Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 80

فَلَمَّا جَاءَ السَّحَرَةُ قَالَ لَهُمْ مُوسَىٰ أَلْقُوا مَا أَنْتُمْ مُلْقُونَ

Arab-Latin: Fa lammā jā`as-saḥaratu qāla lahum mụsā alqụ mā antum mulqụn

Terjemah Arti: Maka tatkala ahli-ahli sihir itu datang, Musa berkata kepada mereka: "Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Ketika tukang sihir-sihir itu datang kepada fir’aun, Musa berkata kepada mereka, ”lemparkanlah oleh kalian ke tanah apa yang ada pada kalian dari tali-tali dan tongkat-tongkat.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

80. Setelah mereka mendatangkan para penyihir ke hadapan Fir'aun, maka Musa -'alaihissalām- dengan penuh percaya diri akan menangan berkata kepada mereka, "Lemparkanlah -wahai para penyihir- apa yang hendak kalian lemparkan!"

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

80. فَلَمَّا جَآءَ السَّحَرَةُ قَالَ لَهُم مُّوسَىٰٓ أَلْقُوا۟ مَآ أَنتُم مُّلْقُونَ (Maka tatkala ahli-ahli sihir itu datang, Musa berkata kepada mereka: “Lemparkanlah apa yang hendak kamu lemparkan)
Yakni lemparlah ke atas tanah tali-tali dan tongkat kalian. Nabi Musa mengatakan ini agar mereka mulai melempar tongkat mereka, dan Nabi Musa mengetahui bahwa yang mereka lakukan hanyalah khayalan, dan sesungguhnya tongkat dan tali mereka tidak berubah menjadi ular yang sebenarnya. Dan mengalahkan tali dan tongkat mereka akan menghancurkan sihir mereka, sehingga terlihat kelemahan mereka oleh orang-orang yang menyaksikan, setelah orang-orang melihat bahwa Nabi Musa masih membawa tongkatnya sedangkan mereka tidak melihat tali dan tongkat para penyihir.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

80 Maka tatkala ahli-ahli sihir itu datang, di area pertandingan Musa berkata kepada mereka: “Lemparkanlah apa yang hendak kalian lemparkan, yaitu alat-alat sihir”.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Untuk mengalahkan Musa.

Setelah para penyihir berkata kepadanya, “Kamukah yang melempar lebih dulu ataukah kami yang melempar?”

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Maka ketika para penyihir itu sudah datang, mereka berkata kepada nabi musa, engkau atau kami yang melemparkan terlebih dahulu' nabi musa berkata kepada mereka, lemparkanlah terlebih dahulu apa yang hendak kamu lemparkan! (lihat: surah thaha/20: 65-66) setelah mereka melemparkan tali temali dan tongkat yang tampak seperti ular lalu musa berkata, apa yang kamu lakukan itu, itulah sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan kepalsuan sihir itu, yakni melenyapkannya. Sungguh, Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang yang berbuat kerusakan.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 81 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 82 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 83, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 84, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 85, Makna Surat Yunus Ayat 86

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!