Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Surat Al-Hijr Ayat 23

وَإِنَّا لَنَحْنُ نُحْىِۦ وَنُمِيتُ وَنَحْنُ ٱلْوَٰرِثُونَ

Arab-Latin: Wa innā lanaḥnu nuḥyī wa numītu wa naḥnul-wāriṡụn

Artinya: Dan sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan dan Kami (pulalah) yang mewarisi.

« Al-Hijr 22Al-Hijr 24 »

Pelajaran Menarik Tentang Surat Al-Hijr Ayat 23

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 23 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan bermacam penafsiran dari banyak pakar tafsir terkait kandungan surat Al-Hijr ayat 23, antara lain sebagaimana termaktub:

Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan sesunggguhnya kami benar-benar menghidupkan orang yang mati dengan menciptakannya dari keadaan yang tidaka ada sebelumnya, dan kami mematikan orang yang hidup setelah berakhir ajalnya. Dan kamilah yang mewarisi bumi dan yang berada di atasnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

23. Sesungguhnya Kami lah yang menghidupkan orang mati dengan menciptakan mereka dari ketiadaan dan membangkitkan mereka sesudah kematian, Kami mematikan orang-orang hidup manakala ajal mereka sudah habis. Kami lah yang tetap ada mewarisi bumi dan apa yang ada di atasnya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

23-24. Dengan keagungan dan kekuasaan Kami, Kami hidupkan orang mati dan Kami matikan orang yang hidup ketika ajalnya telah tiba; tidak ada yang dapat melakukan itu selain Kami. Dan Kami yang mewarisi bumi dan penghuninya. Sungguh Kami mengetahui siapa saja yang telah meninggal dari kalian dan siapa yang masih hidup sejak zaman Nabi Adam, dan Kami mengetahui siapa saja yang akan diciptakan hingga hari kiamat.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. وَنَحْنُ الْوٰرِثُونَ (dan Kami (pulalah) yang mewarisi)
Yakni mewarisi bumi dan seisinya, sebab Allah tetap kekal setelah kematian makhluk-makhluk-Nya, Allah Maha Hidup dan tidak akan mati.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Sesungguhnya benar-benar Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan. Kekekalan hanya milik Kami, dan kefanaan adalah milik makhluk. Kami pulalah yang mewarisi semua makhluk dan alam


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya Kamilah yang menghidupkan dan mematikan serta Kami yang mewarisi} yang masih tersisa setelah kehancuran makhluk


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23-25. Dia-lah, sat satunya, tidak ada sekutu bagiNya, yang menghidupkan para makhluk dari ketiadaan wujud, setelah sebelumnya mereka bukanlah sesuatu yang bisa disebut, Dia mewafatkan mereka sesuai dengan ajal-ajal mereka yang telah Dia tentukan. ”dan kami (pulalah yang mewarisi” seperti firmanNya ”sesungguhnya kami mewarisi bumi dan semua orang-orang yang ada di atas nya, dan hanya kepada Kami-lah mereka dikembalikan”
Perkara tersebut tidaklah sulit, dan tidak mustahil bagi Allah. Sesungguhnya Allah mengetahui para makhluk yang telah berlalu dan yang akan datang, mengetahui sesuatu yang menyusut pada mereka dan bagian tubuh mereka yang tercerai berai oleh tanah. Dialah yang kekuasaanNya dalam rupa penciptaan yang baru lagi dan menghimpun mereka semua kehadapanNya. ”sesungguhnya Dia Mahabijaksana” meletakkan segala sesuatu pada tempatnya dan menempatkannya pada kedudukannya, membalas setiap pelaku perbuatan dengan dasar amalannya. Jika baik, maka (balasannya baik), bila buruk, maka (balasannya) buruk (juga).


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna ayat:
Firman-Nya : (وَإِنَّا لَنَحۡنُ نُحۡيِۦ وَنُمِيتُ وَنَحۡنُ ٱلۡوَٰرِثُونَ) “Dan Kami-lah yang menghidupkan dan mematikan, dan Kami (pulalah) yang mewarisi. Dan sungguh Kami telah mengetahui orang-orang terdahulu sebelum kalian” mereka yang telah meninggal dari anak keturunan Adam “dan Kami telah mengetahui orang yang akan datang.” Merekalah yang masih hidup dan yang belum lahir, akan muncul dan kemudian meninggal hingga hari kiamat. Seluruhnya telah Allah ketahui, sedangkan selain-Nya tidak mengetahui.

Pelajaran dari ayat:
• Penegasan tauhid, bahwa yang tanda-tanda kekuasaan-Nya seperti ini.
• Penegasan tauhid, kebangkitan, dan pembalasan.
• Penegasan kenabian Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam, kerena perkataan ini adalah perkataan Allah yang diwahyukan kepadanya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 23: Yakni hanya Dia saja yang menghidupkan makhluk yang sebelumnya tidak ada dan tidak hidup, dan Dia pula yang akan mematikan mereka pada waktu yang telah ditentukan-Nya.

Allah yang mewarisi bumi dan orang-orang yang berada di atasnya, dan kepada-Nyalah mereka dikembalikan. Yang demikian tidaklah sulit bagi Allah, karena Dia mengetahui orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang datang kemudian.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 23

Usai menjelaskan tanda-tanda kekuasaan-Nya di langit dan bumi, Allah lalu menyatakan, dan ketahuilah bahwa sungguh, kamilah yang menghidupkan apa yang ada di alam, termasuk manusia, dan kami pula yang mematikan mereka, dan kami pula yang mewarisi apa saja yang ditinggalkan oleh makhluk-makhluk itu. Dan sungguh, kami mengetahui orang yang terdahulu sebelum kamu, baik tentang kehidupan maupun kematian mereka, dan kami mengetahui pula orang yang terkemudian, yaitu umat pada masa sekarang dan masa mendatang.


Mau dapat pahala jariyah dan rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang

Demikianlah kumpulan penjelasan dari para ahli tafsir terhadap isi dan arti surat Al-Hijr ayat 23 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita bersama. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Banyak Dicari

  1. Ar-Ra’d 28
  2. Al-Baqarah 183
  3. Apa Itu Idgham?
  4. Al-Hujurat 11
  5. Ali ‘Imran 173
  6. Al-Mu’minun
  7. Al-Jin
  8. An-Nahl 78
  9. Al-Mu’min
  10. Pembagian Juz Dalam al-Qur’an
  11. Al-Baqarah 255
  12. Al-Insyirah 8

Dapatkan amal jariyah dengan berbagi ilmu bermanfaat. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Surat dan Ayat Rezeki

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Silahkan nikmati kemudahan dari Allah Ta’ala untuk membaca al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik surat yang mau dibaca, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar tafsir lengkap untuk ayat tersebut:
 
🔗 tafsirweb.com/start
 
*Mari beramal jariyah dengan berbagi ilmu bermanfaat ini*

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: