Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Anfal Ayat 40

وَإِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَوْلَاكُمْ ۚ نِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Arab-Latin: Wa in tawallau fa'lamū annallāha maulākum, ni'mal-maulā wa ni'man-naṣīr

Terjemah Arti: Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan apabila kaum musyrikin berpaling dari seruan dakwah yang kalian serukan kepada mereka (wahai kaum mukminin), untuk beriman kepada Allah dan rasulNya, serta meninggalkan usaha memerangi kalian, namun mereka tetap menolak, terus bertahan di atas kekafiran dan tetap memerangi kalian, maka yakinlah kalian bahwa sesungguhnya Allah akan menolong dan memenangkan kalian atas musuh kalian.Dia lah sebaik-baik Dzat yang menolong dan membantu kemenangan bagi kalian dan bagi para kekasihNya atas musuh-musuh kalian.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

40. Jika mereka mengabaikan perintah untuk menghentikan praktik kekafiran dan menghalang-halangi orang dari jalan Allah, maka yakinlah -wahai orang-orang mukmin- bahwa Allah akan menolong kalian untuk mengalahkan mereka. Allah adalah sebaik-baik pelindung bagi siapa saja yang Dia lindungi, dan sebaik-baik penolong bagi siapa saja yang Dia tolong. Siapa saja yang Dia lindungi akan beruntung. Dan siapa saja yang Dia tolong akan menang.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

40. وَإِن تَوَلَّوْا۟ (Dan jika mereka berpaling)
Dari apa yang diperintahkan kepada mereka, yaitu berhenti dari kekafiran mereka.

فَاعْلَمُوٓا۟( maka ketahuilah)
Wahai orang-orang beriman.

أَنَّ اللهَ مَوْلَىٰكُمْ ۚ( bahwasanya Allah Pelindungmu)
Yakni penolong kalian atas mereka.

نِعْمَ الْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ النَّصِيرُ(Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong)
Dan barangsiapa yang menjadikan-Nya sebagai penolong maka ia akan beruntung, dan barangsiapa yang ditolong oleh Allah niscaya ia akan menang.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

40 Dan jika mereka berpaling dari keimanan, dan tetap dalam kekufuran, maka ketahuilah wahai orang-orang yang beriman bahwasanya Allah adalah Pengatur segala urusanmu dan juga Pelindungmu dari mereka. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong. Tidak akan ada yang bisa melawan siapa yang Dia tolong.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Dia akan menyampaikan kepada hamba-hamba-Nya yang mukmin hal yang bermaslahat bagi mereka dan memudahkan untuk mereka manfaat agama maupun dunia.

Dia akan menolong mereka dan menghindarkan tipu daya yang dilancarkan orang-orang fasik. Barang siapa Allah Pelindungnya, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan jika mereka berpaling dari ajakanmu untuk beriman kepada Allah dan rasul-Nya dan tidak menghentikan penganiayaan, maka ketahuilah dengan penuh keyakinan bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu, karena itu jangan khawatirkan ancaman mereka, serahkan sepenuhnya kepada Allah setelah kamu berusaha sesuai kemampuan kamu. Dia adalah sebaik-baik pelindung, karena tidak ada yang dapat membatalkan perlindungan-Nya, dan tidak ada selain-Nya yang dapat memberi perlindungan, dan dia juga adalah sebaik-baik penolong, karena selain Allah boleh jadi suatu ketika melemah dan tidak mampu menolongsetelah memerintahkan umat islam memerangi orang-orang kafir jika mereka memerangi umat islam, maka pada ayat ini Allah menjelaskan ketentuan pembagian ganimah, yang ketentuannya hanya dilakukan oleh Allah semata. Karena itu, ketahuilah, wahai orang-orang beriman, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, yaitu harta yang diperoleh dari orang-orang kafir melalui pertempuran, maka seperlima untuk Allah, rasul yang digunakan untuk kemaslahatan umat yang ditetapkan sendiri oleh beliau, kerabat rasul, bani ha'syim dan bani mua'a'alib, anak yatim, karena mereka kehilangan orang tua yang bertanggung jawab untuk membiayai hidupnya, orang miskin yang membutuhkan bantuan, dan ibnu sabil, yaitu orang yang kehabisan bekal ketika sedang dalam perjalanan. Demikian ini, jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang kami turunkan berupa ayat-ayat yang berfungsi untuk penguatan mental dan pertolongan, kepada hamba kami, nabi Muhammad, di hari furqa'n, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan pada perang badar, 17 ramadan tahun kedua hijriah, yang dalam hitungan kalian kalah, sementara mereka menduga keras akan memperoleh kemenangan, ternyata kaum musliminlah yang memperoleh kemenangan berkat pertolongan Allah, sebab Allah mahakuasa atas segala sesuatu, termasuk memenangkan kelompok kecil atas kelompok yang besar.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Anfal Ayat 41 Arab-Latin, Surat Al-Anfal Ayat 42 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Anfal Ayat 43, Terjemahan Tafsir Surat Al-Anfal Ayat 44, Isi Kandungan Surat Al-Anfal Ayat 45, Makna Surat Al-Anfal Ayat 46

Category: Surat Al-Anfal

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!