Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 98

أَوَأَمِنَ أَهْلُ الْقُرَىٰ أَنْ يَأْتِيَهُمْ بَأْسُنَا ضُحًى وَهُمْ يَلْعَبُونَ

Arab-Latin: A wa amina ahlul-qurā ay ya`tiyahum ba`sunā ḍuḥaw wa hum yal'abụn

Terjemah Arti: Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain?

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Apakah para penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari keadatangan siksaan Allah di pagi hari, ketika mereka tengah terlena lagi sibuk dengan urusan-urusan dunia mereka?
Allah menyebut dua waktu tersebut secara khusus karena pada dua waktu tersebut manusia paling banyak lengah, sehingga datangnya siksaan pada waktu tersebut sangatlah menakutkan dan mengagetkan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

98. Atau apakah mereka merasa aman dari datangnya azab Kami di siang hari pada waktu duha ketika mereka sedang lengah serta lalai karena kesibukan mereka dengan urusan dunia mereka?

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

98. ضُحًى (di waktu matahari sepenggalahan)
Yakni permulaan siang apabila matahari telah terbit dan mulai meninggi.

وَهُمْ يَلْعَبُونَ (ketika mereka sedang bermain)
Yakni sibuk dengan sesuatu yang memberi mereka manfaat.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

98. Ataukah para penduduk negeri yang disebutkan itu merasa aman dengan datangnya azab Kami di pagi hari sedangkan mereka sedang bermain, yaitu mengerjakan sesuatu yang tidak mengandung manfaat

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Karena boleh jadi ada yang menduga bahwa jika tidak dalam keadaan tidur boleh jadi mereka dapat menghindar, maka selanjutnya dikemukakan, atau apakah penduduk negeri itu mengira bahwa mereka merasa aman sehingga tidak khawatir dari kedatangan siksaan kami yang datang pada pagi hari di waktu matahari naik sepenggalah ketika mereka sedang bermain dan melakukan hal-hal yang jauh dari keimanan' kecaman lebih keras lagi dinyatakan dengan, atau apakah mereka mengira bahwa mereka merasa aman sehingga tidak khawatir dari siksaan Allah yang tidak terduga dan dikemas dalam bentuk yang indah, atau berupa istidra'j; perlakuan-Nya yang diduga baik karena merupakan nikmat dan kebaikan padahal sebaliknya' sungguh sangat celaka dan merugi mereka dan siapa pun jika demikian, karena tidak ada yang merasa aman dari siksaan atau makar Allah selain orang-orang yang rugi.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 99 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 100 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 101, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 102, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 103, Makna Surat Al-A’raf Ayat 104

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!