Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Anfal Ayat 45

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū iżā laqītum fi`atan faṡbutụ ważkurullāha kaṡīral la'allakum tufliḥụn

Terjemah Arti: Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya serta melaksanakan syariatNya, bila kalian berhadapan dengan golongan dari pengikut kekafiran yang sungguh-sungguh telah bersiap memerangi kalian, maka bertahanlah kalian dan jangan mundur dari mereka. Dan ingatlah Allah banyak-banyak dengan memohon diturunkannya pertolongan pada kalian dan kemenangan atas musuh kalian, agar kalian beruntung.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

45. Wahai orang-orang yang percaya kepada Allah dan mengikuti rasul-Nya, apabila kalian berperang melawan sekumpulan orang-orang kafir, maka hadapilah mereka dengan gagah berani dan jangan takut. Banyak-banyaklah berzikir dan berdoa kepada Allah. Karena Dia lah yang sanggup menolong kalian untuk mengalahkan mereka agar kalian mendapatkan apa yang kalian inginkan dan terhindar dari apa yang kalian takutkan.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

45. إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً (apabila kamu memerangi pasukan (musuh))
Apabila kalian memerangi sekelompok kaum musyrikin.

فَاثْبُتُوا۟( maka berteguh hatilah kamu)
Yakni teguhlah menghadapi mereka dan janganlah kalian takut. Dan bisa jadi keteguhan dalam menghadapi mereka hanya bisa diperoleh dengan membentuk siasat dan bergabung dengan pasukan lain.

وَاذْكُرُوا۟ اللهَ كَثِيرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ(dan sebutlah Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung)
Yakni sebutkanlah pertolongan, keagungan, dan kuasa-Nya ketika hati kalian sangat ketakutan karena dengan menyebut-Nya akan menjadi faktor yang membuat kalian berteguh hati. Berzikirlah menyebut-Nya dengan lisan kalian dan berdoalah kepada-Nya di saat itu sebagaimana para pasukan Thalut berdoa: “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir”.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

45 Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan musuh, maka berteguh hatilah kamu untuk memerangi mereka dan jangan gentar dan sebutlah nama Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung di dunia dan akhirat

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Tahanlah jiwamu dan bersabarlah di atas ketaatan yang besar ini, di mana akibatnya adalah kemuliaan dan kemenangan. Untuk memperoleh kesabaran di waktu ini caranya adalah dengan memperbanyak dzikrullah. Berdasarkan ayat ini, sabar, teguh hati dan banyak berdzikr merupakan sebab terbesar seseorang memperoleh kemenangan.

Yakni memperoleh apa yang kamu inginkan berupa kemenangan atas musuh.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Usai memaparkan kenikmatan yang Allah karuniakan kepada umat islam pada perang badar, seperti kemenangan dan ganimah, pada ayat ini Allah mengajarkan apa yang seharusnya dilakukan seorang mukmin saat menghadapi musuh. Wahai orang-orang yang beriman! apabila kamu bertemu pasukan musuh, maka berteguh hatilah dengan tetap menunjukkan keberanian setelah melakukan persiapan yang matang dan janganlah gentar apalagi melemah dalam membela kebenaran, dan sebutlah nama Allah banyak-banyak, yakni berzikir dan berdoalah semoga Allah memberikan kemenangan agar kamu beruntung. Bukan hanya itu, orang-orang mukmin juga diperintahkan agar senantiasa menghiasi diri dengan menaati Allah dan rasul-Nya. Dan taatilah Allah dan rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih atau saling berdebat yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan bahkan kekuatan kalian hilang sehingga tidak berdaya sama sekali; dan bersabarlah ketika menghadapi musuh dalam situasi dan kondisi apa pun. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar. Allah akan selalu menolong hamba-hambanya yang membela dan mempertahankan kebenaran dengan penuh kesabaran, kesungguhan, dan semata-mata didasari atas ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Anfal Ayat 46 Arab-Latin, Surat Al-Anfal Ayat 47 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Anfal Ayat 48, Terjemahan Tafsir Surat Al-Anfal Ayat 49, Isi Kandungan Surat Al-Anfal Ayat 50, Makna Surat Al-Anfal Ayat 51

Category: Surat Al-Anfal

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!