Surat Yunus Ayat 79

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَقَالَ فِرْعَوْنُ ٱئْتُونِى بِكُلِّ سَٰحِرٍ عَلِيمٍ

Arab-Latin: Wa qāla fir'aunu`tụnī bikulli sāḥirin 'alīm

Artinya: Fir'aun berkata (kepada pemuka kaumnya): "Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai!"

« Yunus 78Yunus 80 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Menarik Mengenai Surat Yunus Ayat 79

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 79 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir menarik dari ayat ini. Terdokumentasi bermacam penjelasan dari para ulama berkaitan makna surat Yunus ayat 79, di antaranya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Fir’aun berkata, ”datangkanlah kepadaku setiap tukang sihir yang ahli dalam penguasaan ilmu sihir.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

79-80. Setelah Fir’aun melihat mukjizat dari tongkat dan tangan Musa, dia meminta untuk mengumpulkan para tukang sihir yang mahir. Kemudian mereka memenuhinya dan menghadiri hari yang disepakati Musa dan para pengikut Fir’aun.

Setelah para tukang sihir memberi pilihan kepada Musa siapa yang akan memulai, Musa berkata kepada mereka: “Lemparlah terlebih dahulu tongkat dan tali yang akan kalian lempar.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

79. Fir'aun berkata kepada kaumnya, "Datangkanlah kepadaku semua penyihir yang mahir dan berpengalaman!"


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

79. وَقَالَ فِرْعَوْنُ ائْتُونِى بِكُلِّ سٰحِرٍ عَلِيمٍ (Fir’aun berkata (kepada pemuka kaumnya): “Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai)
Fir’aun mengatakan ini setelah menyaksikan mukjizat-mukjizat yang didatangkan Nabi Musa berupa tangan yang putih bersinar dan tongkat yang berubah bentuk, hal ini karena Fir’aun menganggap dua mukjizat ini adalah sihir. Dan bisa juga karena Fir’aun ingin menenangkan orang-orang dan ingin melawan mukjizat Nabi Musa dengan sihir, dan klenik serta ingin menakut-nakuti dan mengganggu Nabi Musa.
Dan Allah kemudian menyebutkan kekalahan tipu daya Fir’aun.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

79 Fir’aun berkata kepada pemuka kaumnya: “Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai!” Untuk menunjukkan bahwa yang dibawa Musa itu adalah benar-benar sihir.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Fir‘aun berkata,“Datangkanlah kepadaku semua penyihir yang ahli”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

79. “Firaun berkata (kepada pemuka kaumnya)”, sebagai bentuk penentangan kepada kebenaran yang dibawa oleh Musa dan menujukkan kekuatannya di depan kaum dan pengikutnya, “Datangkanlah kepadaku semua ahli-ahli sihir yang pandai.” Yakni ahli dan mumpuni dalam urusan sihir, maka Firaun meminta agar para penyihir yang mahir dalam berbagai jenis dan bentuknya dihadirkan dari sejumlah penjuru Mesir.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 79-82
Allah SWT menyebutkan kisah para tukang sihir bersama nabi Musa dalam surah Al-A'raf. Telah dijelaskan pembahasan hal itu pada surah tersebut. Demikian juga dalam surah ini, surah Thaha, dan surah Asy-Syu'ara. Demikian itu karena Fir'aun, (seb=moga Allah melaknatnya) bermaksud membuat orang-orang kagum dengan kekuasaannya dan menentang apa yang dibawa nabi Musa, yaitu kebenaran yang jelas dengn melawan tipu muslihat para tukang sihir; lalu kenyataannya berbalik, dan apa yang diinginkan itu tidak berhasil. dan yang berhasil adalah bukti-bukti Tuhan di depan umu (Dan ahli-ahli sihir itu serta merta menyungkurkan diri dengan bersujud (120) Mereka berkata, "Kami beriman kepada Tuhan semesta alam (121) (yaitu) Tuhan Musa dan Harun” (123)) (Surah Asy-Syu’ara’) Fir'aun menyangka bahwa dia akan menang dengan para tukang sihir atas utusan Tuhan yang Maha Mengetahui semua rahasia. Lalu dia kecewa dan merugi, tidak masuk surga dan harus masuk neraka (Fir’aun berkata (kepada pemuka-pemuka kaumnya), "Datangkan­lah kepadaku semua ahli sihir yang pandai!" (79) Maka tatkala ahli-ahli sihir itu datang, Musa berkata kepada merelai.”Lemparkan!ah apa yang hendak kalian lemparkan" (80)) Sesungguhnya nabi Musa berkata demikian kepada mereka, karena ketika mereka telah berbaris, mendapat janji dari Fir’aun dengan menjadi orang-orang terdekat dan mendapat pemberian yang melimpah: (mereka berkata, "Hai Musa, (pilihlah), apakah kamu yang me­lemparkan (dahulu) atau kamikah yang mula-mula melemparkan?” (65) Musa berkata, "Silahkan kamu sekalian melemparkan”) (Surah Thaha) nabi Musa Ingin agar mereka yang memulai, agar orang-orang melihat apa yang mereka perbuat, kemudian dia datang dengan kebenaran setelah itu untuk menghancurkan kebathilan mereka. Oleh karena itu setelah (para ahli sihir itu melemparkan, mereka menyihir mata orang-orang yang ada, maka para ahli sihir itu membuat mereka yang hadir ketakutan; para ahli sihir telah mendatangkan sihir yang besar (Surah Al-A’raf: 116) (Maka Musa merasa takut dalam hatinya (67) Kami berkata, "Janganlah kamu takut, sesungguhnya kamulah yang paling unggul (68) Dan lemparkanlah apa yang ada di tangan kananmu, niscaya ia akan menelan apa yang mereka perbuat. Sesungguhnya apa yang mereka perbuat itu adalah tipu daya tukang sihir (belaka). Dan tidak akan menang tukang sihir itu, dari mana saja ia datang” (69)) (Surah Thaha) Lalu saat itu nabi Musa berkata setelah mereka me­lemparkan: (Apa yang kalian lakukan itu, itulah sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan ketidakbenarannya. Sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang-orang yang membuat kerusakan (81) Dan Allah akan mengokohkan yang benar dengan ketetapan-Nya, walaupun orang-orang yang berbuat dosa tidak menyukai(nya) (82))


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 79: Maka dikirimlah beberapa orang untuk mencari tukang sihir yang ada di berbagai kota di Mesir dengan beragam tingkatan mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 79

Setelah pada ayat sebelumnya dijelaskan penolakan firaun dan kaumnya terhadap dakwah nabi musa, lalu pada ayat ini dijelaskan tentang langkah yang diambil oleh firaun untuk menantang nabi musa dan fir'aun berkata kepada pemuka kaumnya, datangkanlah kepadaku semua penyihir yang ulung untuk melawan musa! maka ketika para penyihir itu sudah datang, mereka berkata kepada nabi musa, engkau atau kami yang melemparkan terlebih dahulu' nabi musa berkata kepada mereka, lemparkanlah terlebih dahulu apa yang hendak kamu lemparkan! (lihat: surah thaha/20: 65-66)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjabaran dari beragam mufassirun terkait makna dan arti surat Yunus ayat 79 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan bagi kita bersama. Sokong usaha kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dikunjungi

Nikmati berbagai konten yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Fatihah 6, Yasin 9, Al-Lail, At-Taubah 40, ‘Abasa, Dua (2) Terakhir al-Baqarah. Juga Al-Baqarah 285-286, Al-Hujurat 10, Luqman 13, An-Naas, Al-Ma’idah 32, Maryam.

  1. Al-Fatihah 6
  2. Yasin 9
  3. Al-Lail
  4. At-Taubah 40
  5. ‘Abasa
  6. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  7. Al-Baqarah 285-286
  8. Al-Hujurat 10
  9. Luqman 13
  10. An-Naas
  11. Al-Ma’idah 32
  12. Maryam

Pencarian: surat an nabak, al ahzab ayat 53, surat al ankabut ayat 2, ida zulzilatil ardhu zilzalaha, tafsir surat al anbiya ayat 30

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: