Surat Al-Isra Ayat 69

أَمْ أَمِنتُمْ أَن يُعِيدَكُمْ فِيهِ تَارَةً أُخْرَىٰ فَيُرْسِلَ عَلَيْكُمْ قَاصِفًا مِّنَ ٱلرِّيحِ فَيُغْرِقَكُم بِمَا كَفَرْتُمْ ۙ ثُمَّ لَا تَجِدُوا۟ لَكُمْ عَلَيْنَا بِهِۦ تَبِيعًا

Arab-Latin: Am amintum ay yu'īdakum fīhi tāratan ukhrā fa yursila 'alaikum qāṣifam minar-rīḥi fa yugriqakum bimā kafartum ṡumma lā tajidụ lakum 'alainā bihī tabī'ā

Artinya: Atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi, lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami.

« Al-Isra 68Al-Isra 70 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Tentang Surat Al-Isra Ayat 69

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 69 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir menarik dari ayat ini. Ada kumpulan penjabaran dari berbagai mufassirun berkaitan makna surat Al-Isra ayat 69, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Ataukah apakah kalian (wahai sekalian manusia), merasa aman terhadap tuhan kalian, sedang kalian telah ingkar kepadaNya, dari mengembalikan kalian ke laut sekali lagi, lalu Dia mengirim angin kencang yang meluluhkan segala yang ia lewati. Lalu Dia menenggelamkan kalian gara-gara kekafiran kalian, kemudian kalianpun tidak mendapati pertanggung jawaban dan tuntutan terhadap kami; karena sesungguhnya Allah tidak pernah menzhalimi kalian sebesar biji dzarrah sekalipun?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

69. Atau apakah kalian merasa aman bahwa Allah tidak akan mengembalikan ke lautan sekali lagi, lalu Dia mengirimkan angin topan kepada kalian, lalu Dia menenggelamkan kalian lantaran kafirnya kalian terhadap nikmat Allah tatkala menyelamatkan kalian pertama kali? Kemudian kalian tidak akan mendapatkan seorang penolongpun yang bisa menuntut apa yang Kami lakukan atas kalian.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

69. أَمْ أَمِنتُمْ أَن يُعِيدَكُمْ فِيهِ تَارَةً أُخْرَىٰ (atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi)
Yakni karena menguatnya kebutuhan kalian untuk kembali melaut.

فَيُرْسِلَ عَلَيْكُمْ قَاصِفًا مِّنَ الرِّيحِ(lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan)
Makna (القاصف) yakni angin kencang yang memiliki suara kencang.

فَيُغْرِقَكُم بِمَا كَفَرْتُمْ ۙ( dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu)
Yakni akibat kekafiran kalian.

ثُمَّ لَا تَجِدُوا۟ لَكُمْ عَلَيْنَا بِهِۦ تَبِيعًا(Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami)
Yakni pembela yang menuntut Kami atas apa yang Kami lakukan terhadap kalian, sehingga ia dapat membalas dendam kepada Kami untuk kalian.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

69. Ataukah kalian lebih merasa aman jika Dia mengembalikan kalian di laut lagi untuk tujuan ditenggelamkan atau diterbangkan, lalu Allah mengutus untuk kalian angin kencang yang memporak-porandakan bahtera, yaitu merusak dan menghancurkannya, lalu menenggelamkan kalian akibat kekufuran kalian, sedangkan kalian tidak mendapati penolong bagi kalian atas pembalasan yang kami berikan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Ataukah kalian merasa aman dari (hukumanNya) yang akan mengembalikan kalian ke laut} ke laut {sekali lagi} sekali lagi {lalu mengirimkan kepada kalian angin topan} angin yang sangat lebat {dan menenggelamkan kalian karena kekufuran kalian, kemudian kalian tidak akan mendapati seorang penolong dalam hal ini terhadap Kami} seorang dimintai tolong untuk menghadapi Kami


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

68-69. Oleh karenanya, Allah mengingatkan mereka dengan FirmanNya, "Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Allah) yang menjungkirbalikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil?” maksudnya Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, apabila Dia menghendaki, niscaya akan menurunkan azab kepadamu dari arah bawah dengan mengjungkirbalikkan kalian, atau dari atas, dengan meniupkan angin keras yang menerbangkan kerikil. Itu adalah azab yang mengenai mereka secara merata dengan batu-batu kerikil sehingga mereka menjadi orang-orang yang binasa. Maka janganlah kamu menyangka bahwa kebinasaan hanya terjadi di lautan belaka.
Apabila kamu berpandangan demikian, maka apakah kamu merasa aman dari “dikembalikanNya kamu,” ke lautan “sekali lagi lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan,” yaitu angin kencang yang menghancurkan segala sesuatu yang mendatanginya, “dan di tenggelamkanNya kamu disebabkan kekafiranmu. Kemudian kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami,” yaitu tempat meminta pertolongan. Sesungguhnya Allah tidak akan menzhalimi kalian meskipun seberat biji sawi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman, (Apakah kalian merasa aman) wahai orang-orang yang berpaling, sesudah kalian mengakui keesaan Kami di lautan dan diselamatkan di daratan. (Apakah kalian merasa aman bila Aku mengembalikan kalia)n ke lautan untuk kedua kalinya, (lalu Aku kirim­kan kepada kalian badai) yang dapat membalikkan perahu kalian dan menenggelamkan semua yang menaikinya?"
Ibnu Abbas dan lainnya berkata bahwa “al-qashif” adalah badai laut yang dapat mematahkan dan menenggelamkan­ perahu.
Firman Allah: (dan ditenggelamkan-Nya kalian disebabkan kekafiran kalian) yaitu, disebabkan kekafiran dan keberpalingan kalian dari Allah SWT
Firman Allah: (Dan kalian tidak akan mendapat seorang penolong pun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami) Ibnu Abbas berkata, bahwa yang dimaksud adalah penolong.
Mujahid berkata bahwa yang dimaksud adalah penolong yang membalas, yakni membalas dendam kalian sesudah kalian ada.
Qatadah berkata bahwa yang dimaksud adalah Kami tidak takut terha­dap seorang pun yang membela kalian sesudah Kami menimpakan hal itu


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 69: Dengan berlayar di lautan. Bahkan hal itu mungkin.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 69

Ataukah kamu merasa aman bahwa dia suatu waktu dengan kehendak dan kekuasaan-Nya akan mengembalikan kamu ke laut sekali lagi, lalu setelah kamu berada di tengah lautan, dia tiupkan angin topan kepada kamu dan ditenggelamkan-Nya kamu di tengah lautan atau di tempat kamu diselamatkan dahulu disebabkan kekafiranmu' kemudian walaupun kamu berusaha dengan mengerahkan segenap kemampuanmu, kamu tidak akan mendapatkan seorang penuntut pun yang dapat menuntut balas atau menolong kamu dalam menghadapi siksaan kami. Dan sungguh, kami telah memuliakan anak cucu adam, yaitu golongan manusia pada umumnya dengan tubuh yang bagus, kemampuan berpikir, kebebasan berkehendak, dan ilmu pengetahuan, dan kami angkut mereka di darat dengan kendaraan seperti onta atau lainnya, dan di laut, dengan kapal, dan kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik, berupa minuman dan makanan yang lezat rasanya, dan kami lebihkan keutamaan mereka di atas banyak makhluk yang kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjabaran dari berbagai ulama tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-Isra ayat 69 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk ummat. Bantu syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Terbanyak Dikaji

Telaah banyak topik yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: ‘Abasa, Yasin 9, Al-Hujurat 10, Maryam, An-Naas, Al-Lail. Ada juga Al-Fatihah 6, Luqman 13, At-Taubah 40, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Ma’idah 32, Al-Baqarah 285-286.

  1. ‘Abasa
  2. Yasin 9
  3. Al-Hujurat 10
  4. Maryam
  5. An-Naas
  6. Al-Lail
  7. Al-Fatihah 6
  8. Luqman 13
  9. At-Taubah 40
  10. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  11. Al-Ma’idah 32
  12. Al-Baqarah 285-286

Pencarian: al baqarah ayat 275 dan artinya, amana rasulu bima unzila ilaihi mir rabbihi, surat 15 dan faedahnya, al maidah ayat 90 91, innallaha ya'muru bil adli wal ihsan

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: