Surat Al-Hijr Ayat 70

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

قَالُوٓا۟ أَوَلَمْ نَنْهَكَ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Qālū a wa lam nan-haka 'anil-'ālamīn

Artinya: Mereka berkata: "Dan bukankah kami telah melarangmu dari (melindungi) manusia?"

« Al-Hijr 69Al-Hijr 71 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Tentang Surat Al-Hijr Ayat 70

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 70 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam hikmah berharga dari ayat ini. Diketemukan beragam penjabaran dari banyak mufassir terkait kandungan surat Al-Hijr ayat 70, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kaumnya berkata, “Bukankah kami telah melarangmu untuk menerima tamu siapa pun dari manusia (dan mereka kadang menghadang orang-orang musafir di tengah jalan), karena kami berhasrat berbuat keji dengan mereka.?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

70. Para pelaku maksiat itu berkata: “Bukankah kami telah melarangmu untuk menerima tamu siapapun itu, lalu sekarang kamu melarang kami melakukan apa yang kami mau?”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

70. Maka kaumnya menjawab, “Bukankah kami telah melarangmu menerima seorang tamu pun?”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

70. قَالُوٓا۟ أَوَلَمْ نَنْهَكَ عَنِ الْعٰلَمِينَ (Mereka berkata: “Dan bukankah kami telah melarangmu dari (melindungi) manusia?”)
Bukankah kami telah mimintamu agar tidak berbicara kepada kami dalam urusan seseorang jika kami ingin berbuat kekejian dengannya.
Pendapat lain mengatakan mereka melarangnya untuk melindungi orang-orang.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

70. Mereka kaum Luth berkata: “Bukankah kami telah melarangmu untuk berbicara dengan manusia jika mereka sedang ber-syahwat?” Mereka selalu keras kepada orang asing, sehingga Luth melarang mereka berbuat demikian


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Mereka berkata,“Bukankah kami telah melarangmu dari (menerima) manusia} agar tidak ada satupun orang yang bertamu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


70. Maka “mereka berkata” untuk menjawab perkataan luth yang berbunyi, ”dan janganlah kalian membuat aku terhina” ini saja (permintaanku)” dan bukankah kami telah melarangmu dari (melindungi)manusia?” menerima mereka sebagai tamu. padahal kami telah memperingatkan engkau, dan barangsiapa yang memperingatkan, maka sungguh ia sudah memberikan toleransi.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 67-72
Allah SWT memberitahukan tentang kedatangan kaum nabi Luth kepadanya ketika mereka mengetahui tamu-tamunya yang berwajah tampan, dan mereka datang kepada nabi Luth dengan perasaan yang sangat gembira karena tamu-tamunya itu (Luth berkata, "Sesungguhnya mereka adalah tamuku; maka janganlah kalian memberi malu (kepadaku) (68) dan bertakwalah kepada Allah dan janganlah kalian membuat aku terhina” (69)) Hal ini dikatakan oleh nabi Luth sebelum dia mengetahui bahwa tamu-tamunya itu adalah utusan Allah, sebagaimana Allah SWT berfirman dalam konteks surah Hud. Adapun di sini penyebutan bahwa mereka adalah utusan-utusan Allah didahulukan, lalu Dia menghubungkan dengan penyebutan kedatangan kaumnya dan bantahannya kepada kaumnya. Akan tetapi, huruf “wawu” tidak menunjukkan pengertian tertib, terlebih lagi jika ada dalil yang menunjukkan kebalikannya. Lalu mereka berkata kepadanya sebagai jawaban mereka: (Dan bukankah kami telah melarangmu dari (melindungi) manusia?) yaitu, kami tidak melarangmu menerima seorang tamu pun. Lalu nabi Luth memberikan petunjuk kepada mereka kepada wanita-wanita mereka. Tuhan mereka menjadikan untuk mereka apa yang ada pada kaum wanita berupa farji yang diperbolehkan. Telah disebutkan pembahasan hal itu dengan penjelasan tentang itu sehingga tidak butuh diulangi lagi. Semua ini terjadi, dan mereka dalam keadaan lengah dari apa yang ditimpakan dan meliputi mereka berupa ujian, dan apa yang akan ditimpakan kepada mereka di pagi harinya berupa azab yang menetap. Oleh karena itu Allah SWT berfirman kepada nabi Muhammad SAW: (Demi umurmu (Muhammad), sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesesatan) (72)) Allah SWT bersumpah dengan menyebut kehidupan Nabi SAW dan dalam hal ini terdapat penghormatan yang besar dan kedudukan yang tinggi bagi beliau.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, dia berkata,"Allah tidak menciptakan dan menjadikan makhluk yang lebih mulia daripada nabi Muhammad SAW, dan aku belum pernah mendengar Allah bersumpah dengan menyebut kehidupan seseorang selain beliau" Allah SWT berfirman: (Demi umurmu (Muhammad), sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesesatan). (72)) dia berkata yaitu demi hidup dan usiamu, dan keberadaanmu di dunia (Sesungguhnya mereka terombang-ambing dalam kemabukan (kesesatan))
Qatadah berkata tentang firmanNya, (kemabukan mereka) yaitu dalam kesesatan mereka (mereka terombang-ambing) yaitu bermain-main.
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya, (demi hidupmu) kehidupanmu (Sesungguhnya mereka terombang-ambing dalam kemabukan (kesesatan)) dia berkata yaitu terombang-ambing.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata: (أَوَ لَمۡ نَنۡهَكَ عَنِ ٱلۡعَٰلَمِينَ) awalam nanhaka ‘anil ‘aalamiin : “Bukankah kami telah melarangmu dari melindungi manusia?” dari melindungi dan menjamu mereka.

Makna ayat: Lalu mereka berkata sebagaimana yang Allah firmankan, “mereka berkata, bukankah kami sudah melarangmu dari (melindungi) manusia?” apakah engkau mengucapkan perkataanmu tadi, dan engkau tidak ingat bahwa kami telah melarangmu untuk menjamu seorang pun dan melindunginya?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 70: Mereka ingin berbuat homosexual dengan tamu-tamu itu dan pernah mengancam Luth, agar tidak menghalangi mereka dari berbuat demikian.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 70

Nasihat nabi lut tidak membuat para pendurhaka itu mengurungkan niat. Dengan angkuh dan sombong mereka berkata, dan bukankah kami sejak awal telah melarangmu, wahai lut, dari melindungi manusia; yakni para tamumu yang ingin kami ajak melakukan hubungan seksual'mendengar ucapan dan sikap kaumnya yang keras kepala, nabi lut berkata dalam rangka memberi alternatif, mereka itulah putri-putriku dan putri-putri kaumku yang dapat kamu nikahi, jika kamu hendak berbuat, yakni melakukan hubungan seksual. Itulah cara yang halal dan terhormat bagi kalian sesuai fitrah yang Allah tetapkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah berbagai penjelasan dari banyak ahli ilmu mengenai kandungan dan arti surat Al-Hijr ayat 70 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita bersama. Dukung kemajuan kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Paling Banyak Dikaji

Ada berbagai halaman yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: At-Taubah 40, Maryam, Al-Ma’idah 32, An-Naas, Yasin 9, ‘Abasa. Ada juga Al-Lail, Al-Fatihah 6, Al-Baqarah 285-286, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Luqman 13, Al-Hujurat 10.

  1. At-Taubah 40
  2. Maryam
  3. Al-Ma’idah 32
  4. An-Naas
  5. Yasin 9
  6. ‘Abasa
  7. Al-Lail
  8. Al-Fatihah 6
  9. Al-Baqarah 285-286
  10. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  11. Luqman 13
  12. Al-Hujurat 10

Pencarian: al a'raf ayat 156, tiga ayat terakhir surah al-baqarah, al isra 88, surat 4 ayat 27, surat waqia

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: