Surat Al-Anfal Ayat 46

وَأَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ وَلَا تَنَٰزَعُوا۟ فَتَفْشَلُوا۟ وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَٱصْبِرُوٓا۟ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Arab-Latin: Wa aṭī'ullāha wa rasụlahụ wa lā tanāza'ụ fa tafsyalụ wa taż-haba rīḥukum waṣbirụ, innallāha ma'aṣ-ṣābirīn

Artinya: Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

« Al-Anfal 45Al-Anfal 47 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Mengenai Surat Al-Anfal Ayat 46

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Anfal Ayat 46 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah menarik dari ayat ini. Ada variasi penafsiran dari beragam ahli tafsir terhadap kandungan surat Al-Anfal ayat 46, sebagiannya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan berpegang teguhlah kalian untuk taat kepada Allah dan taat kepada rasulNya dalam seluruh keadaan kalian, dan janganlah kalian saling bersilang pendapat diantara kalian sehingga tercerai berai persatuan kalian dan bertentangan isi hati kalian, sehingga kalian akan melemah serta kekuatan dan kemenangan kalian akan sirna.Dan bersabarlah ketika mengahadpi musuh. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan bantuan, pertolongan dan dukunganNya, serta tidak akan menelantarkan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

46. Dan tetaplah taat kepada Allah dan taat kepada rasul-Nya dalam ucapan-ucapan, perbuatan-perbuatan, dan seluruh hal ihwal kalian. Dan janganlah kalian berselisih pendapat. Karena perselisihan akan membuat kalian menjadi lemah, takut, dan kehilangan kekuatan kalian. Dan bersabarlah ketika kalian berhadapan dengan musuh kalian. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dalam bentuk pertolongan, dukungan, dan bantuan. Dan barangsiapa yang Allah menyertai-Nya, maka ialah orang yang pasti meraih kemenangan dan mendapatkan pertolongan.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

46. وَلَا تَنٰزَعُوا۟ فَتَفْشَلُوا۟ (dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar)
Allah melarang mereka saling berselisih pendapat kerena itu menjadi sebab kekalahan dalam perang.

وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ( dan hilang kekuatanmu)
Makna (الريح) yakni kekuatan dan kemenangan. Dan mendapat lain mengatakan yakni negara yang pelaksanaan pemerintahannya diserupakan dengan hembusan angin.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Sesungguhnya perpecahan akan melemahkan ummat yang telah kuat, dan akan mematikan ummat yang telah melemah { وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ } "dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu".


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

46 Taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dalam hal perintah maupun larangan tanpa penyepelan. Janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu sehingga kalian tidak mendapatkan pertolongan. Serta bersabarlah atas kesempitan dan kesulitan perang. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar dengan memberi pertolongan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Taatlah kepada Allah dan RasulNya, janganlah berbantah-bantahan} janganlah berselisih {sehingga kalian menjadi gentar} sehingga kalian merasa lemah dan pengecut {dan kekuatan kalian} kekuatan kalian {hilang dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

46. “Dan taatlah kepada Allah dan RasulNya”, dalam melaksanakan perintah keduanya dan tetaplah demikian dalam segala kondisi. “dan janganlah kamu berbantah-bantahan”, dengan bantah-bantahan yang menyebabkan perpecahan hati-hati kalian “yang menyebabkan kamu menjadi gentar,” yakni takut, “dan hilang kekuatanmu.” Yakni, tekadmu melempem, kekuatanmu luruh, dan kemenangan yang dijanjikan kepadamu atas ketaatan kepada Allah dan rasulNya hilang lenyap. “dan bersabarlah,” di atas ketaatan kepada Allah. “sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar”, dengan pertolongan, dukungan , dan kemenangan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 45-46
Ini adalah pengajaran Allah kepada hamba-hambaNya yang beriman adab dan keberanian dalam berperang melawan musuh. Oleh karena itu Allah berfirman: (Hai orang-orang yang beriman, apabila kalian memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kalian) Disebutkan dalam hadits shahih Bukhari Muslim, dari Abdullah bin Abi Aufa, bahwa Rasulullah SAW di sebagian hari beliau menunggu musuh sehingga ketika matahari condong hendak tenggelam, beliau berdiri di hadapan mereka dan bersabda,”Hai manusia, janganlah kalian berharap untuk bertemu musuh, tetapi mohonlah keselamatan kepada Allah, jika kalian bertemu dengan musuh, maka bersabarlah, dan ketahuilah bahwa surga itu di bawah naungan pedang “ Kemudian Nabi SAW berdoa: “Ya Allah, Dzat yang menurunkan Al-Qur'an, menjalankan awan, dan yang mengalahkan golongan-golongan bersekutu, kalahkanlah mereka dan tolonglah kami dalam menghadapi mereka.”
Allah SWT memerintahkan untuk teguh dalam memerangi musuh dan bersabar untuk menghadapi mereka, maka janganlah mereka lari, mundur, dan pengecut. Dan hendaklah mereka menyebut nama Allah dalam keadaan itu, dan janganlah melupakanNya, melainkan hendaklah meminta pertolongan, berserah diri, dan memohon kemenangan kepadaNya atas musuh-musuh mereka. Dan hendaklah mereka taat kepada Allah dan Rasulallah dalam keadaan itu, maka apa yang diperintahkan Allah kepada mereka, maka hendaklah mereka mengerjakannya, dan apa yang dilarang olehnya maka hendaklah mereka meninggalkannya. Dan janganlah mereka saling berbantahan di antara mereka yang akan mencerai-beraikan mereka sehingga menjadi penyebab kekalahan dan kegagalan mereka (dan hilang kekuatan kalian) yaitu kekuatan, persatuan, dan apa yang telah kalian terima (dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar)


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-Anfal ayat 46: Dengan melakukan apa yang diperintahkan dan berjalan di belakangnya.

Di atas ketaatan kepada Allah.

Dengan memberikan pertolongan dan bantuan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Anfal Ayat 46

Bukan hanya itu, orang-orang mukmin juga diperintahkan agar senantiasa menghiasi diri dengan menaati Allah dan rasul-Nya. Dan taatilah Allah dan rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih atau saling berdebat yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan bahkan kekuatan kalian hilang sehingga tidak berdaya sama sekali; dan bersabarlah ketika menghadapi musuh dalam situasi dan kondisi apa pun. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar. Allah akan selalu menolong hamba-hambanya yang membela dan mempertahankan kebenaran dengan penuh kesabaran, kesungguhan, dan semata-mata didasari atas ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beraneka penjelasan dari beragam mufassirin terkait isi dan arti surat Al-Anfal ayat 46 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan untuk kita semua. Bantu usaha kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Terbanyak Dicari

Ada ratusan halaman yang terbanyak dicari, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah, Al-Ma’idah 2, At-Takatsur, Al-Hujurat 12, Yunus 40-41, Al-Mujadalah 11. Termasuk Ali Imran, Al-Baqarah 286, Asy-Syams, Al-Baqarah 83, Al-Isra 23, An-Nur 2.

  1. Az-Zalzalah
  2. Al-Ma’idah 2
  3. At-Takatsur
  4. Al-Hujurat 12
  5. Yunus 40-41
  6. Al-Mujadalah 11
  7. Ali Imran
  8. Al-Baqarah 286
  9. Asy-Syams
  10. Al-Baqarah 83
  11. Al-Isra 23
  12. An-Nur 2

Pencarian: al baqarah 146, surat 15 ayat 9, surat 12 ayat 5, surat isra, surah al fajar

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: