Surat Yunus Ayat 55

أَلَآ إِنَّ لِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۗ أَلَآ إِنَّ وَعْدَ ٱللَّهِ حَقٌّ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Alā inna lillāhi mā fis-samāwāti wal-arḍ, alā inna wa'dallāhi ḥaqquw wa lākinna akṡarahum lā ya'lamụn

Artinya: Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Ingatlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui(nya).

« Yunus 54Yunus 56 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat Yunus Ayat 55

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 55 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir berharga dari ayat ini. Diketemukan aneka ragam penjelasan dari beragam ahli ilmu berkaitan makna surat Yunus ayat 55, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Ingatalah, sesungguhnya yang ada di langit dan di bumi merupakan milik Allah , tidak ada sesuatupun darinya yang menjadi milik seseorang pun selainNya. Ingatlah, sesungguhnya perjumpaan dengan Allah dan siksaanNya bagi kaum musyrikin pasti terjadi, akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui hakikat hal demikian itu.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

55. Allah mengingatkan bahwa kerajaan tujuh langit dan tujuh bumi adalah kepunyaan-Nya, dan janji-Nya tentang hari kebangkitan, perhitungan, dan azab adalah janji yang benar dan tidak diragukan kedatangannya; akan tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui kebenarannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

55. Sesungguhnya hanya Allah lah pemilik apa saja yang ada di langit dan apa saja yang ada di bumi. Ingatlah, sesungguhnya ancaman Allah tentang hukuman bagi orang-orang kafir pasti akan terjadi, tidak ada keraguan sedikitpun tentang hal itu. Akan tetapi kebanyakan dari mereka tidak mengetahui hal itu, sehingga mereka merasa bimbang dan ragu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

55 Ingatlah sebagai keimanan bahwa Allah Maha Kuasa untuk memberi ganjaran dan juga azab, sesungguhnya apa yang ada di langit dan di bumi baik kerajaan, makhluk maupun hamba adalah kepunyaan Allah. Tidak ada seorangpun yang memiliki sesuatu untuk menyelamatkan mereka dari azab. Ingatlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui hakikat kebaikan dan kerusakan mereka serta apa yang menunggu mereka di akhirat


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Ketahuilah, sesungguhnya milik Allahlah apa yang ada di langit dan di bumi. Ketahuilah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

55. “Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan dibumi.” Dia menetapkan hukum pada mereka dengan hukum diniyah dan qadariyah, dan Dia akan menetapkan hukum pada mereka dengan hukum jaza’i. oleh karena itu, Dia berfirman, “Ingatlah, sesungguhnya janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui(nya).” Oleh karena itu, mereka tidak bersiap-siap untuk bertemu Allah bahkan mungkin mereka tidak beriman kepadanya, padahal dalil-dalil yang pasti dan bukti-bukti aqli dan naqli telah mendukungnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 55-56
Allah SWT memberitahukan bahwa Dia adalah Pemilik langit dan bumi; dan janjiNya itu benar dan pasti terjadi. Dia adalah Dzat yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepadaNyalah tempat mereka kembali. Dia Dzat yang Maha kuasa atas hal itu, dan Maha Mengetahui yang terpisah dari tubuh dan bertebaran di seluruh bumi, lautan, dan padang sahara.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 55: Dia memutuskan semua yang ada di langit dan di bumi dengan keputusan syar’i dan qadari (ketetapan-Nya di alam semesta), dan Dia akan memutuskan mereka dengan keptusan jaza’i (pembalasan).

Yaitu membangkitkan dan memberikan balasan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 55

Allah tidak akan menzalimi hamba-Nya, karena dia tidak memerlukan apapun dari siapapun. Ayat ini menegaskan, ketahuilah sesungguhnya milik Allah-lah apa yang ada di langit dan di bumi, dia yang menciptakan dan dia atur sesuai kehendak-Nya. Ketahuilah, bukankah janji Allah itu benar' hari pembalasan pasti akan datang. Orang yang taat pasti akan diberi pahala dan yang durhaka akan disiksa. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui dan tidak mempercayainya. Sebagai salah satu bukti kekuasaan Allah, dialah yang menghidupkan dan mematikan dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan setelah kematian menghampirimu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penafsiran dari berbagai ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat Yunus ayat 55 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Sokonglah syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Terbanyak Dibaca

Ada berbagai konten yang terbanyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 83, Al-Ma’idah 2, Ali Imran, Yunus 40-41, Al-Mujadalah 11, Al-Baqarah 286. Ada pula At-Takatsur, Asy-Syams, Az-Zalzalah, Al-Hujurat 12, Al-Isra 23, An-Nur 2.

  1. Al-Baqarah 83
  2. Al-Ma’idah 2
  3. Ali Imran
  4. Yunus 40-41
  5. Al-Mujadalah 11
  6. Al-Baqarah 286
  7. At-Takatsur
  8. Asy-Syams
  9. Az-Zalzalah
  10. Al-Hujurat 12
  11. Al-Isra 23
  12. An-Nur 2

Pencarian: surat al kahfi beserta artinya, surah al a'raf ayat 96, surah al baqarah dan artinya, al maidah ayat 73, qs mulk

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: