Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yunus Ayat 50

قُلْ أَرَأَيْتُمْ إِنْ أَتَاكُمْ عَذَابُهُ بَيَاتًا أَوْ نَهَارًا مَاذَا يَسْتَعْجِلُ مِنْهُ الْمُجْرِمُونَ

Arab-Latin: Qul a ra`aitum in atākum 'ażābuhụ bayātan au nahāram māżā yasta'jilu min-hul-mujrimụn

Terjemah Arti: Katakanlah: "Terangkan kepadaku, jika datang kepada kamu sekalian sikaaan-Nya di waktu malam atau di siang hari, apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?"

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Katakanlah (wahai rasul), kepada orang-orang musyrik, ”beritahulkanlah kepadaku, bila siksaan Allah datang kepada kalian pada malam atau siang hari, maka apa yang kalian minta disegerakan wahai orang-orang pelaku maksiat, dari turunnya siksaan?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

50. Katakanlah -wahai Rasul- kepada orang-orang yang meminta disegerakan azabnya itu, "Katakanlah padaku, jikalau azab Allah itu datang kepada kalian kapan saja di waktu malam atau siang, apa yang kalian maksudkan dengan penyegeraan azab?

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

50. مَّاذَا يَسْتَعْجِلُ مِنْهُ الْمُجْرِمُونَ (apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?)
Padahal azab adalah sesuatu yang dibenci, ditakuti hati, dan dijauhi oleh tabiat manusia; lalu apa sebab ketergesaan mereka terhadap azab. Dan orang yang berdosa seharusnya takut terhadap azab karena perbuatan dosanya, maka bagaimana mereka meminta untuk disegerakan azabnya?

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

50 Katakanlah kepada mereka: “Jelaskanlah kepadaku, jika sikaaan-Nya yang kalian minta untuk disegerakan itu datang kepada kamu sekalian di waktu malam atau di siang hari, apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?” Itu pasti akan menimpa mereka dan sangat menyakitkan sehingga tidak pas jika dipercepat.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Di saat kamu sedang tidur.

Di saat kamu lalai.

Kabar gembira ataukah azab yang mereka minta untuk disegerakan.

Bisa juga diartikan, “Apakah orang-orang yang berdosa itu meminta disegerakan juga?"

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Katakanlah wahai nabi Muhammad kepada orang-orang musyrik, terangkanlah kepadaku, jika datang kepada kamu siksaan-Nya pada waktu malam ketika kamu tidur nyenyak, atau siang hari ketika kamu sibuk dengan urusan duniamu, manakah yang diminta untuk disegerakan orangorang yang berdosa itu' Allah mampu menyegerakan azab yang mereka minta, tetapi dia menunda, karena memberi kesempatan kepada para pendurhaka untuk bertobat dari perbuatan maksiat. Kemudian apakah setelah azab itu terjadi, kamu baru mempercayainya bahwa Allah mahakuasa' padahal saat itu kepercayaanmu sudah tidak berguna, karena kamu sudah binasa. Apakah baru sekarang kamu percaya kalau azab itu pasti datang, padahal sebelumnya kamu selalu meminta agar azab itu disegerakan' ayat ini menjadi teguran bagi orang yang sombong bahkan menantang agar segera didatangkan azab yang diancamkan kepada orang-orang yang durhaka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yunus Ayat 51 Arab-Latin, Surat Yunus Ayat 52 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yunus Ayat 53, Terjemahan Tafsir Surat Yunus Ayat 54, Isi Kandungan Surat Yunus Ayat 55, Makna Surat Yunus Ayat 56

Category: Surat Yunus

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!