Surat Yunus Ayat 14

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ثُمَّ جَعَلْنَٰكُمْ خَلَٰٓئِفَ فِى ٱلْأَرْضِ مِنۢ بَعْدِهِمْ لِنَنظُرَ كَيْفَ تَعْمَلُونَ

Arab-Latin: ṡumma ja'alnākum khalā`ifa fil-arḍi mim ba'dihim linanẓura kaifa ta'malụn

Artinya: Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat.

« Yunus 13Yunus 15 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Tentang Surat Yunus Ayat 14

Paragraf di atas merupakan Surat Yunus Ayat 14 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran mendalam dari ayat ini. Tersedia beraneka penjelasan dari para pakar tafsir terkait makna surat Yunus ayat 14, misalnya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kemudian kami menjadikan kalian (wahai sekalain manusia), sebagai pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi setelah generasi yang dibinasakan, agar kami melihat apa yang akan kalian perbuat, kebaikan atau kebutukan, lalu kami memberikan balasan kepada kalian dengan itu sesuai dengan amal perbuatan kalian.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

14. Hai manusia, kemudian Kami jadikan kalian khalifah di muka bumi setelah umat-umat yang telah binasa itu, agar Kami menguji kalian dan melihat apa yang kalian perbuat, kebaikan atau keburukan? Kemudian Kami akan membalas perbuatan kalian tersebut.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

14. Kemudian Kami jadikan kalian -wahai manusia- sebagai pengganti umat-umat kafir yang telah Kami binasakan. Kami hendak melihat bagaimana kalian berbuat. Apakah kalian akan berbuat baik sehingga kalian akan mendapatkan ganjarannya, ataukah kalian akan berbuat jahat sehingga kalian akan dihukum karenanya?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

14. ثُمَّ جَعَلْنٰكُمْ خَلٰٓئِفَ (Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti)
Yakni Kami jadikan kalian penguasa di bumi setelah berlalunya kaum-kaum tersebut yang telah kalian dengar kisah-kisahnya dan kalian lihat peninggalan-peninggalannya.

لِنَنظُرَ كَيْفَ تَعْمَلُونَ (supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat)
Baik itu perbuatan baik maupun buruk.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Ketika Umar Al-Faruq membaca ayat ini beliau berkata : Sungguh maha benar Allah, tidaklah Ia menjadikan kita di muka bumi ini sebagai khalifah kecuali ia akan melihat kepada amal perbuatan kita, oleh karena itu berbuatlah kalian untuk Allah sebaik-baik amalan siang dan malam, baik secara zhohir ataupun ketika dalam tertutup.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

14. Wahai manusia, lalu Kami jadikan kalian sebagai pengganti-pengganti orang-orang yang dibinasakan karena kerusakan mereka, supaya Kami bisa melihat bagaimana amal kalian saat itu berupa amal baik atau buruk, lalu Kami akan membalas kalian atas amal perbuatan kalian.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kemudian Kami menjadikan kalian sebagai pengganti-pengganti} khalifah {di bumi setelah mereka} setelah generasi yang dibinasakan {agar Kami melihat bagaimana kalian berbuat


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

14. “Kemudian Kami menjadikanmu.” Yaitu, orang-orang yang ayat ini ditujukan kepadanya. “Sebagai pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat.” Jika kamu mengambil pelajaran dan nasihat dari orang-orang sebelummu, mengikuti ayat-ayat Allah, membenarkan rasul-rasulNya, niscaya kamu selamat di dunia dan akhirat. Jika kamu berbuat seperti apa yang diperbuat oleh orang-orang zhalim sebelummu, niscaya Dia menurunkan kepadamu azab yang telah Dia turunkan kepada mereka, dan siapa yang memberi peringatan maka dia telah memiliki (alasan) udzur (di hadapan Allah).


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 13-14
Allah SWT memberitahukan tentang apa yang menimpa para generasi terdahulu karena mereka mendustakan bukti nyata dan hujjah yang jelas yang dibawa oleh para rasul. Kemudian Allah mengganti mereka dengan kaum lain setelah mereka, dan mengutus seorang rasul kepada mereka untuk melihat ketaatan mereka kepadanya, dan apakah mereka mau mengikutinya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Yunus ayat 14: Wahai penduduk Mekah atau orang-orang yang ditujukan pembicaraan kepadanya.

Apakah kamu akan mengambil pelajaran terhadap umat-umat yang binasa terdahulu sehingga kamu membenarkan para rasul-Nya atau kamu mengikuti umat-umat itu dengan tetap mendustakan, sehingga kamu akan binasa seperti mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yunus Ayat 14

Kemudian kami jadikan kamu, seluruh manusia, sebagai penggantipengganti mereka untuk menjadi pemimpin di bumi setelah mereka binasa, untuk kami lihat bagaimana kamu berbuat, kebaikan atau keburukan. Allah akan memberi pahala orang yang berbuat baik dan menghukum orang yang yang berbuat jahat. Setelah dijelaskan bahwa Allah telah membinasakan orang-orang yang berbuat zalim dan menggantinya dengan kaum yang lain, lalu dijelaskan tentang sikap orang-orang musyrik terhadap ayat-ayat alqur'an. Dan apabila dibacakan walaupun dengan berulang-ulang kepada mereka ayat-ayat kami, Al-Qur'an dengan jelas kebenarannya bahwa ayatayat tersebut datang dari Allah, maka orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan kami, yakni tidak percaya dengan kehidupan akhirat, tidak mengharap pahala dan tidak percaya adanya siksa, mereka berkata, datangkanlah kitab selain Al-Qur'an ini atau gantilah isinya, ubahlah yang haram menjadi halal atau sebaliknya, dan hapuslah ayat-ayat yang mempersalahkan kepercayaan kami. Menjawab permintaan tersebut Allah memerintahkan, katakanlah Muhammad, tidaklah pantas bagiku untuk menggantinya atas kemauanku sendiri, karena aku hanya seorang utusan. Aku hanya mengikuti apa yang diwahyukan Allah kepadaku. Sesungguhnya aku benar-benar takut akan azab hari yang besar, yakni hari kiamat jika aku mendurhakai tuhanku yang aku yakin dia maha mengetahui seluruh ucapan dan perbuatanku.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penafsiran dari berbagai mufassirin terkait isi dan arti surat Yunus ayat 14 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah untuk ummat. Sokonglah kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Sering Dikunjungi

Kaji berbagai materi yang cukup sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Lail, Al-Fatihah 6, Al-Baqarah 285-286, Al-Hujurat 10, Al-Ma’idah 32, Yasin 9. Ada pula At-Taubah 40, Dua (2) Terakhir al-Baqarah, An-Naas, Luqman 13, Maryam, ‘Abasa.

  1. Al-Lail
  2. Al-Fatihah 6
  3. Al-Baqarah 285-286
  4. Al-Hujurat 10
  5. Al-Ma’idah 32
  6. Yasin 9
  7. At-Taubah 40
  8. Dua (2) Terakhir al-Baqarah
  9. An-Naas
  10. Luqman 13
  11. Maryam
  12. ‘Abasa

Pencarian: quran surat al-isra ayat 24, surat taubah ayat 128-129, surah thaha ayat 41 beserta artinya, al maidah litequran, surah al syam

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: