Surat Ibrahim Ayat 52

هَٰذَا بَلَٰغٌ لِّلنَّاسِ وَلِيُنذَرُوا۟ بِهِۦ وَلِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّمَا هُوَ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ وَلِيَذَّكَّرَ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ

Arab-Latin: Hāżā balāgul lin-nāsi wa liyunżarụ bihī wa liya'lamū annamā huwa ilāhuw wāḥiduw wa liyażżakkara ulul-albāb

Artinya: (Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.

« Ibrahim 51Al-Hijr 1 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Terkait Surat Ibrahim Ayat 52

Paragraf di atas merupakan Surat Ibrahim Ayat 52 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran penting dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penjelasan dari berbagai ahli ilmu berkaitan makna surat Ibrahim ayat 52, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Al-qur’an yang Kami turunkan padamu ini wahai rasul, merupakan penjelasan dan pemberitahuan bagi sekalian manusia, untuk menasihati dan memperingatkan mereka, dan agar mereka meyakini bahwa sesungguhnya Allah itulah tuhan sembahan yang Maha esa, sehingga mereka kemudian menyembahNya semata, tidak mempersekutukanNya, dan agar orang-orang yang berakal sehat memetik pelajaran darinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

52. Al-Qur’an yang mulia ini merupakan penjelasan bagi seluruh manusia dan jin agar mereka mendapat nasehat dan peringatan dari kisah-kisah, pelajaran-pelajaran, dan hukum-hukum yang ada di dalamnya; dan agar mereka mengetahui bukti-bukti di dalamnya yang menunjukkan keesaan Allah; serta agar orang-orang yang memiliki akal yang sehat dapat mengambil ibrah dan pelajaran.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

52. Al-Qur`ān yang diturunkan kepada Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- ini adalah pemberitahuan Allah kepada manusia agar mereka merasa takut terhadap peringatan keras tentang azab Allah yang ada di dalamnya dan agar mereka mengetahui bahwa sesembahan yang hak hanya Allah semata, lalu mereka menyembah-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun dan agar orang-orang yang berakal lurus mengambil nasihat dan pelajaran, karena mereka adalah orang-orang yang mengambil nasihat dan pelajaran.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

52. هٰذَا بَلٰغٌ لِّلنَّاسِ ((Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia)
Yakni penyampaian yang sempurna dalam pelajaran dan peringatan bagi seluruh manusia.

وَلِيَعْلَمُوٓا۟ أَنَّمَا هُوَ إِلٰهٌ وٰحِدٌ (dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa)
Agar lewat ayat-ayat kauniyah yang telah disebutkan sebelumnya dan lewat ayat-ayat qur’aniyah yang ada dalam surat ini mereka dapat mengetahui keesaan Allah yang tidak memiliki sekutu.

وَلِيَذَّكَّرَ أُو۟لُوا۟ الْأَلْبٰبِ(dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran)
Agar orang-orang yang berakal dapat mengambil pelajaran.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Al-Qur’an ini diturunkan oleh Allah untuk menjelaskan kepada seluruh manusia tentang hukum-hukum syariat dan akidah, memberikan peringatan dan pelajaran bagi mereka dan untuk memberitahu mereka bahwa sesungguhnya Allah adalah Tuhan yang Esa, tiada sekutu dan sesembah selain Dia, serta agar orang-orang yang memiliki akal sehat untuk berpikir dan merenung bisa mengambil pelajaran


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ini} Al-Qur’an ini {adalah penjelasan} penjelasan dan pelajaran {bagi manusia agar mereka diberi peringatan} diperingatkan {dengannya, agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa, dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran} mengambil pelajaran.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52. Setelah menjelaskan keterangan yang nyata tentang al-Quran ini, Allah berfirman “(Al-Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia”, mereka mempersiapkan dan membekali diri dengannya menuju tingkatan tertinggi dan kemulliaan teristimewa. Karena Al-Quran memuat prinsip-prinsip (al-Ushul), cabang-cabang, dan seluruh pengetahuan yang diperlukan oleh para hamba. “Supaya mereka diberi peringatan”, karena di dalamnya mengandung peringatan dari tindakan-tindakan buruk dan siksaan yang Allah persiapkan bagi para pelakunya.
“Dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa”, di mana Allah telah menguraikan dalam al-Quran dalil-dalil dan bukti-bukti nyata mengenai uluhiyah (hak disembah) dan wihdaniyah (keesaan) Nya hingga telah menciptakan sebuah keyakinan yang haq. “Dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran”, yaitu akal-akal yang sempurna. (Yaitu) orang-orang yang bermanfaat bagi mereka (darinya), lantas mengerjakannya sedangkan hal-hal yang membahayakan mereka maka (segera) mereka tinggalkan. Dengan tindakan ini, mereka menjadi orang-orang yang berakal dan bermata hati jernih. Pasalnya, melalui al-quran itu, pengetahuan dan pikiran-pikiran mereka semakin meningkat, pola pikir mereka bersinar lantaran memetiknya langsung dalam keadaan utuh masih segar. Sesunggguhnya al-Quran itu tidaklah mengajak kecuali kepada akhlak yang paling luhur dan amalan yang paling utama. Tidak menguatkan pandangan itu kecuali dengan bukti yang paling kuat dan paling jelas. Kaidah ini, jika seseorang cerdik melatih diri dengannya, maka dia akan senantiasa berada di tangga atas dan selalu menanjak naik selamanya dalam setiap budi pekerti.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman bahwa Al-Qur'an ini adalah penjelasan bagi manusia, sebagaimana firmanNya: (supaya dengannya Aku memberi peringatan kepada kalian dan kepada orang yang sampai kepadanya Al-Qur’an) (Surah Al-An'am: 19) yaitu, penjelasan yang disampaikan kepada semua makhluk dari kalangan manusia dan jin, sebagaimana Allah SWT berfirman di permulaan surah: (Alif, Lam Ra. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang) (Surah Ibrahim: 1), (dan supaya mereka diberi peringatan dengan dia) yaitu, agar mereka mengambil pelajaran darinya (dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa) yaitu mereka memakainya sebagai dalil dengan apa yang terkandung di dalamnya berupa hujjah dan dalil, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan yang selain Dia (dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran) yaitu orang-orang yang berakal


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Ibrahim ayat 52: Setelah Allah menerangkan demikian jelas, Allah Subhaanahu wa Ta'aala memuji hal itu dengan firman-Nya di atas.

Dengannya mereka dapat mencapai kedudukan yang tinggi karena kandungannya yang berisi ushul (dasar-dasar), furu’ (cabang-cabang), dan segala ilmu yang dibutuhkan manusia.

Karena di dalamnya terdapat tarhib (ancaman untuk menakut-nakuti) terhadap perbuatan buruk agar manusia menjauhinya.

Di dalamnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengulang-ulang bukti dan dalil terhadap keesaan-Nya.

Mereka dapat mengingat hal yang memberi manfaat bagi mereka sehingga mereka lakukan, dan dapat mengingat hal yang berbahaya sehingga mereka tinggalkan. Dengan demikian, dengan Al Qur’an pengetahuan dan pandangan mereka semakin dalam dan tajam. Selesai surah Ibrahim, wal hamdulillahi rabbil ‘aalamiin.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ibrahim Ayat 52

Al-qur'an ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia untuk kebahagiaan mereka di dunia dan akhirat; agar mereka diberi peringatan dengannya, agar mereka mengetahui bahwa dia adalah tuhan yang maha esa, dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran dari Al-Qur'an tersebut. Alif laam raa'. Ayat-ayat pada surah ini adalah sebagian dari ayat-ayat kitab yang sempurna, yaitu ayat-ayat Al-Qur'an yang memberi penjelasan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian kumpulan penjelasan dari kalangan ulama tafsir terkait makna dan arti surat Ibrahim ayat 52 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Dukung syi'ar kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Terbanyak Dibaca

Kami memiliki berbagai halaman yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 3, An-Nisa 59, An-Naziat, An-Nashr, Yusuf, Bismillah. Ada pula Al-‘Ashr, Al-Qari’ah, Al-Lahab, Al-Kahfi 1-10, Quraisy, Az-Zumar 53.

  1. Al-Ma’idah 3
  2. An-Nisa 59
  3. An-Naziat
  4. An-Nashr
  5. Yusuf
  6. Bismillah
  7. Al-‘Ashr
  8. Al-Qari’ah
  9. Al-Lahab
  10. Al-Kahfi 1-10
  11. Quraisy
  12. Az-Zumar 53

Pencarian: al a'raf 23, surat 11 ayat 12, ali imran 133-134, surat al bainah, thaha ayat 14

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: