Surat Yunus Ayat 50

قُلْ أَرَءَيْتُمْ إِنْ أَتَىٰكُمْ عَذَابُهُۥ بَيَٰتًا أَوْ نَهَارًا مَّاذَا يَسْتَعْجِلُ مِنْهُ ٱلْمُجْرِمُونَ

Arab-Latin: Qul a ra`aitum in atākum 'ażābuhụ bayātan au nahāram māżā yasta'jilu min-hul-mujrimụn

Artinya: Katakanlah: "Terangkan kepadaku, jika datang kepada kamu sekalian sikaaan-Nya di waktu malam atau di siang hari, apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?"

« Yunus 49Yunus 51 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Terkait Dengan Surat Yunus Ayat 50

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 50 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa tafsir mendalam dari ayat ini. Didapati beberapa penjelasan dari banyak ulama berkaitan makna surat Yunus ayat 50, misalnya seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Katakanlah (wahai rasul), kepada orang-orang musyrik, ”beritahulkanlah kepadaku, bila siksaan Allah datang kepada kalian pada malam atau siang hari, maka apa yang kalian minta disegerakan wahai orang-orang pelaku maksiat, dari turunnya siksaan?


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

50. Katakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang yang meminta disegerakan azabnya itu, "Katakanlah padaku, jikalau azab Allah itu datang kepada kalian kapan saja di waktu malam atau siang, apa yang kalian maksudkan dengan penyegeraan azab?


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

50. مَّاذَا يَسْتَعْجِلُ مِنْهُ الْمُجْرِمُونَ (apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?)
Padahal azab adalah sesuatu yang dibenci, ditakuti hati, dan dijauhi oleh tabiat manusia; lalu apa sebab ketergesaan mereka terhadap azab. Dan orang yang berdosa seharusnya takut terhadap azab karena perbuatan dosanya, maka bagaimana mereka meminta untuk disegerakan azabnya?


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

50 Katakanlah kepada mereka: “Jelaskanlah kepadaku, jika sikaaan-Nya yang kalian minta untuk disegerakan itu datang kepada kamu sekalian di waktu malam atau di siang hari, apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?” Itu pasti akan menimpa mereka dan sangat menyakitkan sehingga tidak pas jika dipercepat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Katakanlah,“Perlihatkanlah kepadaku} Beritahulah kepadaku {jika datang kepada kalian siksaanNya pada waktu malam} malam {atau siang hari, manakah yang diminta untuk disegerakan} manakah azab yang diminta untuk disegerakan {oleh para pendurhaka itu”


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

50. Allah berfirman, “Katakanlah, ‘Terangkanlah kepadaku, jika datang kepada kamu sekalian siksaanNya di waktu malam,” pada waktu kamu tidur di malam hari. “Atau di siang hari”, pada waktu kamu lalai. “Apakah orang-orang yang berdosa itu minta disegerakan juga?” maksudnya berita apa yang ingin mereka segerakan kehadirannya, dan azab apa yang mereka inginkan?


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 48-52
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kekufuran orang-orang musyrik yang meminta agar disegerakan azab kepada mereka sebelum waktu datangnya azab itu ditentukan, yang mana itu tidak memberi manfaat bagi mereka. sebagaimana firman Allah SWT: (Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan, dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi)) (Surah Asy-Syura: 18) yaitu pasti terjadi dan sekalipun mereka tidak mengetahui waktunya secara tepat. Oleh karena itu Allah SWT memberikan petunjuk kepada Rasulullah SAW dalam menjawab mereka. Dia berfirman (Katakanlah, "Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudaratan dan tidak(pula) kemanfaatan kepada diriku”) yaitu, aku tidak berkata apapun kecuali yang telah Dia ajarkan kepadaku, dan aku tidak mampu atas sesuatu yang pengetahuannya hanya Dia ketahui, kecuali jika Dia memperlihatkannya kepadaku. Aku adalah hamba dan rasulNya kepada kalian. Aku memberitahukan kepada kalian tentang kedatangan hari kiamat, bahwa hari itu pasti terjadi, dan Dia tidak memperlihatkan kepadaku tentang waktunya, tetapi: (tiap-tiap umat mempunyai ajal) yaitu Setiap generasi mempunyai batas usia yang ditentukan, dan jika batas mereka itu telah habis: (Maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukannya.) Sebagaimana Allah berfirman (Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya) (Surah Al-Munafiqun: 11) Kemudian Allah memberitahukan bahwa azabNya akan menimpa mereka dengan tiba-tiba. Lalu Allah SWT berfirman: (Katakanlah.”Terangkan kepadaku, jika datang kepada kamu sekalian siksaan-Nya di waktu malam atau di siang hari) yaitu malam atau siang (apakah orang-orang yang berdosa itu minta disegerakan juga? (50) Kemudian apakah setelah terjadinya (azab itu), lalu kalian baru mempercayainya? Apakah sekarang (baru kalian mempercayai), padahal sebelumnya kalian selalu meminta supaya disegerakan? (51)) yaitu ketika azab datang kepada mereka, maka mereka berkata: (Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), niscaya kami akan mengerjakan kebajikan. Sungguh, kami adalah orang-orang yang yakin) (Surah As-Sajdah: 12)
(Kemudian dikatakan kepada orang-orang yang zalim (musyrik) itu, "Rasakanlah oleh kalian siksaan yang kekal”) yaitu pada hari kiamat, hal itu dikatakan sebagai kecaman dan cemoohan kepada mereka. sebagaimana firmanNya (Pada hari mereka didorong ke neraka Jahanam dengan sekuat-kuatnya (13) (Dikatakan kepada mereka) "Inilah neraka yang dahulu kalian selalu mendustakannya” (14) Maka apakah ini sihir? Ataukah kalian tidak melihat? (15) Masuklah kalian ke dalamnya (rasakanlah kepanasan apinya), maka baik kalian bersabar atau tidak, sama saja bagi kalian; kalian diberi balasan terhadap apa yang telah kalian kerjakan (16)) (Surah Ath-Thur)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 50: Di saat kamu sedang tidur.

Di saat kamu lalai.

Kabar gembira ataukah azab yang mereka minta untuk disegerakan.

Bisa juga diartikan, “Apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?"


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 50

Katakanlah wahai nabi Muhammad kepada orang-orang musyrik, terangkanlah kepadaku, jika datang kepada kamu siksaan-Nya pada waktu malam ketika kamu tidur nyenyak, atau siang hari ketika kamu sibuk dengan urusan duniamu, manakah yang diminta untuk disegerakan orangorang yang berdosa itu' Allah mampu menyegerakan azab yang mereka minta, tetapi dia menunda, karena memberi kesempatan kepada para pendurhaka untuk bertobat dari perbuatan maksiat. Kemudian apakah setelah azab itu terjadi, kamu baru mempercayainya bahwa Allah mahakuasa' padahal saat itu kepercayaanmu sudah tidak berguna, karena kamu sudah binasa. Apakah baru sekarang kamu percaya kalau azab itu pasti datang, padahal sebelumnya kamu selalu meminta agar azab itu disegerakan' ayat ini menjadi teguran bagi orang yang sombong bahkan menantang agar segera didatangkan azab yang diancamkan kepada orang-orang yang durhaka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah variasi penjelasan dari berbagai pakar tafsir terkait isi dan arti surat Yunus ayat 50 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk ummat. Dukunglah kemajuan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dikunjungi

Telaah banyak topik yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Maryam, Al-Baqarah 285-286, Al-Ma’idah 32, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, Al-Fatihah 6, Yasin 9. Serta Luqman 13, Al-Lail, An-Naas, ‘Abasa, At-Taubah 40, Al-Hujurat 10.

  1. Maryam
  2. Al-Baqarah 285-286
  3. Al-Ma’idah 32
  4. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  5. Al-Fatihah 6
  6. Yasin 9
  7. Luqman 13
  8. Al-Lail
  9. An-Naas
  10. ‘Abasa
  11. At-Taubah 40
  12. Al-Hujurat 10

Pencarian: surah al fatihah latin dan artinya, al maidah 90 91, al lail ayat 7, surat yusuf ayat 51, surat attalaq ayat 3 latin dan artinya

Bantu Kami

Setiap bulan TafsirWeb melayani 1.000.000+ kaum muslimin yang ingin membaca al-Quran dan tafsirnya secara gratis. Tentu semuanya membutuhkan biaya tersendiri.

Tolong bantu kami meneruskan layanan ini dengan membeli buku digital Jalan Rezeki Berlimpah yang ditulis oleh team TafsirWeb (format PDF, 100 halaman).

Dapatkan panduan dari al-Qur'an dan as-sunnah untuk meraih rezeki berkah berlimpah, dapatkan pahala membantu keberlangsungan kami, Insya Allah.