Surat Al-Hijr Ayat 4

وَمَآ أَهْلَكْنَا مِن قَرْيَةٍ إِلَّا وَلَهَا كِتَابٌ مَّعْلُومٌ

Arab-Latin: Wa mā ahlaknā ming qaryatin illā wa lahā kitābum ma'lụm

Artinya: Dan Kami tiada membinasakan sesuatu negeripun, melainkan ada baginya ketentuan masa yang telah ditetapkan.

« Al-Hijr 3Al-Hijr 5 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Terkait Dengan Surat Al-Hijr Ayat 4

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Hijr Ayat 4 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan berharga dari ayat ini. Diketemukan bermacam penafsiran dari berbagai mufassirun terhadap makna surat Al-Hijr ayat 4, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan apabila mereka meminta diturunkannya siksaan pada mereka, lantaran kedustaan mereka padamu wahai rasul, maka sesunggguhnya kami tidak membinasakan satu negeri kecuali penghancurannya terjadi pada waktu yang telah ditentukan. Kami tidak membinasakan mereka hingga mereka mencapai batas itu, sebagaimana orang-orang sebelum mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

4-5. Kami tidak membinasakan penduduk suatu negeri yang zalim yang mendustakan para rasul Allah melainkan pada waktu yang telah ditetapkan, sehingga waktu kebinasaan mereka tidak dapat dimajukan atau diakhirkan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

4. Kami tidak membinasakan suatu negeri dari negeri-negeri yang zalim kecuali ia telah memiliki batas waktu yang ditentukan dalam ilmu Allah, tidak maju dan tidak mundur.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

4. وَمَآ أَهْلَكْنَا مِن قَرْيَةٍ إِلَّا وَلَهَا كِتَابٌ مَّعْلُومٌ (Dan Kami tiada membinasakan sesuatu negeripun, melainkan ada baginya ketentuan masa yang telah ditetapkan)
Yakni waktu yang telah ditentukan yang tertulis di sisi Allah, yang tidak mungkin disegerakan atau ditangguhkan, yang telah diketahui dan tidak akan terlupakan.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

4. Kami tidak pernah membinasakan satu negeri pun, melainkan telah tertulis baginya ketentuan masa yang telah ditetapkan kehancurannya. Itu semua telah tertulis di Lauhul Mahfudz.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami tidak membinasakan suatu negeri, kecuali sudah ada baginya ketentuan yang ditetapkan} waktu yang ditentukan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4. “dan tidaklah kami membinasakan suatu negeripun” umat manusia yang pantas untuk di timpa siksaan, ”melainkan telah ditentukan masa kebinasaannya” sudah ditentukan waktu pemusnahannya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 4-5
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia tidak membinasakan penduduk suatu kota melainkan setelah tegaknya hujjah atas kota itu dan telah sampai ajal mereka. Dia tidak menangguhkan dan memajukan kebinasaan suatu umat pun dari ajalnya jika waktunya telah tiba. Hal ini merupakan peringatan dan petunjuk bagi penduduk Makkah agar mereka meninggalkan apa yang mereka lakukan berupa kemusyrikan, pembangkangan, dan kekafiran yang membuat mereka layak untuk dibinasakan


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(إِلَّا وَلَهَا كِتَابٞ مَّعۡلُومٞ) illaa walahaa kitaabum ma’luum : “kecuali ia mempunyai batas yang telah ditentukan.” Batas waktu kehancuran yang ditentukan.

Makna ayat :
Firman-Nya : (وَمَآ أَهۡلَكۡنَا مِن قَرۡيَةٍ) “Tidaklah Kami menghancurkan suatu negeri” penduduk negeri dengan azab yang membinasakan hingga keakar-akarnya. (إِلَّا وَلَهَا كِتَابٞ) “melainkan sudah ada ketentuan” batas waktu yang telah ditentukan pada masa yang telah ditetapkan hari dan jamnya.

Pelajaran dari ayat:
- Penegasan akidah qadha dan qadar, tidak segala sesuatu kecuali ia telah berada di dalam pengetahuan Allah dan tertulis disisi-Nya dalam kitab takdir, dari kehidupan, kematian, keuntungan, kerugian, kebahagiaan, dan kesengsaraan, seluruh apapun yang telah ada dan yang akan terjadi telah berada di dalam ilmu Allah dan tertulis di Lauhul Mahfuzh.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Hijr ayat 4: Kapan dibinasakannya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Hijr Ayat 4

Dan Allah menegaskan bahwa kami tidak membinasakan suatu negeri pun bersama dengan penduduknya, melainkan sudah ada ketentuan dan waktu yang ditetapkan bagi kebinasaan-Nya. Ajal adalah ketetapan yang sudah Allah tentukan waktunya, karena itu tidak ada suatu umat pun yang dapat mendahului ajalnya, dan tidak pula dapat meminta penundaan darinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian sekumpulan penafsiran dari para mufassirin berkaitan makna dan arti surat Al-Hijr ayat 4 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita semua. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dikaji

Kaji ratusan materi yang terbanyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 32, An-Naas, Yasin 9, Al-Lail, Al-Baqarah 285-286, ‘Abasa. Termasuk At-Taubah 40, Luqman 13, Al-Fatihah 6, Al-Hujurat 10, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Maryam.

  1. Al-Ma’idah 32
  2. An-Naas
  3. Yasin 9
  4. Al-Lail
  5. Al-Baqarah 285-286
  6. ‘Abasa
  7. At-Taubah 40
  8. Luqman 13
  9. Al-Fatihah 6
  10. Al-Hujurat 10
  11. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  12. Maryam

Pencarian: qs ali imran 26-27, tafsir surat al isra ayat 32, wa ulil amri minkum artinya, surat an naziyat, mutaffifin latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: