Surat At-Taubah Ayat 88

لَٰكِنِ ٱلرَّسُولُ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مَعَهُۥ جَٰهَدُوا۟ بِأَمْوَٰلِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ ۚ وَأُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمُ ٱلْخَيْرَٰتُ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُفْلِحُونَ

Arab-Latin: Lākinir-rasụlu wallażīna āmanụ ma'ahụ jāhadụ bi`amwālihim wa anfusihim, wa ulā`ika lahumul-khairātu wa ulā`ika humul-mufliḥụn

Artinya: Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

« At-Taubah 87At-Taubah 89 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Dengan Surat At-Taubah Ayat 88

Paragraf di atas merupakan Surat At-Taubah Ayat 88 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam pelajaran mendalam dari ayat ini. Terdokumentasi beragam penafsiran dari beragam ulama tafsir mengenai kandungan surat At-Taubah ayat 88, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Jika orang-orang munafik tetap berpaling dari berperang, maka sesungguhnya rasulullah dan kaum mukminin yang bersamanya telah berjihad dengan harta benda dan jiwa raga mereka. Dan bagi mereka kemenangan dan harta rampasan di dunia serta surga dan kemuliaan di akhirat. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

88. Adapun Rasulullah dan orang-orang beriman yang menyertainya tidak tertinggal untuk berjihad di jalan Allah layaknya orang-orang munafik itu. mereka berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka; sehingga balasan bagi mereka di sisi Allah adalah kebaikan-kebaikan di dunia berupa kemenangan dan harta ghanimah, dan kebaikan kebaikan di akhirat dengan dapat meraih surga dan mendapatkan apa yang mereka inginkan serta selamat dari apa yang mereka takuti.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

88. Sedangkan Rasulullah dan orang-orang yang beriman bersamanya tidak enggan pergi ke medan jihad fi sabilillah seperti orang-orang munafik itu. Orang-orang mukmin telah berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka, maka balasan yang mereka terima dari Allah ialah tercapainya keuntungan-keuntungan duniawi untuk mereka, seperti kemenangan dan rampasan perang, tercapainya keuntungan-keuntungan ukhrawi, seperti masuk Surga, tercapainya apa yang diinginkan, serta terhindar dari apa yang ditakutkan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

88. وَأُو۟لٰٓئِكَ لَهُمُ الْخَيْرٰتُ ۖ (Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan)
Yakni segala kebaikan yang meliputi manfaat dunia dan agama.
Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah para bidadari yang cantik jelita di surga.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

88. Akan tetapi rasulullah dan orang-orang yang beriman kepada risalahnya berjihad dengan harta dan jiwa mereka. Maka mereka berhak menerima pujian dan pahala yang agung. Bagi mereka itu kebaikan dan manfaar yang sangat melimpah di dunia dan akhirat, berupa pertolongan, rampasan perang, dan surga Firdaus yang tinggi.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Akan tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya. Mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka. Mereka memperoleh berbagai kebaikan} manfaat di dunia dan akhirat {Mereka itulah orang-orang yang beruntung


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

88. Allah berfirman, jika orang-orang munafik itu tidak berangkat jihad, maka Allah tidak membutuhkan mereka, Allah memiliki hamba-hamba khusus yang dikhususkanNya dengan karuniaNya yang melaksanakan perkara ini, mereka adalah “Rasul” Muhammad “dan orang-orang yang beriman bersamanya”, mereka berjihad “dengan harta dan diri mereka,” tanpa merasa berat dan malas, bahkan mereka berbahagia dan optimis, mereka itu adalah “orang-orang yang memperoleh kebaikan”, yang banyak di dunia dan akhirat. Dan mereka itu adalah “orang-orang yang beruntung”, yang meraih keinginan tertinggi dan impian yang mulia.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 88-89
Setelah Allah SWT menyebutkan celaan pada orang-orang munafik, Dia menjelaskan pujianNya kepada orang-orang mukmin dan apa yang mereka dapatkan di akhirat. Allah berfirman: (Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad) hingga akhir dua ayat berikutnya yang menjelaskan keadaan dan tempat kembali mereka. Firman Allah: (Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan) Yaitu di akhirat, di surga Firdaus dan derajat yang tinggi.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat At-Taubah ayat 88: Yakni, jika orang-orang munafik itu enggan berjihad, maka sesungguhnya Allah tidak butuh kepada mereka, dan Allah memiliki hamba-hamba pilihan-Nya yang siap mengemban tugas itu. Hal ini sama seperti ayat, “Jika orang-orang (Quraisy) itu mengingkarinya, maka sesungguhnya Kami akan menyerahkannya kepada kaum yang sekali-kali tidak akan mengingkarinya.” (Terj. Al An’aam: 89)

Yakni kebaikan yang banyak; baik di dunia maupun di akhirat.

Merekalah orang-orang yang memperoleh apa yang mereka cita-citakan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Taubah Ayat 88

Demikianlah keadaan kaum munafik itu, akan tetapi rasul dan orang-orang yang beriman bersama beliau, mereka berjihad dengan harta dan jiwa demi menegakkan kalimat Allah dan semata-mata mengharap keridaan-Nya. Mereka itu memperoleh kebaikan baik di dunia berupa kemenangan dan kemuliaan, maupun di akhirat kelak berupa kesenangan surgawi. Mereka itulah orang-orang yang beruntung. Allah telah menyediakan bagi mereka, orang mukmin, surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar. Keberuntungan hakiki adalah ketika amal seseorang menyelamatkannya dari neraka dan mengantarkannya ke surga.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian bermacam penjabaran dari kalangan ahli ilmu mengenai isi dan arti surat At-Taubah ayat 88 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita. Dukung perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Link Paling Sering Dikunjungi

Nikmati banyak materi yang paling sering dikunjungi, seperti surat/ayat: Maryam, Al-Lail, An-Naas, ‘Abasa, At-Taubah 40, Al-Ma’idah 32. Juga Luqman 13, Yasin 9, Al-Hujurat 10, Al-Baqarah 285-286, Al-Fatihah 6, Dua (2) Terakhir al-Baqarah.

  1. Maryam
  2. Al-Lail
  3. An-Naas
  4. ‘Abasa
  5. At-Taubah 40
  6. Al-Ma’idah 32
  7. Luqman 13
  8. Yasin 9
  9. Al-Hujurat 10
  10. Al-Baqarah 285-286
  11. Al-Fatihah 6
  12. Dua (2) Terakhir al-Baqarah

Pencarian: al maidah ayat 47, al an'am ayat 125, doa an naba, surat yusuf ayat 3-4, surat al falaq artinya

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: