Surat Al-A’raf Ayat 154

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلَمَّا سَكَتَ عَن مُّوسَى ٱلْغَضَبُ أَخَذَ ٱلْأَلْوَاحَ ۖ وَفِى نُسْخَتِهَا هُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلَّذِينَ هُمْ لِرَبِّهِمْ يَرْهَبُونَ

Arab-Latin: Wa lammā sakata 'am mụsal-gaḍabu akhażal-alwāḥa wa fī nuskhatihā hudaw wa raḥmatul lillażīna hum lirabbihim yar-habụn

Artinya: Sesudah amarah Musa menjadi reda, lalu diambilnya (kembali) luh-luh (Taurat) itu; dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yang takut kepada Tuhannya.

« Al-A'raf 153Al-A'raf 155 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Dengan Surat Al-A’raf Ayat 154

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 154 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran berharga dari ayat ini. Terdokumentasi aneka ragam penjelasan dari kalangan ulama terkait isi surat Al-A’raf ayat 154, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan ketika Musa telah tenang dari amarahnya, dia mengambil lauh-lauh taurat setelah melemparnya ke tanah.dan di dalamnya terdapat penjelasan tentang kebenaran dan rahmat bagi orang-orang yang takut kepada Allah dan khawatir akan siksaanNya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

154. Ketika kemarahan Musa reda setelah saudaranya meminta maaf dan kaumnya telah bertaubat, Musa kembali mengambil lauh-lauh yang telah dia lempar. Lauh-lauh itu mengandung petunjuk agung menuju jalan yang benar dan rahmat yang luas bagi orang-orang yang sangat takut kepada Pencipta mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

154. Setelah kemarahan Musa -‘Alaihissalām- reda, ia mengambil lembaran-lembaran (Taurat) yang dilemparkannya karena dibakar amarahnya. Sedangkan papan-papan tersebut berisi petunjuk dari jalan yang sesat menuju jalan yang benar. Dan juga berisi rahmat bagi orang-orang yang takut kepada Tuhan dan takut akan hukuman-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

154. وَلَمَّا سَكَتَ عَن مُّوسَى الْغَضَبُ (Sesudah amarah Musa menjadi reda)
Ketika telah tenang.

أَخَذَ الْأَلْوَاحَ ۖ( lalu diambilnya (kembali) luh-luh (Taurat) itu)
Yang telah dilemparnya ketika ia marah.

وَفِى نُسْخَتِهَا هُدًى وَرَحْمَةٌ(dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat)
Yakni dalam tulisan yang ada pada lauh-lauh (papan-papan) yang pecah itu, dan dipindah ke papan-papan yang lain, yang berisi hukum-hukum.
Adapun rahmat adalah rahmat yang luas yang mereka dapatkan dari Allah ketika mereka mengamalkan isi kandungan Taurat itu.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

154. Dan ketika kemarahan Musa lenyap dan menjadi tenang, dia mengambil catatan taurat yang dilempar ketika marah. Dan yang tercatat di dalamnya adalah tuntunan bagi orang-orang yang tersesat, petunjuk menuju hikmah, dan rahmat yang luas bagi orang-orang yang takut kepada Tuhannya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Setelah mereda} tenang {amarah Musa, dia mengambil lembaran-lembaran itu. Di dalam tulisannya} dalam tulisannya {terdapat petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang takut kepada Tuhannya} takut


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

154 “sesudah amarah Musa menjadi reda” yakni kemarahannya reda, jiwanya tenang, dan dapat mengusai dirinya, maka dia mulai melakukan perkara paling penting padanya, maka dia mengambil ”lauh-lauh (taurat) itu” yang dia lemparkan, dan ia adalah lauh-lauh yang mulia dan berukuran besar ”dan dalam tulisannya” yakni mengandung dan berisi ”petunjuk dan rahmat” yakni di dalamnya terdapat petunjuk dari kesesatan, penjelasan tentang kebenaran dari kebatilan, perbuatan baik dan perbuatan buruk, petunjuk kepada amalan, akhlak, dan adab terbaik, serta rahmat dan kebahagiaan bagi yang melaksankannya dan mengetahui hukum-hukum dan makna-maknanya. Akan tetapi tidak semua orang mau menerima petunjuk Allah dan RahmatNya, yang bersedia menerima, menaati, dan tunduk kepadanya adalah ”Orang-orang yang takut kepada Rabbnya” Adapun orang yang tidak takut kepada Allah dan tidak pula kepada pengadilan di hadapanNYa, maka ia hanya menambah kesombongannya dan penolakannya, dan hujjah Allah pun tegak atasnya.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Allah SWT berfirman: (Sesudah terdiam) yaitu tenang (kemarahan Musa) yaitu kemarahannya terhadap kaumnya (lalu Musa mengambil (kembali) luh-luh itu) yang dia lemparkan karena sangat murka karena karena penyembahan mereka kepada patung anak sapi, yang merupakan kemarahan akibat kecemburuan untuk Allah dan kemurkaan terhadap perbuatan mereka. (dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yang takut kepada Tuhannya) “Ar-rahbah” mengandung makna tunduk, oleh karena itu dihubungkan dengan huruf "lam"


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 154: Adapun orang-orang yang tidak takut kepada Tuhannya, maka hal itu tidak menambahnya selain sikap congkak dan menjauh, dan kepadanya hujjah Allah tegak.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 154

Setelah menjelaskan sikap masing-masing dan perlakuan Allah terhadap mereka, kisah penyembahan anak sapi diakhiri dengan firmannya, dan setelah amarah nabi musa mereda, dia mengambil kembali lauh-lauh taurat yang tadi dilemparkannya ke tanah itu; dan di dalam tulisannya terdapat petunjuk menuju jalan kebahagiaan dan rahmat bagi orang-orang yang selalu takut kepada tuhannya. Dan nabi musa memilih tujuh puluh orang dari pemuka kaumnya yang terbaik untuk memohon tobat kepada kami di bukit sinai pada waktu yang telah kami tentukan. Sesampainya di tempat itu, mereka menyatakan tidak akan beriman kepada musa sampai dia memperlihatkan kepada mereka tuhan yang pernah berbicara kepadanya. Ketika itu mereka ditimpa gempa bumi yang dahsyat, sampai mati semuanya, dan nabi musa memohon kepada Allah sambil menengadahkan diri dan berkata, ya tuhan pemelihara-ku, apa yang akan aku katakan kepada bani israil ketika aku kembali kepada mereka' engkau telah membinasakan orang-orang yang terbaik dari mereka. Jika seandainya engkau kehendaki, tentulah engkau binasakan mereka, saat terjadi penyembahan anak sapi, karena kelalaian mereka tidak mencegah penyembahan anak sapi, dan juga engkau binasakan aku karena kelalaianku atau sebab lainnya sebelum ini, yaitu sebelum menghadap ke hadirat-Mu, seperti saat aku membunuh seorang koptik. Apakah engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang kurang berakal di antara kami yang menyembah anak sapi itu' apa yang dilakukan oleh para penyembah patung anak sapi itu hanyalah cobaan dari-Mu, engkau sesatkan dengan cobaan itu siapa yang engkau kehendaki kesesatannya setelah nyata kehendak mereka untuk sesat dan engkau beri petunjuk kepada siapa yang engkau kehendaki berdasarkan kesiapan jiwa untuk menerima petunjuk. Engkaulah satu-satunya pemimpin dan pelindung kami, maka ampunilah segala dosa kami dan berilah kami rahmat. Engkaulah pemberi ampun yang terbaik karena engkau mengampuni bukan untuk mendapat pujian, atau menghindari kecaman. Perbuatan mereka membuat patung anak sapi dan menyembahnya itu adalah suatu cobaan dari Allah untuk menguji mereka, siapa yang sebenarnya kuat imannya dan siapa yang masih ragu-ragu. Orang yang lemah imannya itulah yang mengikuti samiri dan menyembah patung anak sapi itu. Tetapi orang yang kuat imannya, tetap dalam keimanannya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjelasan dari kalangan ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat Al-A’raf ayat 154 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Sokong perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Paling Banyak Dikunjungi

Tersedia banyak konten yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Fajr, Luqman 14, Juz al-Qur’an, Al-An’am, Al-Baqarah 185, Al-Balad. Juga Ali Imran 190-191, Al-Insyirah 5-6, Al-Baqarah 153, Al-‘Adiyat, Ar-Ra’d 11, Al-Maidah.

  1. Al-Fajr
  2. Luqman 14
  3. Juz al-Qur’an
  4. Al-An’am
  5. Al-Baqarah 185
  6. Al-Balad
  7. Ali Imran 190-191
  8. Al-Insyirah 5-6
  9. Al-Baqarah 153
  10. Al-‘Adiyat
  11. Ar-Ra’d 11
  12. Al-Maidah

Pencarian: ketika mengkritik kita boleh melakukan hal-hal dibawah ini kecuali, surat al-haqqah, maryam surah, surat alhadid, asmaul khusna

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: