Surat Maryam Ayat 23

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ููŽุฃูŽุฌูŽุงู“ุกูŽู‡ูŽุง ูฑู„ู’ู…ูŽุฎูŽุงุถู ุฅูู„ูŽู‰ูฐ ุฌูุฐู’ุนู ูฑู„ู†ู‘ูŽุฎู’ู„ูŽุฉู ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ูŠูŽูฐู„ูŽูŠู’ุชูŽู†ูู‰ ู…ูุชู‘ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ู‡ูŽูฐุฐูŽุง ูˆูŽูƒูู†ุชู ู†ูŽุณู’ูŠู‹ุง ู…ู‘ูŽู†ุณููŠู‘ู‹ุง

Arab-Latin: Fa ajฤ`ahal-makhฤแธu ilฤ jiลผ'in-nakhlah, qฤlat yฤ laitanฤซ mittu qabla hฤลผฤ wa kuntu nas-yam mansiyyฤ

Artinya: Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan".

ยซ Maryam 22 โœต Maryam 24 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Dengan Surat Maryam Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Maryam Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa pelajaran berharga dari ayat ini. Ada beberapa penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan makna surat Maryam ayat 23, di antaranya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Rasa kontraksi untuk melahirkan memaksanya berhenti pada sebatang pohon kurma. Lalu dia berkata, โ€aduhai, alangkah baiknya bila aku mati saja sebelum hari ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak dikenal juga tidak disebut-sebut, serta tidak diketahui siapa aku sebenarnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

23. Kemudian ia pun ditimpa rasa sakit melahirkan, sehingga memaksanya untuk bersandar pada pohon kurma. Maryam berkata, "Duhai, alangkah baiknya bila aku mati sebelum hari ini, dan aku menjadi sesuatu yang dilupakan agar aku tidak disangka berbuat buruk."


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. ููŽุฃูŽุฌูŽุขุกูŽู‡ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽุฎูŽุงุถู (Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia)
Yakni rasa sakit ketika melahirkan.

ุฅูู„ูŽู‰ูฐ ุฌูุฐู’ุนู ุงู„ู†ูŽู‘ุฎู’ู„ูŽุฉู((bersandar) pada pangkal pohon kurma)
Yakni memaksanya untuk menuju ke batang pohon kurma kering, berharap mendapat sesuatu yang dapat digunakan untuk bersandar sebagaimana orang hamil yang bersandar karena rasa sakit saat melahirkan.

ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ูŠูฐู„ูŽูŠู’ุชูŽู†ูู‰ ู…ูุชูู‘ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ู‡ูฐุฐูŽุง(dia berkata: โ€œAduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini)
Maryam berharap kematian karena takut akan dikira telah berbuat keburukan menurut agamanya.

ูˆูŽูƒูู†ุชู ู†ูŽุณู’ูŠู‹ุง ู…ูŽู‘ู†ุณููŠู‹ู‘ุง(dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakanโ€)
Makna (ุงู„ู†ุณูŠ) yakni sesuatu yang remeh yang terlupakan dan tidak menimbulkan kesedihan jika hilang, seperti barang semisal benang atau tali.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

{ ูŠูŽูฐู„ูŽูŠู’ุชูŽู†ูู‰ ู…ูุชู‘ู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ู‡ูŽูฐุฐูŽุง } ""Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini" Kalimat ini diucapkan oleh perempuan shalihah saat sedang merasakan sakit, bahkan ia saja tidak mampu menahan ucapannya itu pada saat-saat susah.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia bersandar pada pangkal pohon kurma, dia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, sebab malu dan takut atas cacian orang-orang. Sehingga aku menjadi orang yang tidak berarti, dan dilupakan"


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Rasa sakit melahirkan} rasa sakit melahirkan {memaksanya} memaksanya {pada pangkal pohon kurma. Dia berkata,โ€œAlangkah sebaiknya aku mati sebelum ini dan menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakanโ€} sesuatu yang diabaikan, tidak dikenal, dan tidak diingat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23. Ketika masa kelahiran sudah deat, rasa sakit menjelang persalinan memaksanya bersandar pada pangkal pohon kurma. Tatkala dia mulai didera rasa sakit (menjelang) melahirkan, perihnya jauh dari makanan dan minuman, pedihnya hatinya karena komentar miring orang banyak, dan mencemaskan kemampuannya untuk bersabar, maka dia berandai-andai, bahwa dia mati sebelum mengalami kejadian ini, hingga menjadi tak berarti lagi dilupakan (oleh manusia), dan tidak disebut-sebut (lagi). Pengandaian itu tertolak dari kondisi yang merisaukan (nya) tadi, padahal tidak ada nilai kebaikan dan kemaslahatan sama sekali baginya saat menginginkan kematian itu. Kebaikan hanya terwujud dengan menghargai apa yang telah terjadi.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 22-23
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang Maryam, bahwa ketika Jibril menyampaikan firmanNya, maka Maryam berserah diri kepada takdir Allah SWT. Banyak ulama salaf menyebutkan bahwa malaikat itu adalah Jibril. Saat itu Jibril melakukan tiupan melalui lengan bajunya, lalu tiupan itu turun ke bagian bawah tubuhnya hingga masuk ke dalam farjinya, lalu Maryam mengandung anak dengan seizin Allah SWT. Setelah Maryam hamil, terasa sempit dadanya, dan dia tidak mengetahui apa yang akan dia katakan kepada orang-orang. Maryam yakin bahwa orang-orang tidak akan mempercayainya dalam apa yang dia beritahukan kepada mereka. Maryam hanya menceritakan rahasianya kepada saudara perempuannya yang menjadi istri nabi Zakaria, dan dalam hal itu nabi Zakaria telah meminta seorang anak kepada Allah, lalu Allah mengabulkannya sehingga istrinya hamil.
(Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh (22) Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma) sekalipun huruf โ€œfaโ€™โ€ menunjukkan makna urutan, tetapi urutannya disesuaikan dengan kebiasaan yang berlaku. Sebagaimana firman Allah SWT: (Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati dari tanah (12) Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim) (13) Kemudian air mani itu Kami jadikan sesuatu yang menempel, lalu sesuatu yang menempel itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang) (Surah Al-Muโ€™minun: 12-14) Huruf โ€œfaโ€™โ€ ini juga bermakna urutan, dan berdasarkan kebiasaan yang berlaku.
Disebutkan dalam hadits shahih Bukhari Muslim, bahwa di antara kedua gambaran itu ada empat puluh hari. Dan Allah SWT berfirman: (Apakah kamu tidak melihat bahwasanya Allah menurunkan air dari langit, lalu jadilah bumi itu hijau?) (Surah Al-Hajj: 63) Pendapat terkenal yang tampak (Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu) adalah bahwa Maryam mengandung nabi Isa seperti biasa wanita mengandung anak-anaknya.
Firman Allah: (Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma) yaitu memaksanya untuk bersandar pada pangkal pohon kurma di tempat pengasingannya.
Qatadah berkata tentang firmanNya: (dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti lagi dilupakan) yaitu sesuatu yang tidak dikenal, tidak disebut, dan tidak diketahui siapakah aku.
Ar-Rabi' bin Anas berkata tentang firmanNya: (dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti lagi dilupakan) yaitu keguguran.
Ibnu Zaid berkata.โ€Aku tidak ada sama sekaliโ€


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Maryam ayat 23: Maryam merasakan rasa sakit melahirkan, rasa lapar tidak ada makanan dan minuman, ditambah rasa sakit hatinya terhadap kata-kata dan tuduhan manusia terhadapnya serta khawatir tidak mampu bersabar, akhirnya Maryam mengucapkan kata-kata di atas.

Ucapan pengandaian di atas didasari terhadap hal yang dikhawatirkannya itu, namun sesungguhnya pengandaian ini tidak ada kebaikan dan maslahatnya, bahkan kebaikan dan maslahat terdapat pada taqdir yang akan terjadi itu. Ketika itulah, malaikat menenteramkan hatinya, menenangkan kegelisahannya dan memanggilnya dari tempat yang rendah sebagaimana diterangkan dalam ayat selanjutnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Maryam Ayat 23

Setelah beberapa lama tinggal di tempatnya yang baru, kemudian maryam mulai merasakan rasa sakit akibat kontraksi yang menjadi pertanda dia akan melahirkan. Keadaan ini memaksanya bersandar pada pangkal pohon kurma. Ketika itu, dia membayangkan cemoohan orangorang di sekelilingnya saat mereka tahu dia melahirkan anak tanpa suami. Dia berkata, 'wahai, betapa baiknya bila aku mati sebelum kehamilanku ini dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan selamanya. '24. Keluhan maryam terdengar oleh jibril. Selang beberapa lama kemudian maryam pun melahirkan. Maka dia, yaitu jibril, berseru kepadanya dari tempat yang rendah, 'wahai maryam, janganlah engkau bersedih hati karena kondisimu ini. Sesungguhnya tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu agar kamu dapat membersihkan diri setelah melahirkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjabaran dari kalangan pakar tafsir berkaitan kandungan dan arti surat Maryam ayat 23 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk kita. Bantulah perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Tersering Dibaca

Tersedia berbagai materi yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Kahfi, Al-Baqarah, Al-Mulk, Shad 54, Asmaul Husna, Al-Ikhlas. Termasuk Do’a Sholat Dhuha, Al-Waqi’ah, Al-Kautsar, Ayat Kursi, Yasin, Ar-Rahman.

  1. Al-Kahfi
  2. Al-Baqarah
  3. Al-Mulk
  4. Shad 54
  5. Asmaul Husna
  6. Al-Ikhlas
  7. Do’a Sholat Dhuha
  8. Al-Waqi’ah
  9. Al-Kautsar
  10. Ayat Kursi
  11. Yasin
  12. Ar-Rahman

Pencarian: al baqarah ayat 152, teks surat ar rahman, kullu nafsin dzaiqotul maut, surat al nashr, ihdinas sirotol mustaqim

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: