Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Anfal Ayat 3

الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Arab-Latin: Allażīna yuqīmụnaṣ-ṣalāta wa mimmā razaqnāhum yunfiqụn

Terjemah Arti: (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Orang-orang yang terus menerus dalam menjalankan shalat fardu pada waktu-waktunya, dan dari rizki yang kami berikan kepada mereka dari harta-harta mereka infakan sesuai apa yang Allah perintahkan kepada mereka.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Yaitu orang-orang yang selalu menunaikan salat secara sempurna dan tepat pada waktunya, serta menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, baik yang bersifat wajib maupun sunah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3 Yaitu orang-orang yang mendirikan shalat dengan sempurna pada waktunya dan melengkapi rukunnya. Juga yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dalam ketaatan

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yang wajib maupun yang sunat disertai sikap khusyu’ (hadirnya hati dan diamnya anggota badan).

Baik infak yang wajib (seperti zakat, kaffarat, menafkahi anak dan istri, orang tua, dan budak yang dimiliki) maupun yang sunat (seperti sedekah di semua jalan-jalan kebaikan).

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Selain memiliki keimanan yang mantap dan kuat, serta amal kalbu lainnya, secara lahiriah orang mukmin sejati adalah orang-orang yang melaksanakan salat secara berkesinambungan sesuai waktu dan tatacara yang telah ditetapkan, dengan penuh rasa khusyuk dan ikhlas, dan mereka yang menginfakkan sebagian dari rezeki yang kami berikan kepada mereka sesuai ketentuan setelah menjelaskan beberapa bentuk amal yang berkaitan dengan hati, anggota tubuh dan harta, Allah menjelaskan bahwa mereka yang memiliki sifat-sifat seperti tersebut di atas itulah orang-orang yang benarbenar beriman, lahir dan batin, yang sempurna lagi mantap imannya. Mereka akan memperoleh derajat-derajat yang tinggi di sisi tuhannya, sesuai dengan amal mereka. Dan ampunan atas segala dosa mereka serta rezeki yang mulia berupa kehidupan yang baik di dunia dan kehidupan yang membahagiakan di akhirat.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Anfal Ayat 4 Arab-Latin, Surat Al-Anfal Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Anfal Ayat 6, Terjemahan Tafsir Surat Al-Anfal Ayat 7, Isi Kandungan Surat Al-Anfal Ayat 8, Makna Surat Al-Anfal Ayat 9

Category: Surat Al-Anfal

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!