Quran Surat al-Mukminun Ayat 1-11

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ

Arab-Latin: qad aflaḥal-mu`minụn

Terjemah Arti: Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

Tafsir Quran Surat al-Mukminun Ayat 1-11

Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya, serta melaksanakan syariatNya. (Tafsir al-Muyassar)

Sungguh orang-orang yang beriman kepada Allah, yang mengamalkan ajaran syariat-Nya telah beruntung dengan meraih balasan yang mereka cita-citakan, dan selamat dari perkara yang mereka takuti. (Tafsir al-Mukhtashar)

Keutamaan: Diriwayatkan dari Imam Ahmad dan lainnya: bahwa Nabi SAW bersabda: Benar-benar telah turun kepadaku sepuluh ayat, barangsiapa melaksanakan/mendirikannya – tidak mengingkari isi kandungannya – maka akan masuk surga, kemudian membaca membaca qad aflahal mu’minun ayat 1 hingga ayat 10.Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman kenikmatan yang kekal selamanya. Diriwayatkan dari Annasai bahwa sayyidah ‘Aisyah radliyallahu ‘anha pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah SAW, beliau menjawab: “Akhlak Rasul adalah Alquran.”, kemudian beliau membaca qad aflahal mu’minun hingga walladzina hum lifurujihim hafidhun yaitu ayat 5. Kemudian beliau berucap: “Seperti inilah akhlak Rasul SAW (Tafsir al-Wajiz)

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ (Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman) Yakni orang-orang beriman yang memiliki sifat-sifat yang akan disebutkan akan memperoleh kemenangan. (Zubdatut Tafsir)