Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 152

إِنَّ الَّذِينَ اتَّخَذُوا الْعِجْلَ سَيَنَالُهُمْ غَضَبٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَذِلَّةٌ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُفْتَرِينَ

Arab-Latin: Innallażīnattakhażul-'ijla sayanāluhum gaḍabum mir rabbihim wa żillatun fil-ḥayātid-dun-yā, wa każālika najzil-muftarīn

Terjemah Arti: Sesungguhnya orang-orang yang menjadikan anak lembu (sebagai sembahannya), kelak akan menimpa mereka kemurkaan dari Tuhan mereka dan kehinaan dalam kehidupan di dunia. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang membuat-buat kebohongan.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya orang-orang yang menjadikan patung anak sapi sebagi tuhan sesembahan, mereka akan tertimpa oleh kemurkaan besar dari tuhan mereka dan kehinaan dalam kehidupan dunia, disebabkan oleh kekafiran mereka kepada tuhan mereka. Sebagimana kami telah memperlakukan mereka demikian, kami (juga) memperlakukan demikian terhadap orang-orang yang mengada-adakan kedustaan dan membuat hal-hal baru di dalam agama Allah. Maka setiap pelaku bid’ah adalah orang yang hina.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

152. Sesungguhnya orang-orang yang menjadikan patung anak sapi sebagai tuhan yang mereka sembah itu akan mendapatkan murka yang sangat keras dari Rabb mereka. Mereka akan mendapatkan kehinaan di dalam hidup ini karena mereka telah mengundang murka Rabb mereka dan merendahkan-Nya. Balasan semacam itulah yang akan Kami berikan kepada orang-orang yang suka membuat kebohongan atas nama Allah.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

152. إِنَّ الَّذِينَ اتَّخَذُوا۟ الْعِجْلَ (Sesungguhnya orang-orang yang menjadikan anak lembu)
Sebagai sesembahan.

سَيَنَالُهُمْ غَضَبٌ مِّن رَّبِّهِمْ(kelak akan menimpa mereka kemurkaan dari Tuhan mereka)
Kemurkaan itu kemungkinan adalah berupa siksaan yang menimpa di dunia berupa membunuh diri mereka sendiri. Lihat surat al-Baqarah: 54.

فِى الْحَيَوٰةِ الدُّنْيَا ۚ (dalam kehidupan di dunia)
Dan ini dikhususkan bagi orang-orang yang menjadikan anak sapi sebagai sesembahan, dan bukan keturunan mereka setelahnya. Dan sekedar diperintah untuk membunuh diri mereka sendiri sudah merupakan bentuk kemurkaan Allah kepada mereka.

وَكَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُفْتَرِينَ (Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang membuat-buat kebohongan)
Dan termasuk dari mereka adalah orang-orang yang menjadikan patung anak sapi sebagai tuhan padahal itu bukanlah tuhan.
Dan barangsiapa yang berdusta terhadap Allah setelah mereka maka ia juga akan mendapatkan kemurkaan dan kehinaan dari Allah dalam kehidupan di dunia.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

152. Sesungguhnya orang-orang yang telah menganggap anak sapi sebagai Tuhan dan tidak bertaubat, maka mereka akan menerima azab dari Tuhan di akhirat, dan hukuman di dunia dengan saling membunuh. Kerendahan, kehinaan manusia itu bagi mereka. Sebagaimana Kami membalas mereka, Kamu juga akan membalas orang-orang yang berbuat rekayasa kepada Allah dengan perbuatan syirik dan lain-lain, dan di antara mereka itu adalah para penyembah anak sapi.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Karena mereka membuat marah Tuhan mereka dan meremehkan perintah-Nya. Oleh karenanya, Dia memerintahkan mereka membunuh diri mereka, dan Allah tidak ridha kecuali dengan berbuat begitu, sehingga antara mereka satu sama lain saling bunuh-membunuh sebagai tobat mereka, kemudian Allah menerima tobat mereka. Oleh karena itu, pada ayat setelahnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan hukum umum yang mencakup semua orang termasuk mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah menjelaskan sikap nabi musa terhadap nabi harun dan doanya kepada Allah. Allah menjelaskan sanksi yang pantas diterima oleh mereka yang durhaka, yaitu sesungguhnya orang-orang yang penuh antusias dan sungguh-sungguh menjadikan patung anak sapi sebagai sembahannya dan enggan bertobat, kelak akan menerima kemurkaan yang besar dari tuhan mereka dengan dijauhkan dari rahmat-Nya, dan kehinaan dalam kehidupan di dunia oleh sebab kekufuran mereka. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat kebohongan terhadap Allah, seperti menjadikan anak sapi sebagai sembahan. Sedangkan mereka yang menyadari kesalahannya dan mau bertobat, Allah menyatakan, dan orang-orang yang telah mengerjakan kejahatan dengan sengaja, dalam bentuk kekufuran dan kemaksiatan, kemudian walau setelah berlalu waktu lama bertobat sesudah kedurhakaan yang dilakukannya itu dan beriman serta beramal shaleh, sesungguhnya tuhan pemeliharamu, pasti setelah itu, yaitu tobat yang disertai iman, maha pengampun sehingga akan menghapus dosa-dosa mereka, lagi maha penyayang dengan melimpahkan anugerah kepada mereka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 153 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 154 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 155, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 156, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 157, Makna Surat Al-A’raf Ayat 158

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!