Surat Yunus Ayat 109

وَٱتَّبِعْ مَا يُوحَىٰٓ إِلَيْكَ وَٱصْبِرْ حَتَّىٰ يَحْكُمَ ٱللَّهُ ۚ وَهُوَ خَيْرُ ٱلْحَٰكِمِينَ

Arab-Latin: Wattabi' mā yụḥā ilaika waṣbir ḥattā yaḥkumallāh, wa huwa khairul-ḥākimīn

Artinya: Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu, dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.

« Yunus 108Hud 1 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Berkaitan Dengan Surat Yunus Ayat 109

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 109 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan berharga dari ayat ini. Didapatkan berbagai penjelasan dari berbagai ulama tafsir berkaitan kandungan surat Yunus ayat 109, antara lain seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan ikutilah (wahai rasul), wahyu Allah yang Dia wahyukan kepadamu, lalu laksanakanlah ia dan bersabarlah dalam ketaatan kepada Allah dan meniggalkan maksiat. Dan menghadapi penentangan orang-orang yang menentangmu dari manusia sampai Allah menentukan keputusanNYa terhadap mereka dan terhadapmu. Dan Dia adalah sebaik-baik penetap keputusan, karena sesungguhnya keputusanNya mencakup keadilan yang sempurna.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

109. Hai Rasulullah, Ikutilah wahyu dari Tuhanmu yang diberikan kepadamu, dan bersabarlah dalam menghadapi gangguan musuh-musuhmu, hingga Allah memberi keputusan dalam perkara antara kamu dengan mereka; Allah adalah sebaik-baik dan seadil-adil yang membuat keputusan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

109. Ikuti dan laksanakanlah -wahai Rasul- apa yang Tuhanmu wahyukan kepadamu. Dan bersabarlah terhadap ulah sebagian kaummu yang menentangmu. Juga bersabarlah dalam menyampaikan apa yang harus engkau sampaikan. Teruslah menjalankan tugas itu sampai Allah -Ta'ālā- menurunkan keputusan-Nya terkait nasib mereka. Yaitu bahwa Dia akan menolongmu untuk mengalahkan mereka di dunia. Dan Dia akan menghukum mereka di Akhirat jika mereka mati di atas kekafiran mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

109. وَاتَّبِعْ مَا يُوحَىٰٓ إِلَيْكَ (Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu)
Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad agar mengikuti apa yang diwahyukan Allah kepadanya baik itu segala perintah atau larangan yang disyariatkan baginya dan bagi umatnya.
Kemudian Allah memerintahkan untuk bersabar atas permusuhan orang-orang kafir dan atas kesulitan yang beliau temui, serta atas perbuatan orang-orang kafir dan kesombongan mereka.

وَاصْبِرْ حَتَّىٰ يَحْكُمَ اللهُ ۚ وَهُوَ خَيْرُ الْحٰكِمِينَ(dan bersabarlah hingga Allah memberi keputusan dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya)
Yakni Allah memutuskan urusan antara Rasulullah dengan orang-orang kafir di dunia dengan memberi kemenangan kepada beliau atas mereka, dan dengan azab yang ditimpakan kepada mereka di akhirat. Maka tidak patut bagimu terburu-buru karena hal itu pasti akan terjadi.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

109 Wahai Nabi, ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu dari Tuhanmu dengan menjalankan dan menyampaikannya, dan bersabarlah untuk berdakwah kepada mereka dan atas fitnah mereka hingga Allah memberi keputusan bagi mereka di dunia berupa pertolongan atau kehancuran, dan di akhirat berupa azab. Dia adalah sebaik-baik Hakim sehingga tidak mungkin salah dalam menentukan keputusan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Ikutilah apa yang telah diwahyukan kepadamu dan bersabarlah sehingga Allah memberi keputusan. Dia adalah pemberi putusan yang terbaik


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

109. “Dan ikutilah” wahai Rasul apa yang Allah wahyukan kepadamu dari segi ilmu, amal, keadaan, dan dakwah kepadanya. “Dan bersabarlah” atas itu, karena ini adalah bentuk kesabaran tertinggi dan bahwa hasil akhirnya sangatlah terpuji. Jangan malas dan jangan mengeluh, teguhkanlah dirimu atas itu, “hingga Allah memberi keputusan”, di antara kamu dengan orang-orang yang mendustakanmu. “Dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya.” Karena hukumNya pasti adil secara sempurna dan dipuji karenanya. Nabi telah menaati perintah Allah, dia teguh di atas jalan yang lurus sehingga Allah memenangkan agamanya di atas agama-agama yang lain, dan menolongnya atas musuh-musuhnya dengan pedang dan tombak setelah sebelumnya menolongnya dengan argument dan bukti. Segala puji bagi Allah sebagaimana yang patut bagi keagungan, kebesaran, kesempurnaan, dan keluasan kebaikanNya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 108-109
Allah SWT berfirman seraya memerintahkan kepada Rasulallah SAW untuk mencerita­kan kepada manusia bahwa apa yang beliau bawa kepada mereka dari sisi Allah adalah kebenaran, yang tidak ada keraguan dan kebimbangan di dalamnya. Maka siapa saja yang mendapat petunjuk dan mengikutinya, maka sesungguhnya manfaat hal itu akan kembali kepada dirinya. Barang siapa yang tersesat darinya, maka sesungguhnyakeburukan hal itu akan kembali kepada dirinya. (Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap diri kalian) yaitu, tidaklah aku orang yang menjaga kalian sehingga beriman. Sesungguhnya aku hanya seorang pemberi peringatan kepada kalian, dan petunjuk itu hanya milik Allah
Firman Allah: (Dan ikutilah apa yang diwahyukan kepadamu dan bersabarlah) yaitu berpegang kepada apa yang diturunkan dan diwahyukan Allah kepadamu, serta bersabarlah dalam menghadapi orang yang menentangmu (hingga Allah memberi keputusan) yaitu semoga memberikan jalan keluar antara kamu dan mereka (dan Dia adalah Hakim yang sebaik-baiknya), yaitu sebagik-baik pemberi jalan keluar dengan keadilan dan kebijaksanaanNya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 109: Baik dalam hal ilmu, amal, keadaan, dan dakwah.

Dalam berdakwah dan dalam menghadapi gangguan yang mereka tujukan kepadamu, karena kesudahannya adalah kebaikan, sehingga jangan malas atau bosan, bahkan tetaplah di atasnya. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabar sampai Allah memenangkan agama-Nya, memenangkan Beliau terhadap musuh-musuh-Nya dalam peperanan setelah Allah memenangkan Beliau melalui hujjah dan alasan. Ada pula yang menafsirkan maksud “sehingga Allah memberikan keputusan” yaitu keputusan agar kaum musyrik diperangi dan Ahli Kitab disuruh membayar jizyah (pajak).

Antara kamu dan kaummu yang mendustakan.

Karena hukum-Nya penuh dengan keadilan yang sempurna. Selesai tafsir surat Yunus dengan pertolongan Allah dan taufiq-Nya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 109

Dan ikutilah wahai nabi Muhammad, apa yang diwahyukan kepadamu, dan bersabarlah dalam menyampaikan wahyu walau banyak cobaan dan rintangan, hingga Allah memberi keputusan. Dialah hakim yang terbaik dalam setiap keputusan yang ditetapkanalif lam ra. Inilah kitab, Al-Qur'an yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi, terpelihara dari kekeliruan, kemudian kandungannya dijelaskan secara terperinci, ada yang mengenai tauhid, hukum, kisah, akhlak, ilmu pengetahuan, janji dan peringatan, dan lain lain, disusun surat demi surat, ayat demi ayat, yang diturunkan dari sisi Allah yang mahabijaksana dalam setiap keputusan-Nya, mahateliti dalam semua ketetapan-n.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penafsiran dari beragam ahli tafsir mengenai isi dan arti surat Yunus ayat 109 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi kita bersama. Bantu syi'ar kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dikaji

Terdapat banyak konten yang banyak dikaji, seperti surat/ayat: An-Naziat, Al-Ma’idah 3, Al-Kahfi 1-10, Quraisy, Yusuf, Al-‘Ashr. Ada pula An-Nisa 59, Az-Zumar 53, Bismillah, Al-Lahab, Al-Qari’ah, An-Nashr.

  1. An-Naziat
  2. Al-Ma’idah 3
  3. Al-Kahfi 1-10
  4. Quraisy
  5. Yusuf
  6. Al-‘Ashr
  7. An-Nisa 59
  8. Az-Zumar 53
  9. Bismillah
  10. Al-Lahab
  11. Al-Qari’ah
  12. An-Nashr

Pencarian: surat ad-dhuha dan artinya, arti surah almaun, surat al baqarah ayat 255 latin, ali imran 173-174, al imron ayat 190-191

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* untuk dapat pahala jariyah (gratis)

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: