Surat Al-A’raf Ayat 84

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِم مَّطَرًا ۖ فَٱنظُرْ كَيْفَ كَانَ عَٰقِبَةُ ٱلْمُجْرِمِينَ

Arab-Latin: Wa amṭarnā 'alaihim maṭarā, fanẓur kaifa kāna 'āqibatul-mujrimīn

Artinya: Dan Kami turunkan kepada mereka hujan (batu); maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu.

« Al-A'raf 83Al-A'raf 85 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Penting Tentang Surat Al-A’raf Ayat 84

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 84 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi hikmah penting dari ayat ini. Didapatkan variasi penjabaran dari kalangan mufassirin terhadap isi surat Al-A’raf ayat 84, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan Allah menyiksa orang-orang kafir dari kaum luth denagn menurunkan kepada mereka hujan batu, dan membalik negeri mereka sehingga bagian bawah tanah mereka menjadi bagian permukaannya. Maka perhatiakanlah (wahai rasul), bagaimana jadinya nasib orang-orang yang berani berbuat maksiat kepada Allah dan mendustakan para rasulNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

84. Kami turunkan hujan kepada mereka dengan hujan yang sangat besar. Kami menghujani mereka dengan batu dari Neraka. Dan Kami balik desa itu sehingga bagian atasnya berada di bawah. Maka renungkanlah -wahai Rasul- bagaimana akhir dari perjalanan nasib kaum Lūṭ yang durjana itu? Nasib mereka berakhir dengan kebinasaan dan kehinaan yang abadi.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

84. وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِم مَّطَرًا ۖ (Dan Kami turunkan kepada mereka hujan)
Yakni bukan seperti hujan pada lazimnya, yaitu dengan hujan yang menghujam mereka dengan bebatuan; dalam ayat lain disebutkan:
وأمطرنا عليها حجارة من سجيل
“dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

84. Kami menurunkan hujan yang sangat lebat atas mereka, yaitu hujan batu yang dipanaskan dengan api. Maka lihatlah bagaimana takdir orang-orang jahat yang mendustakan Luth AS dan terjerumus dalam perbuatan keji


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Kami menghujani mereka dengan hujan} batu dari tanah yang keras {Perhatikanlah bagaimana akibat dari orang-orang yang durhaka


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

84 “dan kami turunkan kepada mereka hujan” batu panas lagi keras dari tanah yang terbakar, dan Allah membalik kota mereka, dimana Allah menjadikan bagian atasnya menjadi bawah. ”maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu” kebinasaan dan kehinaan untuk selama-lamanya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 83-84
Allah SWT berfirman,"Kami menyelamatkan nabi Luth dan keluarganya, dan tidak ada seorang pun dari mereka yang beriman kepadanya selain keluarganya saja" sebagaimana Allah SWT berfirman: (Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu (35) Dan Kami tidak mendapati di negeri itu kecuali sebuah rumah dari orang-orang yang berserah diri (36)) (Surah Adz-Dzariyat) kecuali istrinya, karena dia tidak beriman kepadanya, bahkan dia tetap pada agama kaumnya. Dia adalah orang yang memberitahu kepada bereka tentang tamu-tamu yang datang kepada nabi Luth dengan isyarat antara dirinya dan mereka. Oleh karena itu, ketika nabi Luth diperintahkan untuk pergi di malam hari dengan keluarganya, dia diperintahkan agar tidak memberitahu istrinya dan tidak membawanya keluar dari negeri itu. Di antara ulama’ ada yang berkata bahwa istrinya mengikuti nabi Luth dan para pengikutnya, tetapi ketika azab itu turun, dia menoleh ke belakang, lalu dia ditimpa azab yang menimpa kaumnya.
dan yang paling jelas bahwa dia tidak keluar dari negeri itu dan nabi Luth tidak memberitahunya, bahkan istrinya tetap bersama kaumnya. Oleh karena itu Allah berfirman di sini: (kecuali istrinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)) yaitu mereka tetap tinggal. Dikatakan bahwa dia termasuk orang-orang yang dibinasakan. Itu merupakan penafsiran yang lazim.
Firman Allah SWT: (Dan Kami turunkan kepada mereka hujan) ditafsirkan dengan firmanNya: (dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah-tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi, yang diberi tanda oleh Tuhan kalian dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim (83)) (Surah Hud) Oleh karena itu Allah berfirman: (maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu) yaitu wahai Muhammad, lihatlah bagaimana akibat orang yang berani berbuat durhaka terhadap Allah SWT dan mendustakan para rasulNya.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Al-A’raf ayat 84: Allah menjungkir balikkan negeri itu dan menghujani mereka dengan batu dari tanah yang keras (lihat Al Hijr: 74)


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 84

Setelah menyelamatkan nabi lut dan pengikutnya, Allah menurunkan siksaan dan azab-Nya kepada kaum yang ingkar. Dan kami hujani, yakni kami turunkan dari langit sehingga mengenai bagian atas mereka, dengan hujan batu yang membinasakan mereka dan meluluhlantakkan negeri mereka. Maka perhatikanlah wahai orang yang mengambil pelajaran dari kisah ini bagaimana kesudahan dan akibat yang diterima orang yang berbuat dosa itu. Mereka hanya memperoleh kebinasaan dan azab lantaran perbuatan mereka. Setelah dijelaskan kisah kedurhakaan kaum nabi lut, kerusakan akhlak mereka karena melakukan perbuatan homoseksual, dan azab yang mereka terima, selanjutnya pembicaraan beralih kepada kisah nabi syuaib dan kaumnya. Dan kepada penduduk negeri dan suku madyan, kami utus nabi syuaib, saudara mereka sendiri yang terkenal sebagai orator para nabi. Dia berkata, wahai kaumku! sembahlah Allah tuhan yang maha esa. Tidak ada tuhan sembahan yang patut disembah bagimu selain dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata, yang membuktikan kebenaranku sebagai utusan-Nya. Bukti itu dari tuhan yang senantiasa memilihara-Mu. Maka, karena itu patuhilah tuntunan yang aku sampaikan kepadamu. Sempurnakanlah takaran dan yang ditakar dan timbangan serta yang ditimbang, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun dengan mengurangi takaran dan timbangan. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi dalam bentuk apa pun setelah diciptakan dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu dan anak keturunan serta generasi sesudahmu jika kamu benar-benar orang beriman kepada Allah dan hari akhir.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beberapa penjabaran dari beragam pakar tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-A’raf ayat 84 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita semua. Support dakwah kami dengan memberi tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Konten Cukup Sering Dibaca

Terdapat banyak konten yang cukup sering dibaca, seperti surat/ayat: Al-Fajr, Al-Maidah, Al-Baqarah 153, Ali Imran 190-191, Al-Insyirah 5-6, Juz al-Qur’an. Juga Al-Baqarah 185, Al-‘Adiyat, Al-Balad, Luqman 14, Al-An’am, Ar-Ra’d 11.

  1. Al-Fajr
  2. Al-Maidah
  3. Al-Baqarah 153
  4. Ali Imran 190-191
  5. Al-Insyirah 5-6
  6. Juz al-Qur’an
  7. Al-Baqarah 185
  8. Al-‘Adiyat
  9. Al-Balad
  10. Luqman 14
  11. Al-An’am
  12. Ar-Ra’d 11

Pencarian: al ahzab 43, surat al baqarah ayat 125, surat 27 ayat 5, surat 5 ayat 6, wayam naunal ma'un artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: