Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 68

أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَأَنَا لَكُمْ نَاصِحٌ أَمِينٌ

Arab-Latin: Uballigukum risālāti rabbī wa ana lakum nāṣiḥun amīn

Terjemah Arti: Aku menyampaikan amanat-amanat Tuhanku kepadamu dan aku hanyalah pemberi nasehat yang terpercaya bagimu".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Aku sampaikan kepada kalian apa yang Tuhanku mengutusku kepada kalian dengannya, dan aku bagi kalian (dalam apa yang aku dakwahkan kepada kalian dari tauhidulloh dan melaksanakan syariatNya) hanyalah sebagai pemberi nasihat yang menjaga wahyu dari Allah .

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

68. Aku menyampaikan pesan Allah kepada kalian tentang keharusan mengesakan-Nya dan menjalankan syariat-Nya. Dan aku benar-benar peduli kepada kalian dan aku dapat dipercaya dalam menyampaikan apa yang harus kusampaikan. Aku tidak menambah atau mengurangi sedikit pun.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

68. Aku menyampaikan kepada kalian apa yang dikirimkan kepadaku berupa tanggung jawab dari Tuhan (yaitu perintah, nasehat dan larangan) Dan aku adalah pemberi nasehat bagi kalian dalam dakwahku dan orang yang dapat dipercaya lagi ikhlas dalam menyampaikan risalah itu kepada kalian, maka tidak mungkin aku berbuat dusta kepada Allah SWT.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Oleh karena itu, kewajiban kamu adalah menerimanya, tunduk dan taat kepada Allah Rabbul ‘alamin.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dia, hud, menjawab sekaligus memberikan penjelasan tentang kesalahan anggapan dan dugaan kaumnya, wahai kaumku! aku tidak seperti sangkaanmu. Bukan aku kurang waras karena aku sadar dengan ucapan dan tindakanku. Aku juga bukan pendusta, tetapi yang aku lakukan adalah berdasarkan tuntunan dari tuhanku karena aku ini adalah seorang rasul yang diutus dari tuhan seluruh alam kepada kamu semua. Aku menyampaikan kepadamu amanat, pesan, dan tuntunan dari tuhanku dan pemberi nasihat yang menghendaki kebaikan dan kebahagiaanmu dunia dan akhirat, dan aku adalah orang yang tepercaya, jujur, bukan pembohong, yang diutus kepada kamu. Melihat kaumnya masih tidak percaya, nabi hud mempertanyakan sikap mereka. Dan herankah, tidak percayakah, kamu bahwa ada peringatan yang datang, yakni diturunkan dari tuhanmu melalui seorang laki-laki dari kalangan masyarakat-Mu sendiri, untuk memberi peringatan kepadamu menyangkut azab yang akan menimpamu karena kedurhakaanmu' ini bukanlah hal yang pantas untuk diragukan dan diherankan. Kemudian nabi hud mengingatkan mereka dengan nikmat yang telah Allah berikan. Ingatlah ketika dia menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah yang berkuasa setelah kaum nuh yang telah dibinasakan akibat mendustakan rasulnya, dan dia lebihkan kamu dalam kekuatan tubuh dan perawakan sehingga kamu lebih kuat, besar, dan tegar secara fisik, cerdas, dan memiliki kekuasaan yang lebih besar dibanding umat-umat sebelum kamu. Maka ingatlah dengan penuh rasa syukur dan kerendahan hati akan nikmat-nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu agar kamu termasuk orang-orang beruntung, memperoleh apa yang kamu inginkan, sebagai balasan atas segala usaha keras kamu dengan menaati perintah dan menjauhi larangan Allah.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 69 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 70 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 71, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 72, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 73, Makna Surat Al-A’raf Ayat 74

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!