Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 62

أُبَلِّغُكُمْ رِسَالَاتِ رَبِّي وَأَنْصَحُ لَكُمْ وَأَعْلَمُ مِنَ اللَّهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Uballigukum risālāti rabbī wa anṣaḥu lakum wa a'lamu minallāhi mā lā ta'lamụn

Terjemah Arti: "Aku sampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku dan aku memberi nasehat kepadamu. dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Aku sampaikan kepada kalian risalah yang aku diutus dengannya dari tuhanku, dan aku memberi nasihat kepada kalian untuk memperingatkan kalian dari siksaan Allah dan mengabarkan berita gembira dengan pahala dariNya. Dan aku mengetahui dari syari’atNYa apa yang kalian tidak ketahui.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

62. Aku menyampaikan kepada kalian wahyu yang Allah berikan kepadaku. Aku ingin kalian memperoleh kebaikan dengan menganjurkan kalian agar kalian menjalankan perintah Allah dan mendapatkan pahala dari-Nya, dan dengan memperingatkan kalian supaya meninggalkan larangan-Nya dan menghindari hukuman-Nya. Dan aku mengetahui banyak hal dari Allah yang tidak kalian ketahui melalui wahyu yang Dia berikan kepadaku.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

62. أُبَلِّغُكُمْ رِسٰلٰتِ رَبِّى (Aku sampaikan kepadamu amanat-amanat Tuhanku)
Yakni wahyu yang diberikan Allah kepadanya untuk disampaikan kepada mereka.

وَأَنصَحُ لَكُمْ(dan aku memberi nasehat kepadamu)
Yakni aku memurnikan niatku untuk kalian dari segala aib yang dapat merusaknya, dan aku untuk memperbaiki urusan kalian.

وَأَعْلَمُ مِنَ اللهِ مَا لَا تَعْلَمُونَ(dan aku mengetahui dari Allah apa yang tidak kamu ketahui)
Dengan petunjuk dari Allah tentang hal itu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

62. Aku menyampaikan kepada kalian apa yang dikirim dari Tuhanku, yaitu dakwah untuk bertauhid dengan murni dan meninggalkan kesyirikan. Aku juga ingin memperbaiki urusan kalian, menunjukkan kepada sesuatu yang mengandung kebaikan dan kesuksesan kalian. Dan Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui melalui berita yang diwahyukan dengan benar, yaitu keluhuran, kuasa, dan hukuman Allah yang sangat dahsyat bagi orang yang mengingkari perintah-perintahNya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Yakni menginginkan kebaikan untukmu.

Maksudnya, bahwa aku diberitakan hal-hal yang ghaib, yang tidak dapat diketahui kecuali dengan jalan wahyu dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Nabi nuh kemudian menegaskan tugasnya sebagai utusan Allah dengan berkata, aku tak kenal lelah menyampaikan kepadamu amanat tuhanku, yakni perintah dan larangan-Nya, memberi nasihat dan tuntunan kepadamu untuk kebahagiaanmu di dunia dan di akhirat, dan aku mengetahui persoalan agama dan hal-hal yang gaib melalui wahyu dari Allah apa yang tidak bisa kamu ketahui. Selanjutnya nabi nuh berkata, dan herankah, tidak percayakah, kamu bahwa ada peringatan yang datang dari tuhanmu melalui perantaraan seorang laki-laki dari kalanganmu sendiri, yakni dari anggota masyarakatmu yang kamu tahu keturunan dan kejujurannya, untuk memberi peringatan kepadamu dengan azab apabila kamu ingkar dan agar kamu bertakwa mengikuti perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya, sehingga kamu mendapat rahmat dari Allah dan terhindar dari siksa-Nya. Tidaklah pantas kamu heran, bahkan meragukan kebenaran ajaran yang aku bawa setelah datang bukti dan keterangan yang jelas kepadamu.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 63 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 64 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 65, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 66, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 67, Makna Surat Al-A’raf Ayat 68

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!