Surat Hud Ayat 85

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَيَٰقَوْمِ أَوْفُوا۟ ٱلْمِكْيَالَ وَٱلْمِيزَانَ بِٱلْقِسْطِ ۖ وَلَا تَبْخَسُوا۟ ٱلنَّاسَ أَشْيَآءَهُمْ وَلَا تَعْثَوْا۟ فِى ٱلْأَرْضِ مُفْسِدِينَ

Arab-Latin: Wa yā qaumi auful-mikyāla wal-mīzāna bil-qisṭi wa lā tabkhasun-nāsa asy-yā`ahum wa lā ta'ṡau fil-arḍi mufsidīn

Artinya: Dan Syu'aib berkata: "Hai kaumku, cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil, dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dan janganlah kamu membuat kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan.

« Hud 84Hud 86 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Mendalam Terkait Surat Hud Ayat 85

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 85 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan mendalam dari ayat ini. Didapatkan variasi penafsiran dari beragam ahli ilmu terhadap isi surat Hud ayat 85, di antaranya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Wahai kaumku, sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil, dan janganlah kalian mengurangi hak manusia dalam semua barang-barang mereka, dan janganlah kalian berjalan di muka bumi, dengan melakukan berbagai maksiat kepada Allah di dalamnya dan menyebarluaskan kerusakan.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

85. Hai kaumku, takar dan timbanglah dengan adil sebagaimana yang telah disyariatkan Tuhan kalian, yaitu dengan memilihkan barang yang bagus dan menjauhkan yang jelek. Janganlah kalian mengurangi hak-hak orang lain dengan menipu dan merugikan mereka, atau membuat aib pada barang mereka agar dapat kalian beli dengan harga murah, atau mengambil dari mereka lebih dari hak kalian. Dan janganlah kalian menyebarkan kerusakan di muka bumi dengan kekafiran, merampas hak-hak orang lain, dan melakukan perampokan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

85. Wahai kaumku! Penuhilah takaran dan timbangan secara adil apabila kalian menakar atau menimbang untuk orang lain. Dan janganlah kalian mengurangi hak-hak orang lain sedikitpun dengan cara mengurangi takaran atau timbangan, melakukan kecurangan atau menipu. Pun jangan membuat kerusakan di muka bumi dengan melakukan pembunuhan atau perbuatan-perbuatan maksiat lainnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

85. بِالْقِسْطِ ۖ (dengan adil)
Yakni tanpa menambah atau mengurangi.

وَلَا تَبْخَسُوا۟ النَّاسَ أَشْيَآءَهُمْ(dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka)
Dengan mengurangi hak mereka dengan menipu atau merampasnya.

وَلَا تَعْثَوْا۟ فِى الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ (dan janganlah kamu membuat kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan)
Yakni janganlah banyak berbuat kerusakan di bumi.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

85. Tidak cukup menahan mereka agar tidak mengurangi timbangan, bahkan (Syuaib) mewajibkan mereka agar berlaku adil, sekalipun dia harus menambah takaran tersebut. Sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil dan sepadan tanpa mengambil takaran terlalu banyak dan kurang dalam memberi. Janganlah kalian mengurangi sedikitpin hak-hak manusia dengan cara menipu atau memaksa, dan janganlah berbuat kerusakan di bumi, memperbanyak dan melanjutkan perbuatan kerusakan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Wahai kaumku, penuhilah} sempurnakanlah {takaran dan timbangan dengan adil} dengan adil {Janganlah merugikan} mengurangi {manusia tentang hak-hak mereka dan janganlah berjalan} janganlah berjalan {di bumi dengan berbuat kerusakan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

85 “hai kaumku cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil” yang mana kamu rela agar diperlakukan demikian. ”dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak hak mereka” maksudnya, janganlah mengurangi hak hak manusia dengan melakukan kecurangan dengan mengurangi timbangan dan takaran. ”dan janganlah kamu membuat kejahatan di muka bumi dengan membuat kerusakan” karena terus menerus berbuat maksiat akan merusak agama, akidah, dunia, dan membinasakan tanaman dan ternak.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 85-86
Dia melarang mereka mengurangi takaran dan timbangan ketika mereka memberikan hak orang lain. Kemudian dia memerintahkan mereka untuk mencukupkan takaran dan timbangan secara adil, baik ketika mereka mengambil atau­ memberi. dia juga melarang mereka berbuat durhaka di bumi dengan berbuat kerusakan. Mereka suka menghalang-halangi orang ditengah jalan.
Terkait firman Allah: (Sisa (keuntungan) dari Allah adalah lebih baik bagi kalian) Ibnu Abbas berkata,”Rezeki Allah adalah lebih baik bagi kalian”
Mujahid berkata yaitu taat kepada Allah.
Qatadah berkata,”Bagian kalian dari Allah itu lebih baik bagi kalian
Sayat berkata, serupa dengan firman Allah SWT: (Katakanlah, "Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meski­pun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu”) (Surah Al-Maidah: 100). Firman Allah: (Dan aku bukanlah seorang penjaga atas diri kalian) yaitu bukan pengawas dan bukan pula penjaga. yaitu kerjakanlah hal itu karena Allah SWT. Janganlah melakukannya agar dilihat orang lain, tetapi karena Allah SWT.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(بِٱلۡقِسۡطِۖ) bil qisth : dengan adil, menjual dan membeli dengan ukuran yang sama.
(وَلَا تَبۡخَسُواْ) wa laa tabkhasuu : janganlah kalian mengurangi hak mereka yang ada pada kalian, baik itu dalam hal takaran atau timbangan dan yang lain.
(وَلَا تَعۡثَوۡاْ فِي ٱلۡأَرۡضِ) wa laa ta’tsau fil ardhi : jangan menyebarkan kerusakan di muka bumi.

Makna ayat :
Firman-Nya, (وَيَٰقَوۡمِ أَوۡفُواْ ٱلۡمِكۡيَالَ وَٱلۡمِيزَانَ بِٱلۡقِسۡطِۖ) "Hai kaumku, cukupkanlah takaran dan timbangan dengan adil” beliau memerintahkan mereka agar menyempurnakan timbangan dan takaran, setelah beliau melarang mereka mengurangi timbangan dan takaran, sebagai penekanan terhadap larangan tersebut. Kemudian menambah hal lain, yaitu janganlah mereka merugikan manusia, (وَلَا تَبۡخَسُواْ ٱلنَّاسَ أَشۡيَآءَهُمۡ) janganlah kalian mengurangi hak-hak mereka, dan melarang mereka dari hal yang lebih umum (وَلَا تَعۡثَوۡاْ فِي ٱلۡأَرۡضِ مُفۡسِدِينَ) janganlah kalian membuat kerusakan di muka bumi, dan hal ini termasuk segala jenis maksiat dan perkara-perkara yang haram.

Pelajaran dari ayat :
• Diharamkannya mengurangi hak manusia: seperti upah pekerja dan harga barang.
• Tidak bolehnya membuat kerusakan di muka bumi apa pun jenisnya, yang terbesar: meninggalkan syariat Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 85: Di mana kalian suka jika mendapatkannya secara penuh dari orang lain.

Karena sesungguhnya kemaksiatan jika terus dilakukan dapat merusak agama dan dunia.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 85

Dan setelah nabi syuaib melarang mengurangi takaran dan timbangan seraya berkata, wahai kaumku! penuhilah takaran dan timbangan dengan adil ketika berniaga, dan janganlah kamu merugikan manusia terhadap hak-hak mereka dengan mengurangi timbangan dan takaran. Jika kalian melebihkan takaran dan timbangan untuk orang lain, itu merupakan tindakan yang lebih bagus. Dan jangan sekali-kali kamu membuat kejahatan di bumi dengan berbuat kerusakan di mana-mana hingga membuat rusaknya sebuah tatanan, dan hancurnya sebuah negeri. Sisa keuntungan yang halal dari Allah meskipun sedikit nilainya, adalah lebih baik bagimu dari pada keuntungan banyak yang diperoleh dengan cara menipu dan berbuat curang, jika kamu betul-betul orang yang beriman kepada Allah dengan menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Dan aku bukanlah seorang penjaga atau saksi atas dirimu, aku hanyalah seorang rasul.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penafsiran dari beragam ulama tafsir terhadap makna dan arti surat Hud ayat 85 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita bersama. Dukunglah kemajuan kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Sering Dicari

Baca ratusan konten yang cukup sering dicari, seperti surat/ayat: Al-Ma’idah 48, Ali ‘Imran 190, Al-Anbiya 30, An-Nahl 114, Al-Fatihah 4, Al-Muthaffifin. Termasuk At-Taubah, Al-Humazah, At-Tin 4, Al-Fatihah 5, Al-A’raf 54, An-Nisa.

  1. Al-Ma’idah 48
  2. Ali ‘Imran 190
  3. Al-Anbiya 30
  4. An-Nahl 114
  5. Al-Fatihah 4
  6. Al-Muthaffifin
  7. At-Taubah
  8. Al-Humazah
  9. At-Tin 4
  10. Al-Fatihah 5
  11. Al-A’raf 54
  12. An-Nisa

Pencarian: waida batastum batastum jabbarin artinya, surah al-fil latin, wa amri ilallah tulisan arab dan artinya, balasan bagi orang yang mendustakan hari pembalasan adalah, surat at taubah ayat 122 latin dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: