Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 60

قَالَ الْمَلَأُ مِنْ قَوْمِهِ إِنَّا لَنَرَاكَ فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Arab-Latin: Qālal-mala`u ming qaumihī innā lanarāka fī ḍalālim mubīn

Terjemah Arti: Pemuka-pemuka dari kaumnya berkata: "Sesungguhnya kami memandang kamu berada dalam kesesatan yang nyata".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maka pemimpin-pemimpin dan tokoh-tokoh dari kaum mereka berkata kepadanya, ”sesungguhnya kami benar-benar meyakini (wahai nuh), bahwa sesungguhnya kamu berada dalam kesesatan yang nyata dari jalan yang kebenaran. ”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

60. Para pemuka dan pemimpin kaumnya menjawab, “Sesungguhnya kami benar-benar melihatmu -wahai Nuh- berada dalam kesesatan yang nyata.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

60. قَالَ الْمَلَأُ (Pemuka-pemuka dari kaumnya berkata)
Yakni para pembesar dan pemimpin kaumnya.

إِنَّا لَنَرَىٰكَ (Sesungguhnya kami memandang kamu)
Dalam seruanmu untuk menyembah hanya kepada Allah.

فِى ضَلٰلٍ (berada dalam kesesatan)
Yakni sesat dari jalan kebenaran.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

60. Para pemimpin dan pembesar kaum itu berkata: “Wahai Nuh, sesungguhnya Kami mendapati dirimu dalam kesalahan yang nyata dan menyimpang dari kebenaran”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kaum nabi nuh tidak menghiraukan perkataan nabi nuh, bahkan pemuka-pemuka atau pembesar kaumnya berkata dengan nada menghina, sesungguhnya kami tidak mempercayai apa yang kamu sampaikan, malah kami memandang kamu benar-benar berada dalam kesesatan yang nyata karena kamu memusuhi tuhan-tuhan kami dan menyalahkan cara ibadah kami. Dia, nabi nuh, menjawab tuduhan dan penolakan kaumnya, wahai kaumku! aku menyuruhmu mengesakan Allah dan tidak menyembah tuhan selain dia. Aku tidak sesat seperti dugaanmu, tetapi aku ini seorang rasul yang diutus dari tuhan pencipta dan penguasa seluruh alam.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 61 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 62 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 63, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 64, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 65, Makna Surat Al-A’raf Ayat 66

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!