Surat Yunus Ayat 86


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Arab-Latin: Wa najjinā biraḥmatika minal-qaumil-kāfirīn

Terjemah Arti: Dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan selamatkanlah kami dengan rahmatMU dari orang-orang kafir, fir’aun, dan pembesar-pembesarnya. Sebab, sesungguhnya mereka itu memaksa orang-orang mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berat.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

86. Dan lepaskanlah kami -wahai Tuhan kami- dengan rahmat-Mu dari tangan bala tentara Fir'aun yang kafir. Mereka telah memperbudak dan menindas kami dengan cara menyiksa dan membunuh kami."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

85-86
Dari susunan dua ayat ini (85-86) dapat disimpulkan bahwa urusan tawakkal menjadi utama sebelum permohonan doa sebagai peringatan bahwasanya setiap hamba yang memohon kepada tuhannya hendaklah ia bertawakkal terlebih dahulu; sebagai bagian dari sebab terijabahnya do'a.

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

86 Ya Tuhan kami, selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir, yaitu Fir’aun dan kaumnya"

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Agar kami selamat dari kejahatan mereka dan agar kami dapat menjalankan agama kami dan menegakkan syi’ar-syi’arnya tanpa ada yang menghalangi.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Setelah mendengar nasehat nabi musa lalu mereka berkata, kepada Allah-lah kami bertawakal, menyerahkan segala urusan kami. Mereka berdoa: ya tuhan kami, janganlah engkau jadikan kami sasaran fitnah, yakni siksaan dan gangguan bagi kaum yang zalim, karena pengikutnya nabi musa berdoa dengan tulus, maka Allah mengabulkan doa tersebut. Lalu Allah berfirman: dan kami wahyukan kepada musa dan saudaranya, yakni nabi harun ambillah, yakni bangunlah beberapa rumah di mesir untuk tempat tinggal kaummu berdua dan jadikanlah rumah-rumahmu itu, wahai orang-orang yang beriman, sebagai tempat ibadah kepada Allah dan laksanakanlah salat secara sempurna serta gembirakanlah orang-orang mukmin, bahwa mereka akan diselamatkan dari gangguan firaun dan di akhirat ada balasan surga.

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Related: Surat Yunus Ayat 87 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 88 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 89, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 90, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 91, Makna Surat Yunus Ayat 92

Category: Surat Yunus


Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!