Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Anfal Ayat 29

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا وَيُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū in tattaqullāha yaj'al lakum furqānaw wa yukaffir 'angkum sayyi`ātikum wa yagfir lakum, wallāhu żul-faḍlil-'aẓīm

Terjemah Arti: Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. Dan kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulNya serta melaksanakan syari’atNya, jika kalian bertakwa kepada Allah dengan mengerjakan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNYa, niscaya Dia akan menjadiakan bagi kalian pemisah atara yang haq dengan yang batil, menghapuskan dari kalian dosa-dosa kalian yang sudah terjadi, dan menutupnya bagi kalian, sehingga Dia tidak menghukum kalian karenanya.Dan Allah memiliki kebaikan dan pemberian yang banyak lagi luas.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

29. Wahai orang-orang yang percaya kepada Allah dan mengikuti rasul-Nya, ketahuilah! Apabila kalian bertakwa kepada Allah dengan menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, maka Allah akan memberi kalian sesuatu yang dapat kalian gunakan untuk membedakan antara perkara yang benar dan perkara yang batil, sehingga keduanya tidak membingungkan kalian. Allah juga akan menghapus keburukan-keburukan yang pernah kalian lakukan dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan Allah memiliki anugerah yang sangat besar. Salah satu anugerah-Nya yang sangat besar ialah Surga yang Dia siapkan untuk hamba-hamba-Nya yang bertakwa.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

29. يَجْعَل لَّكُمْ فُرْقَانًا (Kami akan memberikan kepadamu Furqaan)
Yakni dengan ketakwaan Allah memberikan kalian keteguhan hati, ketajaman mata hati, dan kebaikan hidayah sehingga kalian dapat membedakan antara kebenaran dan kebathilan, mengetahui jawaban dari berbagai syubhat, dan selamat dari segala yang kalian takuti.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

Suatu ketika Imam Malik berpesan kepada muridnya yakni Asy-Syafi'i ketika pertama kali bertemu dengannya : ((Sesungguhnya aku melihat Allah telah memasukkan ke dalam hatimu cahaya, maka janganlah kamu mematikannya dengan gelapnya kemaksiatan)), dan makna yang terkandung dalam pesan Imam Malik ini diambil dari firman Allah : { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَتَّقُوا اللَّهَ يَجْعَلْ لَكُمْ فُرْقَانًا } "Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan" , Ibnul Qayyim berkata : ((Dan diantara furqon itu adalah : cahaya yang denganya seorang hamba dapat membedakan antara yang haq dan bathil, maka semakin hatinya mendekat kepada Allah niscaya furqonnya semakin sempurna, dan hanya kepada Allah kita mengharap datangnya taufiq)).

Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim

29 Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah dengan taat dan menjauhi maksiat, Kami akan memberikan kepadamu cahaya yang mampu membedakan baik dan buruk serta ilmu yang bermanfaat. Pertolongan dari musuh dan menghapus dosa-dosa kalian. Dan Allah mempunyai karunia yang besar Yang akan memberikan pahala yang banyak.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Furqan artinya kemampuan membedakan antara yang haq (benar) dan yang batil, petunjuk dan kesesatan, dan yang halal dengan yang haram. Furqan dapat juga diartikan dengan pertolongan.

Yaitu dosa-dosa kecil.

Yaitu dosa-dosa besar.

Allah memiliki pahala yang besar dan banyak bagi orang-orang yang bertakwa kepada-Nya dan mendahulukan keridhaan-Nya di atas hawa nafsunya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dalam menghadapi ujian hidup, apalagi menyangkut anak dan harta, manusia seringkali bingung dan sulit menentukan sikap. Maka melalui ayat ini Allah menjelaskan cara untuk menyingkirkan kebingungan itu. Wahai orang-orang yang beriman! jika kamu bertakwa kepada Allah, patuh pada perintah Allah dalam kesendirian atau di tengah keramaian, niscaya dia akan memberikan karunia berupa furqa'n, yakni kemampuan membedakan antara yang hak dan batil kepadamu, dan menghapus segala kesalahanmu dengan menutupinya di dunia dan akhirat serta tidak menuntut pertanggungjawabanmu, dan mengampuni dosadosa-Mu. Allah memiliki karunia yang besar nabi Muhammad pun diingatkan oleh Allah tentang nikmat yang harus disyukuri, terutama ketika Allah menyelamatkannya dari upaya jahat orang-orang kafir mekah. Dan ingatlah wahai nabi Muhammad, ketika tokoh dan pemuka orang-orang kafir mekah, terutama dari kalangan kaum quraisy memikirkan dan merencanakan tipu daya terhadapmu nabi Muhammad untuk mence-lakakanmu dengan menangkap dan memenjarakanmu, atau membunuhmu, atau mengusirmu dari mekah. Mereka selalu memikirkan dan membuat tipu daya dan Allah membuat apa yang serupa dengan tipu daya yang lebih hebat, sehingga menggagalkan tipu daya mereka itu. Mereka mengatur rencana jahat, tapi Allah juga punya rencana menyelamatkan dirimu dari kejahatan mereka. Dan rencana Allah itu lebih baik, lebih kuat dan lebih unggul, karena Allah adalah sebaik-baik pembalas tipu daya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Anfal Ayat 30 Arab-Latin, Surat Al-Anfal Ayat 31 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Anfal Ayat 32, Terjemahan Tafsir Surat Al-Anfal Ayat 33, Isi Kandungan Surat Al-Anfal Ayat 34, Makna Surat Al-Anfal Ayat 35

Category: Surat Al-Anfal

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!