Surat Al-Kahfi Ayat 80

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ูฑู„ู’ุบูู„ูŽูฐู…ู ููŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุจูŽูˆูŽุงู‡ู ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽูŠู’ู†ู ููŽุฎูŽุดููŠู†ูŽุงู“ ุฃูŽู† ูŠูุฑู’ู‡ูู‚ูŽู‡ูู…ูŽุง ุทูุบู’ูŠูŽูฐู†ู‹ุง ูˆูŽูƒููู’ุฑู‹ุง

Arab-Latin: Wa ammal-gulฤmu fa kฤna abawฤhu mu`minaini fa khasyฤซnฤ ay yur-hiqahumฤ แนญugyฤnaw wa kufrฤ

Artinya: Dan adapun anak muda itu, maka keduanya adalah orang-orang mukmin, dan kami khawatir bahwa dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran.

ยซ Al-Kahfi 79 โœต Al-Kahfi 81 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Surat Al-Kahfi Ayat 80

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Kahfi Ayat 80 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah menarik dari ayat ini. Didapatkan variasi penafsiran dari banyak pakar tafsir berkaitan kandungan surat Al-Kahfi ayat 80, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Adapun anak kecil yang aku bunuh, dia dala pengetahuan Allah akan menjadi seorang manusia kafir, sedang ayah ibunya adalah orang-orang mukmin, maka kami khawatir bila anak itu tetap hidup, maka dia akan menyeret orang tuanya ke dalam kekafiran dan tindakan melampaui batas, lantaran didorong oleh rasa cinta mereka kepadanya atau karena kebutuuhan mereka kepadanya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

80-81. Sedangkan anak yang aku bunuh itu adalah anak yang kafir, sedangkan kedua orangtuanya beriman, kami takut rasa cinta kepadanya akan membuat kedua orangtuanya itu mengikuti agamanya; sehingga dengan membunuhnya kami berharap Allah akan mengaruniakan mereka berdua anak yang shalih yang lebih baik daripada anak itu dan berbakti kepada kedua orang tuanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

80. Adapun anak muda yang engkau ingkari perbuatanku ketika membunuhnya, maka kedua orangtuanya adalah mukmin, sedangkan ia adalah kafir menurut ilmu Allah, maka kamipun khawatir jika dewasa kelak ia akan memaksa kedua orangtuanya untuk kafir dan durhaka kepada Allah lantaran kecintaan keduanya yang sangat besar terhadap dirinya, atau lantaran besarnya harapan keduanya terhadap dirinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

80. ูˆูŽุฃูŽู…ูŽู‘ุง ุงู„ู’ุบูู„ูฐู…ู (Dan adapun anak muda itu)
Yakni anak muda yang dia bunuh.

ููŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุจูŽูˆูŽุงู‡ู ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽูŠู’ู†ู(maka keduanya adalah orang-orang mukmin)
Sedangkan anak itu bukanlah termasuk orang yang mukmin.

ููŽุฎูŽุดููŠู†ูŽุข ุฃูŽู† ูŠูุฑู’ู‡ูู‚ูŽู‡ูู…ูŽุง (dan kami khawatir bahwa dia akan menjerumuskan kedua orang tuanya)
Terdapat pendapat mengatakan Khidhir mengetahui hal tersebut dari Allah bahwa anak itu telah ditakdirkan menjadi orang kafir, dan kelak kekafirannya dapat menyebabkan kekafiran kedua orangtuanya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

79-82

1 ). Mutharrif bin Abdullah berkata tentang ayat ini : { ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ูฑู„ู’ุบูู„ูŽูฐู…ู ููŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุจูŽูˆูŽุงู‡ู ู…ูุคู’ู…ูู†ูŽูŠู’ู†ู ููŽุฎูŽุดููŠู†ูŽุงู“ ุฃูŽู† ูŠูุฑู’ู‡ูู‚ูŽู‡ูู…ูŽุง ุทูุบู’ูŠูŽูฐู†ู‹ุง ูˆูŽูƒููู’ุฑู‹ุง } "Dan adapun anak muda itu, maka keduanya adalah orang-orang mukmin, dan kami khawatir bahwa dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran" : sesungguhnya kami mengetahui bahwa kedua ayah-ibunya begitu bahagia pada hari kelahiran anaknya, dan begitu bersedih tatkala mengatahui anaknya dibunuh, namun jika ia tetap hidup ditakutkan kebinasaan akan berpihak kepada ayah-ibunya, maka hendaklah setiap orang menerima segala ketentuan yang telah diporsikan oleh Allah untuknya; karena sesungguhnya ketetapan Allah itu lebih baik dari apa dikehendaki oleh hamba-Nya, dan ketetapan Allah untuk dirimu namun kamu membencinya itu lebih baik daripada apa yang kamu sukai.

2 ). Faidah yang dapat diambil dari firman Allah : { ููŽุฎูŽุดููŠู†ูŽุงู“ ุฃูŽู† ูŠูุฑู’ู‡ูู‚ูŽู‡ูู…ูŽุง ุทูุบู’ูŠูŽูฐู†ู‹ุง ูˆูŽูƒููู’ุฑู‹ุง } bahwa musibah kematian seorang anak hakikatnya adalah musibah yang biasa, sekalipun mereka benar-benar dari darah daging sendiri, dan barangsiapa yang berserah diri kepada ketetapan sang pencipta niscaya kesedihannya akan segera pulih.

3 ). Perhatikan perbedaan ucapan Khidr tatkala ia menenggelamkan kapal : { ููŽุฃูŽุฑูŽุฏุชู‘ู ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽุนููŠุจูŽู‡ูŽุง } "dan aku bertujuan merusakkan bahtera itu" dan ketika membunuh seorang anak beliau berkata : { ููŽุฃูŽุฑูŽุฏู’ู†ูŽุงู“ ุฃูŽู† ูŠูุจู’ุฏูู„ูŽู‡ูู…ูŽุง ุฑูŽุจู‘ูู‡ูู…ูŽุง } "Dan kami menghendaki, supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka" dan ketika mendirikan bangunan yang rusak beliau mengatakan : { ููŽุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุฃูŽู† ูŠูŽุจู’ู„ูุบูŽุงู“ ุฃูŽุดูุฏู‘ูŽู‡ูู…ูŽุง } "maka Tuhanmu menghendaki agar supaya mereka sampai kepada kedewasaannya" pertanyaannya kenapa Khidr mengganti penisbatan pelaku disetiap kejadian itu? tatkala ia bermaksud kepada kerusakan kapal mengatakan : "dan aku bertujuan"; ia menisbatkan pengrusakan kepada dirinya sendiri tidak kepada Allah sebagai adab kepada-Nya, dan tatkala pembunuhan seorang anak ia berkata : "Dan kami menghendaki" dengan konteks jamak; mengingatkan bahwa perbuatan itu merupakan perintah Allah sendiri, dan pastinya ada hikmah dibaliknya, dan ketika bermaksud kepada kemaslahatan dua anak yatim ia menisbatkan kepada Allah "maka Tuhanmu menghendaki" ia menisbatkan kenikmatan kepada Allah.

4 ). Firman Allah : { ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุฃูŽุจููˆู‡ูู…ูŽุง ุตูŽูฐู„ูุญู‹ุง } "sedang ayahnya adalah seorang yang saleh" terdapat beberapa faidah, diantaranya : bahwasanya seorang hamba yang shalih senantiasa dijaga oleh Allah dari dirinya sendiri sampai kepada keturunannya dan orang-orang yang selalu bersama dengannya, faidah lainnya adalah bahwasanya membantu orang-orang shalih untuk kemaslahatan mereka lebih utama daripada orang lain.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

80. Adapun anak muda kafir yang aku bunuh itu, kedua orang tuanya adalah orang mukmin, aku khawatir bahwa dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran. Sebab keduanya sangat mencintai anak itu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Adapun anak itu, kedua orang tuanya mukmin dan kami khawatir kalau dia akan memaksa kedua orang tuanya untuk durhaka dan kufur} Kami takut kalau dia tetap hidup maka kecintaan kedua orang tuanya akan membawa mereka untuk mengikuti agama anaknya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

80. โ€œDan adapun anak itu,โ€ yang aku bunuh โ€œmaka kedua orang tuanya adalah orang-orang Mukmin, lalu kami khawatir bahwa dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekufuran.โ€ Anak lelaki itu telah ditakdirkan, jika menginjak dewasa (kelak) akan memaksa kedua orang tuanya kepada kesesatan dan kekufuran. Maksudnya, menyeret mereka kepada tindakan kesesatan dan kekufuran, baik lantaran kecintaan mereka kepadanya atau ketergantungan mereka kepadanya, maupun lantaran dia memaksa mereka berbuat demikian. Maka aku pun membunuhnya, sebab aku mengetahui (kesudahan) anak itu, demi keselamatan agama dua orang tuanya yang beriman. Apakah ada manfaat yang lebih besar daripada kebaikan yang besar ini.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 80-81
Diriwayatkan dari Ubay bin Ka'b, dari Nabi SAW, beliau bersabda,โ€Anak yang dibunuh oleh nabi Khidhir telah ditetapkan sejak penciptaannya sebagai orang kafirโ€. Oleh karena itu Allah berfirman: (maka kedua orang tuanya adalah orang-orang mukmin, dan kami khawatir bahwa dia akan mendorong kedua orang tuanya itu kepada kesesatan dan kekafiran) yaitu kecintaan kepadanya akan membawa keduanya mengikuti kekafiran anak itu.
Firman Allah: (Dan Kami menghendaki supaya Tuhan mereka mengganti bagi mereka dengan anak lain yang lebih baik kesuciannya daripada anaknya itu dan lebih dalam kasih sayangnya (kepada ibu bapaknya) (81)) yaitu anak yang lebih bersih daripadanya, dan keduanya lebih sayang kepadanya daripada anak itu.
Qatadah berkata bahwa anak itu lebih berbakti kepada kedua orang tuanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Kahfi ayat 80: Yakni maka aku membunuhnya untuk menyelamatkan agama ibu bapaknya. Imam Muslim meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, dari Ubay bin Kaโ€™ab, ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

ยซ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุบูู„ุงูŽู…ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ ู‚ูŽุชูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ุฎูŽุถูุฑู ุทูุจูุนูŽ ูƒูŽุงููุฑู‹ุง ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุนูŽุงุดูŽ ู„ุฃูŽุฑู’ู‡ูŽู‚ูŽ ุฃูŽุจูŽูˆูŽูŠู’ู‡ู ุทูุบู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽูƒููู’ุฑู‹ุง ยป .

โ€œSesungguhnya anak yang dibunuh oleh Khadhir sudah dicap sebagai orang kafir. Jika ia tetap hidup, maka ia akan memaksa kedua orang tuanya kepada kesesatan dan kekafiran.โ€

Yang demikian karena kecintaan yang dalam dari orang tua kepadanya, sehingga mau menuruti keinginan anaknya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Kahfi Ayat 80

Dan adapun anak yang aku bunuh itu adalah putra dari kedua orang tua mukmin yang kuat dan teguh imannya, dan kami khawatir kalau dia akan memaksa kedua orang tuanya kepada kesesatan dan kekafiran, lalu keduanya tidak kuasa menolak paksaan anaknya itu karena besarnya kasih sayang mereka kepadanya. 81. Dengan membunuhnya, maka kami, yaitu Allah dan aku dengan berbekal petunjuk dari nya, menghendaki kiranya tuhan mereka, dengan kehendak dan takdir-Nya, menggantinya dengan anak lain yang lebih baik sifat, perilaku, dan kesuciannya daripada anak yang telah aku bunuh itu dan lebih sayang kepada ibu bapaknya. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah bermacam penafsiran dari para ulama tafsir terkait kandungan dan arti surat Al-Kahfi ayat 80 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita bersama. Dukung dakwah kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dibaca

Tersedia banyak halaman yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Yunus 41, Yasin 40, Assalaamualaikum, Al-Fatihah 1, Ali ‘Imran 104, Al-Baqarah 284-286. Ada juga Al-Fatihah 7, Al-Fatihah 2, Al-A’raf, Al-Baqarah 216, Ali ‘Imran 191, Luqman 13-14.

  1. Yunus 41
  2. Yasin 40
  3. Assalaamualaikum
  4. Al-Fatihah 1
  5. Ali ‘Imran 104
  6. Al-Baqarah 284-286
  7. Al-Fatihah 7
  8. Al-Fatihah 2
  9. Al-A’raf
  10. Al-Baqarah 216
  11. Ali ‘Imran 191
  12. Luqman 13-14

Pencarian: alhaqqah, dan nikmat tuhan mana lagi yang kau dustakan, surah ay yusuf ayat 4, qs al-isra ayat 32, qs al anfal ayat 2

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: