Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 83

فَأَنْجَيْنَاهُ وَأَهْلَهُ إِلَّا امْرَأَتَهُ كَانَتْ مِنَ الْغَابِرِينَ

Arab-Latin: Fa anjaināhu wa ahlahū illamra`atahụ kānat minal-gābirīn

Terjemah Arti: Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali isterinya; dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Kemudian kami menyelamatkan Luth dan keluarganya dari siksaan, yaitu dengan memerintahkannya untuk meninggalakan kota tersebut, kecuali istrinya. Sesungguhnya wanita itu termasuk manusia yang binasa dan tinggal dalam deraan siksaan Allah.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

83. Kemudian Kami menyelamatkannya (Lūṭ) beserta keluarganya dengan menyuruh mereka keluar di malam hari dari desa yang akan ditimpa azab itu, kecuali istrinya yang memilih tinggal bersama kaumnya. Maka ia pun terkena azab yang menimpa mereka.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

83. فَأَنجَيْنٰهُ وَأَهْلَهُۥٓ (Kemudian Kami selamatkan dia dan pengikut-pengikutnya)
Allah menyelamatkan Nabi Luth dan para pengikutnya dengan mengeluarkan mereka di malam terjadinya azab yang menimpa negeri tersebut di pagi hari. Kisah ini dijelaskan lebih terperinci pada surat huud: 77-83. Allah tidak mengecualikan istri Nabi Luth dari golongan keluarganya karena ia tidak beriman kepada Nabi Luth.

كَانَتْ مِنَ الْغٰبِرِينَ (dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan))
Yakni termasuk orang-orang yang mendapat azab Allah.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. Lalu Kami selamatkan Luth dan keluarganya serta orang-orang mukmin, kecuali istrinya yang ingkar. Dia (istri luth) termasuk kelompok orang-orang yang dibinasakan bersama kaumnya di tempat turunnya azab itu.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah memerintahkan Luth beserta pengikutnya pergi di malam hari meninggalkan negeri Sodom tersebut.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Karena kedurhakaan kaum nabi lut yang terus meningkat, Allah menjatuhkan siksa-Nya. Namun sebelum siksaan tersebut diturunkan, terlebih dahulu Allah menyelamatkan nabi lut dan pengikutnya. Kemudian kami selamatkan dia, yakni nabi lut, keluarga, dan pengikutnya yang beriman, kecuali istrinya karena tidak beriman dan tidak mau keluar dari negeri tersebut bersama nabi lut dan pengikutnya. Dia, istri nabi lut itu, termasuk orang-orang yang tertinggal dan dibinasakan bersama kaum nabi lut yang ingkar. Sebelum azab diturunkan, Allah memerintahkan nabi lut dan pengikutnya yang beriman agar meninggalkan negerinya. Kisah ini dapat pula dilihat pada surah hud/11: 8 setelah menyelamatkan nabi lut dan pengikutnya, Allah menurunkan siksaan dan azab-Nya kepada kaum yang ingkar. Dan kami hujani, yakni kami turunkan dari langit sehingga mengenai bagian atas mereka, dengan hujan batu yang membinasakan mereka dan meluluhlantakkan negeri mereka. Maka perhatikanlah wahai orang yang mengambil pelajaran dari kisah ini bagaimana kesudahan dan akibat yang diterima orang yang berbuat dosa itu. Mereka hanya memperoleh kebinasaan dan azab lantaran perbuatan mereka.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 84 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 85 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 86, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 87, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 88, Makna Surat Al-A’raf Ayat 89

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!