Surat Al-Hijr Ayat 30

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ููŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ูฑู„ู’ู…ูŽู„ูŽูฐู“ุฆููƒูŽุฉู ูƒูู„ู‘ูู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Fa sajadal-malฤ`ikatu kulluhum ajma'แปฅn

Artinya: Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama,

ยซ Al-Hijr 29 โœต Al-Hijr 31 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Surat Al-Hijr Ayat 30

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 30 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam hikmah menarik dari ayat ini. Didapati aneka ragam penjabaran dari berbagai pakar tafsir berkaitan isi surat Al-Hijr ayat 30, sebagiannya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

30-31. Maka para malaikat semuanya bersujud sebagai mana tuhan mereka memerintahakan mereka, tidak ada satupun dari mereka yang menolak. Akan tetapi iblis enggan bersujud kepada Adam bersama malaikat-malaikat yang bersujud.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

30-31. Maka para malaikat mentaati perintah itu, mereka semua bersujud; akan tetapi Iblis yang ketika itu bersama para malaikat enggan untuk bersujud.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

30. Maka para Malaikat melaksakan perintah Allah, mereka semua sujud sebagaimana yang Allah perintahkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

30. ููŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูฐู“ุฆููƒูŽุฉู ูƒูู„ูู‘ู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ (Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama)
Mereka bersujud saat itu juga tanpa menunda-nunda.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Jika ditanyakan : kenapa Allah mengatakan : { ูƒูู„ู‘ูู‡ูู…ู’ ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ } "semuanya bersama-sama", padahal maksud nya sudah didapat dengan lafazh : { ููŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู } "Maka bersujudlah para malaikat itu"? al-Mubrid berkata : bahwasanya kalimat { ููŽุณูŽุฌูŽุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุฉู } dapat difahami juga bahwa yang sujud hanya sebahagian dari mereka, oleh karena ditekankan pada akhir ayat dengan kalimat { ูƒู„ู‡ู… } dengan maksud menghilangkan keraguan, kemudian juga dapat difahami bahwa sujud mereka pada masa yang berbeda-beda, maka keraguan itupun hilang dengan firman-Nya : { ุฃูŽุฌู’ู…ูŽุนููˆู†ูŽ }.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Lalu para malaikat itu bersujud semuanya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

30-31. Mereka menaati perintah Rabb mereka, โ€maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama samaโ€ terdapat lafazh penguatan setelah lafazh penguatan sebelumnya, untuk menandakan bahwa tidak ada satu malaikatpun yang enggan hal tersebut sebagai bentuk pengagungan (mereka) kepada perintah Allah dan pemuliaan kepada Adam, karena beliau mengetahui sesuatu yang tidak diketahui oleh para malaikat โ€œkecuali iblis, ia enggan ikut bersama sama (malaikat) yang sujud ituโ€ ini adalah permusuhan pertamanya kepada Adam dan keturunan beliau.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 28-33
Allah SWT menyebutkan tentang pengangkatan nabi Adam di kalangan para malaikatNya sebelum penciptaan dan pemuliaan Allah terhadapnya dengan memerintahkan para malaikat untuk bersujud kepadanya. Allah menyebutkan pula pembangkangan iblis yang enggan bersujud kepadanya, dimana dia berada di antara para malaikat kepada dengki, ingkar, menentang, dan sombong serta membanggakan diri dengan kebathilan. Oleh karena itu dia berkata: ("Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau lelah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentukโ€) sebagaimana dia berkata di ayat lain: (Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah) (Surah Al Aโ€™raf: 12) dan firmanNya: (Ia (Iblis) berkata, โ€œTerangkanlah kepadaku, inikah yang lebih Engkau muliakan daripada aku? Sekiranya Engkau memberi waktu kepadaku sampai hari Kiamat, pasti akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecilโ€ (62)) (Surah Al-Isra)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 30: Disebutkan dua kata penguat, โ€œsemuanyaโ€ dan โ€œbersama-samaโ€ untuk menunjukkan bahwa mereka semua sujud tanpa terkecuali. Hal ini sebagai pengagungan mereka terhadap perintah Allah, dan penghormatan keada Adam karena ia mengetahui yang tidak mereka ketahui. Hal ini menunjukkan kelebihan orang yang berilmu di atas orang yang tidak berilmu.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 30

Maka dengan segera dan serta merta bersujudlah para malaikat itu semuanya secara bersama-sama dengan penuh kepatuhan dan ketaatan, kecuali iblis; ia enggan ikut bersujud bersama-sama para malaikat yang sujud itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari beragam mufassir terkait isi dan arti surat Al-Hijr ayat 30 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita semua. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Tersering Dibaca

Tersedia banyak halaman yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 32, ‘Abasa, At-Taubah 40, Al-Fatihah 6, An-Naas, Al-Hujurat 10. Ada juga Yasin 9, Maryam, Luqman 13, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Lail, Al-Baqarah 285-286.

  1. Al-Ma’idah 32
  2. ‘Abasa
  3. At-Taubah 40
  4. Al-Fatihah 6
  5. An-Naas
  6. Al-Hujurat 10
  7. Yasin 9
  8. Maryam
  9. Luqman 13
  10. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  11. Al-Lail
  12. Al-Baqarah 285-286

Pencarian: fabima rahmatin minallahi, alhujurat ayat 6, mujadalah 11, quran surat al-baqarah ayat 275, surat al baqarah ayat 183 latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: