Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 84

وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَطَرًا ۖ فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُجْرِمِينَ

Arab-Latin: Wa amṭarnā 'alaihim maṭarā, fanẓur kaifa kāna 'āqibatul-mujrimīn

Terjemah Arti: Dan Kami turunkan kepada mereka hujan (batu); maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang berdosa itu.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Dan Allah menyiksa orang-orang kafir dari kaum luth denagn menurunkan kepada mereka hujan batu, dan membalik negeri mereka sehingga bagian bawah tanah mereka menjadi bagian permukaannya. Maka perhatiakanlah (wahai rasul), bagaimana jadinya nasib orang-orang yang berani berbuat maksiat kepada Allah dan mendustakan para rasulNya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

84. Kami turunkan hujan kepada mereka dengan hujan yang sangat besar. Kami menghujani mereka dengan batu dari Neraka. Dan Kami balik desa itu sehingga bagian atasnya berada di bawah. Maka renungkanlah -wahai Rasul- bagaimana akhir dari perjalanan nasib kaum Lūṭ yang durjana itu? Nasib mereka berakhir dengan kebinasaan dan kehinaan yang abadi.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

84. وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهِم مَّطَرًا ۖ (Dan Kami turunkan kepada mereka hujan)
Yakni bukan seperti hujan pada lazimnya, yaitu dengan hujan yang menghujam mereka dengan bebatuan; dalam ayat lain disebutkan:
وأمطرنا عليها حجارة من سجيل
“dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras”

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

84. Kami menurunkan hujan yang sangat lebat atas mereka, yaitu hujan batu yang dipanaskan dengan api. Maka lihatlah bagaimana takdir orang-orang jahat yang mendustakan Luth AS dan terjerumus dalam perbuatan keji

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menjungkir balikkan negeri itu dan menghujani mereka dengan batu dari tanah yang keras (lihat Al Hijr: 74)

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah menyelamatkan nabi lut dan pengikutnya, Allah menurunkan siksaan dan azab-Nya kepada kaum yang ingkar. Dan kami hujani, yakni kami turunkan dari langit sehingga mengenai bagian atas mereka, dengan hujan batu yang membinasakan mereka dan meluluhlantakkan negeri mereka. Maka perhatikanlah wahai orang yang mengambil pelajaran dari kisah ini bagaimana kesudahan dan akibat yang diterima orang yang berbuat dosa itu. Mereka hanya memperoleh kebinasaan dan azab lantaran perbuatan mereka. Setelah dijelaskan kisah kedurhakaan kaum nabi lut, kerusakan akhlak mereka karena melakukan perbuatan homoseksual, dan azab yang mereka terima, selanjutnya pembicaraan beralih kepada kisah nabi syuaib dan kaumnya. Dan kepada penduduk negeri dan suku madyan, kami utus nabi syuaib, saudara mereka sendiri yang terkenal sebagai orator para nabi. Dia berkata, wahai kaumku! sembahlah Allah tuhan yang maha esa. Tidak ada tuhan sembahan yang patut disembah bagimu selain dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata, yang membuktikan kebenaranku sebagai utusan-Nya. Bukti itu dari tuhan yang senantiasa memilihara-Mu. Maka, karena itu patuhilah tuntunan yang aku sampaikan kepadamu. Sempurnakanlah takaran dan yang ditakar dan timbangan serta yang ditimbang, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun dengan mengurangi takaran dan timbangan. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi dalam bentuk apa pun setelah diciptakan dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu dan anak keturunan serta generasi sesudahmu jika kamu benar-benar orang beriman kepada Allah dan hari akhir.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 85 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 86 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 87, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 88, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 89, Makna Surat Al-A’raf Ayat 90

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!