-huruf idgham seluruhnya ada 6 buah. Huruf-huruf idgham tersebut ialah  ي-ر-م-ل-و-ن  yang lalu supaya bisa lebih mudah dalam mengingatnya maka lalu dikumpulkan menjadi dalam suatu satuan kata yaitu يَرْمَلُوْنَ

Pada huruf hijaiyah ي

Contohnya adalah مَنْ يَقُوْلُ yang artinya adalah  orang yang berkata pada QS Al-Baqarah 2 : 8

Pada huruf hijaiyah ن

Contohnya adalah مِنْ نِعْمَةٍ yang artinya adalah dari nikmat pada QS Al-Lail 92 : 19

Pada huruf hijaiyah م

Contohnya adalah مِنْ مَالِ   

الله yang artinya ialah dari harta Allah pada QS An Nur 24 : 33

dan lain sebagainya.

Macam-macam Idgham

Idgham yang aturannya menjadi bagian dari hukum huruf hijaiyah nun mati dan tanwin bisa dibagi menjadi dua bagian, sebagai berikut.

Idgham Bighunnah

Idgham Bighunnah adalah idgham yang dibaca dengan secara dengung arau ghunnah. Hal ini terjadi pada 4 huruf Hijaiyah sebagai berikut ini, yakni  ي-ن-م-و

Idgham Bilaghunnah

Idgham Bilaghunnah atau bighairi ghunnah, adalah idgham yang dibaca tanpa dengung. Hal ini seperti pada 2 huruf Hijaiyah berikut ini ل dan ر.
Supaya bisa membaca ayat-ayat Al Quran dengan secara benar pelafalannya dan juga agar dapat disampaikan dengan secara baik dan juga dalam lantunan suara yang indah didengar maka perlu mengetahui hukum-hukum tajwid dalam huruf Hijaiyah tersebut, termasuk salah satunya adalah mengenai Idgham tersebut.