Daftar Isi > Al-Isra > Al-Isra 41

Surat Al-Isra Ayat 41

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِى هَٰذَا ٱلْقُرْءَانِ لِيَذَّكَّرُوا۟ وَمَا يَزِيدُهُمْ إِلَّا نُفُورًا

Arab-Latin: Wa laqad ṣarrafnā fī hāżal-qur`āni liyażżakkarụ, wa mā yazīduhum illā nufụrā

Artinya: Dan sesungguhnya dalam Al Quran ini Kami telah ulang-ulangi (peringatan-peringatan), agar mereka selalu ingat. Dan ulangan peringatan itu tidak lain hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran).

« Al-Isra 40Al-Isra 42 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Isra Ayat 41

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Isra Ayat 41 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdapat variasi penafsiran dari kalangan pakar tafsir terhadap isi surat Al-Isra ayat 41, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sungguh kami telah menerangkan dan kami variasikan dalam al-qur’an ini jenis-jenis hukum, bentuk-bentuk perumpamaan dan macam-macan nasihat, saupaya manusia dapat mengambil pelajaran dan merenungi hal-hal yang memberi mereka manfaaat dan kemudian mereka mengambilnya, dan hal-hal yang membahayakan mereka kemudian mereka tinggalkan. Dan tidaklah keterangan dan penjelasan itu menambah orang-orang zhalim kecuali kian jauh dari kebenaran dan kelalaian dari berfikir dan memetik pelajaran.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

41. Dan sungguh, dalam Al-Qur`ān ini telah Kami jelaskan berulang-ulang tentang hukum-hukum, mauizah, dan berbagai perumpamaan agar manusia mengambilnya sebagai peringatan, sehingga mereka bisa mengerjakan apa yang mendatangkan manfaat, dan menjauhi apa yang memberikan mudarat, akan tetapi kenyataannya sebagian mereka adalah orang-orang yang sifat fitrah mereka telah berubah, yang dengannya mereka hanya semakin bertambah jauh dari kebenaran dan semakin membencinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

41. Sungguh Kami telah menjelaskan dengan terperinci kepada jin dan manusia berbagai penjelasan dalam al-Qur’an, agar mereka dapat mendapatkan bukti-bukti sehingga mereka dapat beriman. Akan tetapi penjelasan tersebut hanya menambah kejauhan orang-orang zalim dari kebenaran dan kebaikan.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

41. وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِى هٰذَا الْقُرْءَانِ (Dan sesungguhnya dalam Al Quran ini Kami telah ulang-ulangi)
Yakni Kami tela menjelaskan dalam al-Qur’an dengan berbagai macam cara penyampaian seperti dengan perumpamaan-perumpamaan dan lain sebagainya, atau Kami ulang-ulang perkataan itu.

لِيَذَّكَّرُوا۟ (agar mereka selalu ingat)
Yakni agar mereka mengambil pelajaran dan mentadabburi dan memikirkannya dengan akal mereka sehingga mereka berhenti dari perkataan bathil mereka.

وَمَا يَزِيدُهُمْ إِلَّا نُفُورًا (Dan ulangan peringatan itu tidak lain hanyalah menambah mereka lari)
Yakni membuat mereka semakin jauh dari kebenaran dan semakin lalai dari memikirkan kebenaran.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

41. Dan sungguh Kami telah memberikan berbagai penjelasan dalam Al-Qur’an ini berupa perumpamaan, janji, dan ancaman supaya mereka mengambil pelajaran dan mengingat. Namun hal itu tidak lain hanya menambah kebencian mereka dan bertambah jauh dari kebenaran.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sungguh Kami telah menjelaskan} menjelaskan {dalam Al-Qur’an ini agar mereka selalu ingat} agar mereka mengambil pelajaran {Akan tetapi itu tidak menambah (apa pun) kepada mereka, kecuali lari} menjauh dari kebenaran


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

41. Allah mengabarkan bahwasanya Dia telah mengulang-ulang (peringatan) dalam al-Quran. Maksudnya, Dia telah memvariasikan hukum-hukum dan menjelaskannya, memperbanyak kuantitas dalil dan bukti-bukti nyata untuk risalah yang Allah serukan. Dia terus mewanti-wanti dan memperingatkan supaya mereka mengingat-ngingat hal-hal yang bermanfaat sehingga mereka mengerjakannya, dan mengingatkan sesuatu yang membahayakan sehingga dihindari. Akan tetapi, kebanyakan manusia enggan (menerima peringatan) “melainkan (menambah) mereka lari,” dari ayat-ayat Allah, karena kebencian mereka terhadap kebenaran dan kecintaan mereka terhadap kebatilan yang mereka gelayuti (sebelumnya), sampai mengakibatkan mereka fanatic buta terhadap kebatilan mereka, tidak sudi mendengar ayat-ayat Allah, dan tidak pula memberikan perhatian kepadanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Isra ayat 41: Demikian pula perintah dan larangan, hukum-hukum, perumpamaan, kisah, bukti, janji dan ancaman, nasehat, dsb.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Isra Ayat 41

Dan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah kami jelaskan berulang-ulang peringatan dengan beraneka macam perupamaan, janji, dan ancaman agar mereka selalu ingat dan mengambil pelajaran. Tetapi peringatan yang berulang-ulang itu tidak lain hanyalah menambah mereka lari semakin jauh dari kebenaran. Katakanlah wahai nabi Muhammad kepada kaum musyrik, jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, dan mustahil adanya yang demikian itu sebagaimana yang mereka katakan, dan mereka percaya, niscaya tuhan-tuhan itu mencari jalan kepada tuhan yang mempunyai 'arsy, untuk menyaingi, mengalahkan, atau berbagi kekuasaan dengan-Nya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian beragam penjabaran dari beragam ulama tafsir mengenai makna dan arti surat Al-Isra ayat 41 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk kita semua. Sokong usaha kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: