Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 63

الَّذِينَ آمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

Arab-Latin: Allażīna āmanụ wa kānụ yattaqụn

Terjemah Arti: (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan sifat-sifat wali-wali Allah itu bahwa mereka adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengikuti rasulNya, dan risalah yang dibawanya dari sisi Allah, dan mereka selalu bertakwa kepada Allah dengan melaksanakan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNYa.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

63. Para wali itu ialah orang-orang yang beriman kepada Allah, mengikuti Rasul-Nya dan bertakwa kepada Allah dengan cara menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

63. الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَكَانُوا۟ يَتَّقُونَ ((Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa)
Mereka tidak khawatir seperti kekhawatiran orang lain karena mereka telah menunaikan apa yang diwajibkan Allah kepada mereka, dan meninggalkan kemaksiatan yang dilarang untuk mereka kerjakan. Mereka yakin terhadap diri mereka dan berbaik sangka terhadap Tuhan mereka. Mereka juga tidak bersedih hati atas terlewatkannya suatu harapan mereka sebab mereka mengetahui bahwa hal itu atas ketetapan dan takdir Allah, sehingga dada mereka lapang, diri mereka penuh semangat, dan hati mereka bahagia.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

63 Mereka adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir dengan sungguh-sungguh dan mereka selalu bertakwa dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yakni beriman kepada Allah, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir dan qadar yang baik dan yang buruk, serta mereka benarkan iman mereka dengan amal, yaitu dengan bertakwa (menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya). Berdasarkan ayat ini, maka setiap mukmin adalah wali Allah, dan tingkat kewaliannya tergantung sejauh mana ketakwaan mereka kepada-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Wali-wali Allah yang disebut pada ayat sebelumnya, yaitu orangorang yang beriman tanpa ada sedikit pun keraguan dan senantiasa bertakwa, yakni selalu mengerjakan amal saleh sehingga mereka terhindar dari azab Allah. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia berupa ketenangan hidup karena mereka menempuh jalan yang benar dan di akhirat mereka terhindar dari siksa neraka dan masuk surga serta kekal di dalamnya (lihat: surah al-anfa'l/8: 10). Tidak ada perubahan bagi janjijanji, yakni ketetapan-ketetapan Allah. Demikian itulah, yakni terbebas dari siksa neraka dan kekal di surga adalah kemenangan yang agung.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 64 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 65 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 66, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 67, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 68, Makna Surat Yunus Ayat 69

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!