Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 79

وَقَالَ فِرْعَوْنُ ائْتُونِي بِكُلِّ سَاحِرٍ عَلِيمٍ

Arab-Latin: Wa qāla fir'aunu`tụnī bikulli sāḥirin 'alīm

Terjemah Arti: Fir'aun berkata (kepada pemuka kaumnya): "Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai!"

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Fir’aun berkata, ”datangkanlah kepadaku setiap tukang sihir yang ahli dalam penguasaan ilmu sihir.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

79.  Fir'aun berkata kepada kaumnya, "Datangkanlah kepadaku semua penyihir yang mahir dan berpengalaman!"

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

79. وَقَالَ فِرْعَوْنُ ائْتُونِى بِكُلِّ سٰحِرٍ عَلِيمٍ (Fir’aun berkata (kepada pemuka kaumnya): “Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai)
Fir’aun mengatakan ini setelah menyaksikan mukjizat-mukjizat yang didatangkan Nabi Musa berupa tangan yang putih bersinar dan tongkat yang berubah bentuk, hal ini karena Fir’aun menganggap dua mukjizat ini adalah sihir. Dan bisa juga karena Fir’aun ingin menenangkan orang-orang dan ingin melawan mukjizat Nabi Musa dengan sihir, dan klenik serta ingin menakut-nakuti dan mengganggu Nabi Musa.
Dan Allah kemudian menyebutkan kekalahan tipu daya Fir’aun.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

79 Fir’aun berkata kepada pemuka kaumnya: “Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai!” Untuk menunjukkan bahwa yang dibawa Musa itu adalah benar-benar sihir.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Maka dikirimlah beberapa orang untuk mencari tukang sihir yang ada di berbagai kota di Mesir dengan beragam tingkatan mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah pada ayat sebelumnya dijelaskan penolakan firaun dan kaumnya terhadap dakwah nabi musa, lalu pada ayat ini dijelaskan tentang langkah yang diambil oleh firaun untuk menantang nabi musa dan fir'aun berkata kepada pemuka kaumnya, datangkanlah kepadaku semua penyihir yang ulung untuk melawan musa! maka ketika para penyihir itu sudah datang, mereka berkata kepada nabi musa, engkau atau kami yang melemparkan terlebih dahulu' nabi musa berkata kepada mereka, lemparkanlah terlebih dahulu apa yang hendak kamu lemparkan! (lihat: surah thaha/20: 65-66)

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 80 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 81 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 82, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 83, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 84, Makna Surat Yunus Ayat 85

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!